Comscore Tracker

6 Kuliner Lokal dengan Rasa Asam, Ampuh Bangkitkan Nafsu Makan

Jangan cuma tahu sayur asam saja ya

Karena namanya membubuhkan kata asam, banyak masyarakat melabuhkan lidahnya ke sayur asam ketika sedang kepengin makan makanan bercita rasa asam. Padahal, kuliner lokal yang identik rasa asam cukup banyak lho!

Terbilang nikmat, berikut ini enam kuliner lokal bercita rasa asam yang bisa jadi inspirasi makananmu hari ini atau besok. Catat, ya!

1. Ikan kuah asam 

6 Kuliner Lokal dengan Rasa Asam, Ampuh Bangkitkan Nafsu Makaninstagram.com/kupang.foodies

Ikan kuah asam merupakan kuliner bercita rasa asam asal pulau eksotis di timur Indonesia yaitu Nusa Tenggara Timur. Menggunakan ikan laut seperti kakap merah atau tenggiri, rasa asam pada kuliner ini berasal dari potongan tomat.

Selain asam, ikan kuah asam memiliki rasa sedikit pedas. Daun kemangi yang menjadi pelengkap ikan kuah asam amatlah menggoda indera penciuman dan meningkatkan lezatnya kuliner satu ini.

2. Cacapan asam 

6 Kuliner Lokal dengan Rasa Asam, Ampuh Bangkitkan Nafsu Makaninstagram.com/nafisa_shidqia

Cacapan asam terbuat dari ikan yang dibumbui dengan bawang, kunyit, dan garam, kemudian digoreng. Usai matang, kuliner bercita rasa asam asal Banjar ini digabungkan dengan kuah asinan.

Selain kuah asinan yang diracik dari asam jawa, bawang, dan cabai. Cacapan asam diramaikan pula oleh irisan mangga muda yang terkenal dengan rasa asamnya yang bikin mata dan lidah berkerut.

3. Asam pedas ikan 

6 Kuliner Lokal dengan Rasa Asam, Ampuh Bangkitkan Nafsu Makaninstagram.com/ulva_dee

Belimbing wuluh, nanas muda, dan asam jawa adalah deretan bahan makanan bercita rasa asam yang dapat digunakan untuk membuat asam pedas ikan. Kuliner yang populer di Pekanbaru ini biasanya menggunakan ikan baung. Tapi, kamu bisa memilih ikan berdasarkan selera.

Dimasak menggunakan cabai, tekstur kuah dari asam pedas ikan ini cukup kental dikarenakan penggunaan rempah seperti kunyit dan lengkuas.

Baca Juga: Resep Lempah Ikan Kembung yang Bercita Rasa Asam Pedas, Lezat Mantap!

4. Uyah asam pitik 

6 Kuliner Lokal dengan Rasa Asam, Ampuh Bangkitkan Nafsu Makaninstagram.com/dapoerblirik

Sesuai dengan namanya, uyah asem pitik berbahan utama dari daging ayam. Kuliner berkuah bening ini mempertemukan gurihnya kaldu dari rebusan daging ayam serta bumbu seperti cabai, bawang, dan ranti.

Sedangkan pendobrak rasa asamnya, kuliner berdomisili di Banyuwangi ini umumnya mengandalkan belimbing wuluh.

5. Palumara 

6 Kuliner Lokal dengan Rasa Asam, Ampuh Bangkitkan Nafsu Makaninstagram.com/winzeat

Identik punya penampilan berwarna kuning cerah, palumara asal Makassar juga berciri khas sekali dengan rasa asamnya yang menggugah selera makan. Gak cuma rasa asam, kuliner ini juga kaya rempah.

Rasa asam dari palumara umumnya berasal dari irisan tomat. Kamu bisa menggantinya dengan belimbing wuluh atau asam jawa sebagai alternatif.

6. Garang asam 

6 Kuliner Lokal dengan Rasa Asam, Ampuh Bangkitkan Nafsu Makaninstagram.com/garangasem_kampung

Rasanya kurang afdal menyebutkan satu per satu kuliner lokal bercita rasa asam tanpa memasukkan garang asam. Makanan kesukaan masyarakat Jawa ini diracik menggunakan kuah santan dan bumbu rempah.

Dibungkus menggunakan daun pisang, garang asam juga punya taburan pelengkap seperti cabai rawit, belimbing wuluh atau tomat, dan bawang di dalamnya. Setelah semuanya bersatu, kuliner bercita rasa asam ini dikukus.

Kuliner lokal bercita rasa asam gak melulu sayur asam lho! Bila di dapur masih ada tomat muda, belimbing wuluh, atau asam jawa yang mengganggur, tak ada salahnya digunakan untuk membuat kuliner lezat di atas.

Baca Juga: 5 Resep Dessert dari Asam Jawa, Sensasi Manis dan Asam Menyatu 

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya