Comscore Tracker

5 Olahan Makanan dari Sayuran Akar yang Menyehatkan Jiwa, Sedap! 

Olahan dari sayuran akar ini bergizi dan mudah dibuat

Mengonsumsi makanan yang berbahan dari sayuran akar tidak hanya memberikan rasa lezat di lidah tapi juga meninggalkan segudang manfaat baik bagi tubuh seperti meningkatkan kesehatan bakteri usus, mengurangi risiko diabetes, minimalisir terjadinya kanker usus, hingga menurunkan kadar lemak darah dan glukosa seperti dikutip dari laman Saga.

Dan berikut ini, ada lima olahan makanan dari sayuran akar yang menyehatkan jiwa! Ada apa saja? Yuk, coba buat!

1. Pasta buah bit

5 Olahan Makanan dari Sayuran Akar yang Menyehatkan Jiwa, Sedap! simpleseasonal.com

Buah berwarna merah yang sering dimanfaatkan menjadi minuman, ini nyatanya lezat juga ketika bermetamorfosis menjadi pasta. Bauh bit di sini dijadikan sebagai saus yang akan menyelimuti pasta sehingga menghasilkan pasta berwarna ungu.

Pasta yang telah direbus, dicampur bersama air rebusan pasta serta keju, minyak zaitun, perasan lemon dan garam. Setelah lembut, guyur saus buah bit ke pasta dan campur hingga merata.

Untuk topping, kamu dapat tentukan sesuai selera. Rata-rata banyak menggunakan keju dan daun peterseli cincang.

2. Carrot souffle

5 Olahan Makanan dari Sayuran Akar yang Menyehatkan Jiwa, Sedap! drjspages.com

Bingung mau ngemil apa? Buat carrot souffle aja dari wortel persediaan di rumah. Membuatnya mudah banget kok! Rebus atau kukus wortel yang telah dikupas kulitnya, hingga matang. Setelahnya, lembutkan wortel dan campur dengan adonan pembuatan kue seperti tepung dan lainnya. Masukkan ke loyang dan panggang.

Menghasilkan warna oranye luar dalam serta tekstur yang empuk, kamu dapat memberi taburan gula bubuk ke permukaan carrot souffle supaya makin asyik saat dikunyah.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Ini Bantu Turunkan Kadar Asam Urat, Bikin Tubuh Sehat

3. Duchess potato

5 Olahan Makanan dari Sayuran Akar yang Menyehatkan Jiwa, Sedap! myrecipes.com

Untuk membuat duchess potato, kamu perlu rebus atau kukus kentang terlebih dahulu hingga empuk. Kentang yang matang ditumbuk hingga halus kemudian dicampur dengan adonan lain terdiri dari kuning telur, krim, mentega, garam, pala, dan bubuk lada hitam.

Semua adonan dikumpulkan ke dalam pipa krim dengan ujung berbentuk bintang, dan mulai cetak perlahan kemudian taburi kerju parut di atasnya. Panggang duchess potato hingga matang.

4. Roasted sweet potato

5 Olahan Makanan dari Sayuran Akar yang Menyehatkan Jiwa, Sedap! seriouseats.com

Olahan dari sayuran akar yang ini enak banget dijadikan camilan yang disantap bareng keluarga. Roasted sweet potato berbahan utama ubi yang dipotong dadu dengan ukuran sedang. Ubi yang telah dipotong diaduk bersama minyak dan bumbu terdiri dari garam dan lada.

Setelah merata semuanya, panggang ubi hingga matang. Supaya makin greget dan punya penampilan menaraik, kamu bisa tambahkan daun peterseli cincang ke roasted sweet potato.

5. Parmesan crusted crushed turnips 

5 Olahan Makanan dari Sayuran Akar yang Menyehatkan Jiwa, Sedap! /realfood.tesco.com

Namanya memang cukup panjang tapi dijamin bikin kamu gak berhenti mengunyah! Cara membuatnya hampir sama dengan olahan sebelumnya. Yang mana, turnip dikukus atau direbus terlebih dahulu hingga matang.

Bentuk adonan turnip bulat pipih kemudian letakkan di loyang dan olesi dengan minyak. Masing-masing taburi dengan bawang putih cincang, lada, garam dan keju parut yang kemudian dipanggang. 

Jika suka, kamu bisa menambahkan juga sayuran seperti kale atau bayam ke dalam  parmesan crusted crushed turnips.

Itu tadi lima olahan makanan yang terbuar dari sayuran akar. Cukup mudah dibuat bukan? Di era normal baru seperti sekarang ini lengkapi diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, ya.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bantu Kulit Wajah Tetap Sehat Meski Tertutup Masker

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya