Comscore Tracker

5 Gorengan Lokal dari Singkong untuk Inspirasi Kudapan Berbuka 

Enak dan mengenyangkan! #LokalIDN

Singkong merupakan jenis umbi-umbian yang bisa dimanfaatkan menjadi olahan apa pun. Saat Ramadan tiba, singkong dapat kamu rasakan dalam wujud kolak yang biasanya dinikmati sebagai hidangan berbuka puasa.

Karena rata-rata orang Indonesia suka menikmati kudapan berbuka puasa dalam bentuk kering semacam gorengan, singkong dapat dikreasikan menjadi gorengan seperti berikut ini.

1. Misro 

5 Gorengan Lokal dari Singkong untuk Inspirasi Kudapan Berbuka instagram.com/ urk2706

Bagi kamu yang suka gorengan dengan rasa manis, nikmatilah singkong dalam bentuk misro. Kudapan identik berbentuk bulat ini terbuat dari perpaduan singkong dan kelapa parut.

Isian manis dari misro berasal dari gula merah yang diiris halus. Supaya lumer dan manisnya ambyar di lidah, kamu bisa memberi banyak isian gula merah ke dalam adonan misro.

2. Combro 

5 Gorengan Lokal dari Singkong untuk Inspirasi Kudapan Berbuka instagram.com/ratucombro

Ada misro, ada pula combro! Kedua gorengan tersebut sepertinya tidak terpisahkan dan saling melengkapi. Bagaimana tidak? Misro memiliki rasa manis, sedangkan combro bercita rasa gurih.

Buat pencinta makanan gurih, manjakan lidahmu dengan combro. Gorengan yang selalu dibentuk lonjong ini punya bahan dasar yang sama seperti misro. Akan tetapi, isiannya berupa tumis oncom yang biasanya diolah gurih pedas.

Baca Juga: Resep Cilok Singkong Isi Telur Bumbu Kacang, Jajanan Favorit Anak-Anak

3. Lentho 

5 Gorengan Lokal dari Singkong untuk Inspirasi Kudapan Berbuka instagram.com/yunilestari_14

Bahan dasar dari lentho tak beda jauh dengan combro maupun misro, yaitu singkong dan kelapa parut. Ciri khas gorengen ini yaitu terdapat taburan kacang tolo. Punya cita rasa gurih adonanan yang berpadu dengan kacang, lentho nikmat sekali disantap dengan mengoleskannya pada saus sambal.

4. Tela-tela 

5 Gorengan Lokal dari Singkong untuk Inspirasi Kudapan Berbuka instagram.com/nea_neo_cafe

Pernah mencicipi tela-tela? Kamu paling suka menikmatinya dengan cara diberi taburan bumbu perasa atau dicolekkan ke saus? Tela-tela semacam french fries, hanya saja berbahan singkong.

Singkong yang sudah dipotong balok, biasanya dikukus atau direbus terlebih dahulu supaya menghasilkan tekstur empuk dan rasa yang lebih nikmat.

5. Singkong goreng 

5 Gorengan Lokal dari Singkong untuk Inspirasi Kudapan Berbuka instagram.com/octaviairin_

Gorengan berbahan singkong yang ini cukup simple, karena kamu tinggal memotongnya menjadi beberapa bagian kemudian dibumbui bawang dan garam. Tinggal penyajiannya saja yang bisa kamu kreasikan lagi supaya lebih menarik dan membangkitkan selera.

Untuk pencinta manis, kamu bisa menguyur singkong dengan susu kental manis dan taburan meses. Bagi yang suka dengan rasa gurih, menikmatinya langsung atau mencolekkan ke saus cabai juga nikmat.

Daripada bingung menyiapkan kudapan apa untuk berbuka, tak ada salahnya membeli singkong dan mengolahnya sendiri menjadi gorengan enak seperti yang telah disebutkan di atas. Dijamin semua anggota keluarga senang menikmatinya!

Baca Juga: Resep Martabak Singkong Terang Bulan, Manis dan Bertekstur Lembut

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya