Comscore Tracker

5 Kuliner Unik nan Lezat yang Cuma Ada di Bengkulu, Pernah Coba? 

Dua di antaranya kesukaan Presiden Soekarno lho #LokalIDN

Setiap daerah memiliki kuliner unik yang mungkin hanya bisa dijumpai di daerah tersebut saja. Sebut saja pa’piong, makanan berbahan dasar daging babi yang dimasak menggunakan bambu ini hanya bisa dijumpai di Tanah Toraja.

Jika Tanah Toraja memiliki pa’piong, berikut ini ada lima kuliner unik yang hanya bisa dijumpai di Bengkulu. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya?

1. Gulai pisang 

5 Kuliner Unik nan Lezat yang Cuma Ada di Bengkulu, Pernah Coba? Gulai pisang (instagram.com/_fit3_)

Di Bengkulu, pisang diolah menjadi gulai lho! Bumbu racikannya pun sama seperti umumnya gulai yang menggunakan cabai, santan, kunyit, dan lainnya. Gak sembarang pisang bisa diolah menjadi gulai karena umumnya pisang yang usianya masih muda saja yang bisa diolah.

2. Bubur sekoi 

5 Kuliner Unik nan Lezat yang Cuma Ada di Bengkulu, Pernah Coba? Bubur sekoi (instagram.com/dsyavani)

Selain unik, bubur sekoi juga mudah dijumpai saat Ramadan tiba karena kuliner satu ini sering dijadikan sebagai menu berbuka puasa oleh masyarakat Bengkulu.

Apa itu bubur sekoi? Bubur sekoi berbahan dasar dari biji jewawut yang diolah bersama gula merah serta bahan lainnya. Untuk melengkapi kenikmatannya, bubur sekoi diguyur dengan kuah manis.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Masuk Bucket List-mu

3. Teh sle 

5 Kuliner Unik nan Lezat yang Cuma Ada di Bengkulu, Pernah Coba? Teh sle (instagram.com/fianbkl)

Teh sle bukan terbuat dari daun teh yang dikolaborasikan dengan melati. Minuman penghangat jiwa ini diracik dari bermacam rempah-rempah sehingga memiliki khasiat tersendiri bagi penikmatnya.

Ciri khas dari teh sle yakni disajikan dengan batang kayu manis sehingga menghasilkan aroma makin sedap dan menggugah selera.

4. Pendap 

5 Kuliner Unik nan Lezat yang Cuma Ada di Bengkulu, Pernah Coba? Pendap (instagram.com/ rafflesia_olshop_palembang)

Pendap sepintas mirip dengan pepes karena sama-sama dibumbui dan dibungkus dengan daun. Bedanya, daun yang digunakan pada pendap berupa daun talas.

Tidak hanya satu, jumlah daun yang diperlukan untuk membungkus pendap sekitar sepuluh hingga lima belas lembar lho! Jika pepes, daun hanya digunakan sebagai pembungkus. Daun pada pendap bisa dinikmati bersamaan dengan ikan.

5. Bagar hiu 

5 Kuliner Unik nan Lezat yang Cuma Ada di Bengkulu, Pernah Coba? Bagar hiu (instagram.com/arman_ranala2)

Selain pendap, bagar hiu ternyata adalah makanan kesukaan Presiden Soekarno lho! Kuliner satu ini sekilas mirip dengan gulai karena dimasak dengan rempah-rempah. Hanya saja, bahan utamanya terbilang unik dan istimewa karena menggunakan ikan hiu.

Itu tadi deretan kuliner unik yang cuma ada di Bengkulu. Gak cuma di Bengkulu, pasti di tempatmu juga ada kuliner unik yang ada di daerahmu saja. Yuk, sebutkan di kolom komentar!

Baca Juga: 8 Potret Gunung Patah di Bengkulu, Jalurnya Ekstrem Bikin Merinding!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya