Comscore Tracker

5 Hidangan Wajib pada Tradisi Patita di Maluku, Rasanya Istimewa! 

Identik dengan makanan lokal

Maluku punya tradisi yang dilakukan di awal dan akhir tahun yang dikenal dengan nama patita. Tradisi ini semacam makan bersama yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Tradisi patita berlangsung amat menyenangkan karena ada lima hidangan istimewa yang menyukseskan acara ini. Ada hidangan apa saja, ya? Yuk, cari tahu lima di antaranya berikut ini.

1. Ikan goreng 

5 Hidangan Wajib pada Tradisi Patita di Maluku, Rasanya Istimewa! ikan goreng (instagram.com/mekani.ftf)

Sebagai wilayah yang dikepung lautan, wajar jika ikan jadi makanan wajib di Maluku. Terlebih, olahan ikan cocok sekali dihidangkan pada momen apa pun, tak terkecuali dengan tradisi patita. Ikan biasanya diolah dengan cara digoreng kering dan nantinya diguyur dengan sambal colo-colo.

2. Ikan kuah 

5 Hidangan Wajib pada Tradisi Patita di Maluku, Rasanya Istimewa! ikan kuah kuning (instagram.com/meldharmawan)

Gak cuma ikan goreng, tradisi patita dimeriahkan pula dengan kehangatan ikan kuah. Tak sembarang bumbu, masyarakat Maluku biasanya mengolahnya menjadi ikan kuah kuning.

Ikan kuah kuning sendiri identik dengan penggunaan kunyit. Biasanya ikan dipotong menjadi beberapa bagian, supaya bisa dinikmati bersama-sama.

Baca Juga: 10 Kuliner Tradisional yang Ramaikan Tradisi Beseprah di Kutai

3. Ikan bakar 

5 Hidangan Wajib pada Tradisi Patita di Maluku, Rasanya Istimewa! ikan bakar (instagram.com/ikanbakarjayapura)

Ikut serta dalam tradisi petita menyenangkan banget, terutama buat kamu yang ngaku pecinta olahan ikan. Sebab, ada lagi olahan ikan yang disajikan sebagai hidangan di tradisi petita, yakni ikan bakar.

Ikan bakar di Maluku berbeda dengan olahan ikan bakar lainnya, lho. Bumbunya sederhana dan biasanya tidak menggunakan kecap. Pernah mencobanya?

4. Papeda 

5 Hidangan Wajib pada Tradisi Patita di Maluku, Rasanya Istimewa! papeda dengan aneka lauk pauk dan sambal (instagram.com/rmpapeda.vd)

Kurang afdal rasanya jika masyarakat Maluku tak melibatkan makanan khas mereka yang bernama papeda. Makanan bergizi ini semacam bubur yang dibuat dari olahan sagu. Fungsi dari papeda di tradisi petita biasanya digunakan sebagai pengganti nasi.

5. Kohu-kohu 

5 Hidangan Wajib pada Tradisi Patita di Maluku, Rasanya Istimewa! kohu-kohu (instagram.com/mega.ratna.a.p)

Pada tradisi patita, kohu-kohu biasanya dijadikan lalapan ketika menikmati lauk utama berupa hidangan olahan ikan.

Kohu-kohu sendiri hampir mirip seperti urapan yang populer di Jawa. Bahan dasarnya terbuat dari kacang panjang, taoge, kangkung, timun, daun kemangi, dan kelapa parut.

Namanya juga orang Indonesia, gak lengkap menikmati makanan terutama olahan daging maupun ikan tanpa sambal. Nah, tradisi patita juga diramaikan oleh segarnya sambal colo-colo, lho.

Tradisi patita juga biasanya ditutup dengan menikmati singkong atau pisang rebus, lho. Wah, bisa dipastikan jadi double kenyangnya!

Baca Juga: 10 Olahan Ikan Kembung Khas Nusantara yang Paling Enak, Ada Favoritmu?

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya