Comscore Tracker

5 Olahan Paneer, Keju India yang Lezatnya Menggoyang Lidah

Jadi favorit banyak orang!

Paneer merupakan keju tradisional India yang dibuat dari susu sapi fresh. Tak hanya jadi pelengkap roti, paneer juga menjadi bahan kari atau hidangan India yang lezat. Beragam olahan paneer dibuat dan disajikan di rumah maupun restoran di India.

Tak hanya disukai masyarakat lokal, olahan paneer dibawah ini juga dikenal dan menjadi favorit wisatawan dunia yang berkunjung ke sana. Dibuat kari hingga roti, berikut lima olahan paneer yang menggoyang lidah.

1. Mattar paneer

5 Olahan Paneer, Keju India yang Lezatnya Menggoyang Lidahmattar paneer (vegrecipesofindia.com)

Mattar paneer adalah hidangan kari berbahan paneer atau keju dengan kacang polong dan rempah khas India. Mattar paneer dibuat tanpa butter, krim, atau pasta kacang. Warna merah mattar paneer berasal dari tomat dan menjadi ciri khas kari Negara Bollywood tersebut. 

Disebut basic-nya kari India, mattar paneer memiliki rasa yang ringan dan mudah diterima lidah. Biasanya, mattar paneer disajikan bersama roti atau nasi sebagai menu sarapan, makan siang, atau malam. 

2. Tikka masala paneer

5 Olahan Paneer, Keju India yang Lezatnya Menggoyang Lidahtikka masala paneer (Instagram.com/kfisocial)

Terinspirasi dari menu tikka masala chicken, tikka masala paneer adalah kreasi olahan paneer yang ramah bagi para vegan. Banyak dibuat di rumah, cara membuat tikka masala paneer cukup mudah dan rasanya bikin nyaman perut.

Berbeda dari mattar paneer, dalam hidangan India ini paneer dipanggang terlebih dahulu sebelum diolah dimasak bersama bumbu. 

Baca Juga: 5 Trivia Keju Vegan, Keju Alternatif dari Tumbuhan yang Dairy Free!

3. Paneer butter masala

5 Olahan Paneer, Keju India yang Lezatnya Menggoyang Lidahpaneer butter masala (vegrecipesofindia.com)

Pencinta makanan creamy wajib mencicipi paneer butter masala. Salah satu olahan paneer yang terkenal di restoran-restoran India. Paneer butter masala terbuat dari campuran tomat, bawang, kacang, butter atau mentega, dan rempah-rempah India yang cukup banyak. 

Tak lupa potongan paneer didalamnya menambah nikmat kari kental India ini. Hidangan kari kental India ini sangat pas disajikan dengan nasi atau roti paratha. 

4. Paneer paratha

5 Olahan Paneer, Keju India yang Lezatnya Menggoyang Lidahpaneer paratha (traditionallymodernfood.com)

Paratha adalah roti khas India yang banyak dikonsumsi masyarakat hampir setiap hari. Selain dimakan langsung, paratha banyak disajikan dengan makanan khas India, seperti kari dan lainnya.

Paratha ternyata juga bisa dikreasikan dengan paneer yaitu keju India yang fresh dan gurih. Rasa paneer paratha pun jadi makin creamy dan gurih. Selain dengan paneer, hidangan ini biasanya dicampur dengan daun bawang dan cabai. Rasa paneer paratha makin nikmat dengan sambal hijau khas India, yaitu chai .

5. Saag paneer

5 Olahan Paneer, Keju India yang Lezatnya Menggoyang Lidahsaag paneer (whonomstheworld.com)

Identik dengan warna hijau, arti nama "saag" sendiri dalam bahasa hindi adalah hijau. Saag paneer merupakan olahan keju India paneer yang dicampur bayam hijau di dalamnya. Sebelum dicampur dengan bayam, paneer digoreng terlebih dahulu.

Olahan paneer ini memiliki rasa gurih dari santan kelapa yang menjadi salah satu bahannya. Ditambah rasa creamy dari keju yang membuat saag paneer.

Memberikan rasa lezat dan tekstur yang creamy pada makanan, tak heran jika paneer banyak digunakan dalam beragam hidangan khas India. Kalau kamu tertarik coba yang mana dulu, nih? 

Baca Juga: 10 Jenis Kari dari Berbagai Negara, Kamu Paling Suka yang Mana?

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya