Comscore Tracker

Buah hingga Mi, 5 Rujak Khas Sumatra Ini Nikmat untuk Menghibur Lidah 

Cocok untuk dijadikan santapan siang hari

Siapa sih yang gak suka dengan rujak? Makanan identik dengan bumbu bercita rasa manis asam ini nikmat banget jadi penghibur lidah di segala waktu. Apalagi jika kamu menikmatinya saat santai.

Ragam rujak di Indonesia pun banyak dan masing-masing memiliki ciri khas yang membedakan seperti lima rujak khas Sumatra berikut ini. Pernah mencobanya?

1. Rujak samalanga 

Buah hingga Mi, 5 Rujak Khas Sumatra Ini Nikmat untuk Menghibur Lidah Ilustrasi rujak samalanga (instagram.com/pawonibujoko)

Rujak samalanga tak lain adalah rujak buah yang populer sekali di Aceh. Buah-buahan yang biasa dipilih untuk membuat rujak samalanga terdiri dari kedondong, mangga, papaya, nanas, timun, hingga bengkuang.

Gak cuma manis dan asam, rujak samalanga juga identik bercita rasa pedas. Tambahan pisang batu yang diparut, membuat rujak ini sedikit memiliki rasa sepat dan bumbunya lebih bertekstur.

2. Rujak kuweni atau rujak aceh 

Buah hingga Mi, 5 Rujak Khas Sumatra Ini Nikmat untuk Menghibur Lidah Rujak kuweni (instagram.com/ najila_kitchen)

Selain rujak samalanga, Aceh juga punya rujak kuweni yang patut untuk dicoba. Bahan utama rujak ini pastinya buah kuweni yang dipotong menjadi beberapa bagian yang dikolaborasikan juga dengan buah-buahan lainnya serta kolang-kaling.

Untuk bumbu, rujak kuweni tidak menggunakan kacang. Racikannya menggabungkan cabai, gula, garam, dan cuka atau asam. Seperti rujak samalanga, rujak kuweni terkadang diberi tambahan pula pisang batu parut.

Baca Juga: Resep Membuat Cireng Bumbu Rujak, Camilan Akhir Pekan yang Nikmat

3. Rujak maharaja 

Buah hingga Mi, 5 Rujak Khas Sumatra Ini Nikmat untuk Menghibur Lidah Ilustrasi rujak maharaja (instagram.com/masclink_kulineran)

Ada yang baru mendengar nama rujak maharaja? Rujak maharaja berasal dari Riau. Rujak ini terbuat dari irisan buah meliputi jambu air, nanas, kedondong, belimbing, mangga, dan lainnya.

Keunikan rujak maharaja terletak pada bumbunya terbuat dari air yang diracik dengan cabai rawit merah, jeruk nipis, gula, dan garam.

4. Rujak mi 

Buah hingga Mi, 5 Rujak Khas Sumatra Ini Nikmat untuk Menghibur Lidah Rujak mi (instagram.com/makanlemakplg)

Gak cuma menghibur lidah, rujak mi juga bikin perut kenyang. Kuliner kebanggaan masyarakat Palembang ini terbuat dari irisan pempek yang dikolaborasikan dengan mi kuning, tahu, dan irisan timun.

Kuah rujak mi juga unik karena memanfaatkan cuko yang biasanya jadi pelengkap pempek.

5. Rujak soun 

Buah hingga Mi, 5 Rujak Khas Sumatra Ini Nikmat untuk Menghibur Lidah Rujak soun (instagram.com/ ailiehoalie74)

Komposisi rujak soun khas Bangka tidak beda jauh dengan rujak mi khas Palembang. Hanya saja bahan utama rujak ini adalah lembutnya soun yang membaur dengan kuah cuko bercita rasa asam dan manis. Rujak soun juga menambahkan taoge sebagai pelengkapnya.

Itu tadi lima rujak khas Sumatra yang bisa jadi inspirasi untuk manjakan lidah saat santai. Baik rujak terbuat dari buah atau mi, semuanya enak lho. Yuk coba!

Baca Juga: 5 Fakta Rujak Bulung, Kuliner Pedas Gurih Khas Pulau Bali

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya