Comscore Tracker

7 Kuliner Jawa Tengah yang Nikmatnya Menghibur Lidah Pencinta Sayuran

Semua kuliner ini punya ciri khas masing-masing #LokalIDN

Pecel merupakan kuliner terbuat dari beragam sayuran rebus yang diguyur dengan sambal kacang. Makanan ini cukup digemari oleh masyarakat Jawa Tengah dan menjadi alternatif kuliner berbahan sayuran selain gado-gado.

Selain pecel, Jawa Tengah juga masih punya tujuh kuliner lezat lainnya yang cukup menghibur lidah para pencinta sayuran. Ada apa lagi, ya?

1. Rujak teplak

7 Kuliner Jawa Tengah yang Nikmatnya Menghibur Lidah Pencinta Sayuraninstagram.com/kulinertegal

Nama boleh terdapat embel-embel rujak, namun rujak teplak tak beda jauh wujudnya dengan pecel berisi sayur yang disiram dengan saus. Bukan saus kacang, rujak teplak mengandalkan rasa saus yang terbuat dari singkong rebus tumbuk dan cabai.

Saus tersebut dikenal juga dengan panggilan sambal gaul. Sedangkan sayuran pada rujak teplak umumnya menggunakan daun singkong, kangkung, daun pepaya, pare, jantung pisang, timun, dan lainnya.

2. Nasi trancam

7 Kuliner Jawa Tengah yang Nikmatnya Menghibur Lidah Pencinta Sayuraninstagram.com/annorakitchen

Cara menghidangkan sayuran pada trancam hampir mirip dengan karedok, yang mana sayuran mentah dipotong dengan ukuran kecil-kecil.

Bila karedok punya sambal kacang dengan tambahan kencur, trancam mengandalkan kelapa parut yang dicampur bersama bumbu dengan tambahan kencur di dalamnya. Timun, taoge, kacang panjang, dan daun kemangi merupakan bagian isian dari trancam. Tak lupa, nasi putih yang bikin perut jadi makin kenyang.

3. Sego gudangan

7 Kuliner Jawa Tengah yang Nikmatnya Menghibur Lidah Pencinta Sayuraninstagram.com/uyowaluzo

Sego gudangan adalah nasi dengan gudangan. Sayuran gudangan sendiri biasanya berisi wortel, taoge, kacang panjang, dan beragam dedaunan sayur seperti daun kenikir hingga daun bayam.

Bumbu perasa pada gudangan serupa dengan trancam yang terbuat dari kelapa parut bersama bumbu yang kemudian dikukus terlebih dahulu sebelum disajikan.

Baca Juga: 6 Pecel Unik Khas Nusantara, Tidak Selalu Identik dengan Sayuran Saja!

4. Nasi tumpang

7 Kuliner Jawa Tengah yang Nikmatnya Menghibur Lidah Pencinta Sayuraninstagram.com/tumpangletok_mbriyanti

Tumpang sendiri sejenis sambal terbuat dari tempe semangit atau busuk yang dimasak bersama bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, kencur, garam dan daun salam. Jangan heran jika menyantapnya terdapat tempe yang hancur.

Sayuran tumpang yang nantinya berlabuh di atas nasi umumnya terdiri dari daun bayam, kacang panjang, dan taoge yang semuanya telah direbus.

5. Buntil

7 Kuliner Jawa Tengah yang Nikmatnya Menghibur Lidah Pencinta Sayuraninstagram.com/ bakoelan_laoekpaoek

Buntil terbuat dari daun pepaya yang telah direbus hingga empuk. Setelahnya diisi dengan campuran kelapa parut serta ikan teri, yang kemudian dibungkus dan diikat dengan tali tenur.

Tak serta merta langsung dimakan, buntil melalui proses akhir di mana dikukus terlebih dahulu hingga matang. Buntil sering kali dipilih sebagai lauk yang dilengkapi dengan kuah santan berbumbu rempah.

6. Kluban

7 Kuliner Jawa Tengah yang Nikmatnya Menghibur Lidah Pencinta Sayuraninstagram.com/hilma_menilhappykitchen

Kluban masih satu keluarga dengan gudangan. Baik sayuran maupun bumbu kelapa pada kluban juga hampir serupa dengan gudangan. Yang membedakan keduanya ialah proses memasaknya, di mana sayuran dan bumbu kelapa pada kluban dicampur menjadi satu kemudian dikukus bersama.

7. Lotek

7 Kuliner Jawa Tengah yang Nikmatnya Menghibur Lidah Pencinta Sayuraninstagram.com/xadxtxo

Lotek sekilas mirip dengan gado-gado karena sama-sama berisi sayuran rebus dan disiram bumbu kacang. Hanya saja terdapat tambahan bahan pada saat pembuatan bumbu kacang yakni tempe, kencur, dan terasi.

Ketika semuanya tercampur menjadi satu, tekstur bumbu lotek cukup padat dengan rasa serta aroma kencur yang sedikit menonjol.

Nah, itu tadi tujuh kuliner Jawa Tengah yang nikmatnya cukup menghibur lidah para pencinta sayuran. Kuliner yang telah disebutkan tadi dapat dipilih sebagai lauk juga, lho! Jangan sungkan untuk menambahkan ayam atau ikan goreng sebagai pelengkap.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Wellness di Jawa Tengah Menurut Kemenparekraf

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya