Comscore Tracker

Kue Raja yang Membawa Keberuntungan, Ini 5 Fakta Gallete des Rois

Ada kejutan menarik di dalam kuenya!

Kue pastry adalah salah satu jenis kue yang cukup populer di Prancis. Salah satu kue pastry yang selalu dinanti setiap tahunnya adalah gallete des rois.

Disajikan saat Epiphany dan Natal, kue gallete des rois ini sangat disukai anak-anak, karena memiliki kejutan atau hadiah di dalamnya. Sejarah panjang juga menyertai kue pastry ini. Penasaran apa saja fakta di balik kue gallete des rois ini? Berikut penjelasannya.

1. La gallete des rois sajian istimewa saat perayaan ephipany

Kue Raja yang Membawa Keberuntungan, Ini 5 Fakta Gallete des RoisGallete des rois (instagram.com/rosna_risnaldi)

Tradisi memakan gallete des rois ini sudah ada sejak abad ke 14, saat perayaan hari ephipany tiba. Ephipany merupakan hari raya bagi kaum nasrani, di mana pada hari itu, datanglah tiga raja untuk melihat bayi Yesus. Sejak saat itu masyarakat Prancis selalu menyajikan gallete des rois sebagai hidangan istimewa pada hari itu.

2. Galette des rois kue pastry dengan krim almond di dalamnya

Kue Raja yang Membawa Keberuntungan, Ini 5 Fakta Gallete des RoisGallete des rois (instagram.com/a_walk_home)

Mirip pie, gallete des rois memiliki bentuk bulat datar. Lapisan luar gallete des rois agak keras namun renyah. Di dalam kue pastry Prancis ini diisi dengan krim almond yang lembut dengan rasa manis gurih yang pas.

Krim almond dalam gallete biasanya dibuat dari campuran bubuk kacang almond, mentega, gula dan telur.

Baca Juga: 7 Pastry Lezat Asal Perancis yang Visual dan Rasanya Menggoda Iman! 

3. Gallete des rois juga disebut kue raja

Kue Raja yang Membawa Keberuntungan, Ini 5 Fakta Gallete des RoisGallete des rois (instagram.com/yukogondo_girasol)

Dalam kepercayaan Prancis, siapa yang mendapat hadiah di dalam kue gallete des rois ini akan beruntung selama sehari bak menjadi raja. Karena dari itu kue gallete des rois disebut kue raja. Hal ini berawal dari ketidaksengajaan jatuhnya cincin pembuat kue kedalam adonan gallete des rois pada saat itu.

Hingga kini gallete des rois menjadi kue istimewa bagi masyarakat Prancis. Bahkan tradisi memakan gallete des rois sudah diperkenalkan sedari kecil di Prancis, lewat acara sekolah.

4. Kini sengaja disisipkan mainan atau benda unik ke dalam gallete des rois

Kue Raja yang Membawa Keberuntungan, Ini 5 Fakta Gallete des RoisGallete des rois (instagram.com/ssu_foodlog)

Sudah menjadi tradisi, di dalam sebuah kue gallete des rois terdapat mainan yang disembunyikan. Pada zaman dulu mainan dari bahan keramik dengan berbagai bentuk ada dalam kue ini sehingga banyak orang yang berburu mainan tersebut sebagai koleksinya.

Tradisi tersebut masih berlanjut hanya mainannya kini lebih beragam.

5. Gallete des rois dijual dengan hadiah mahkota di setiap kotak kuenya

Kue Raja yang Membawa Keberuntungan, Ini 5 Fakta Gallete des RoisGallete des rois (instagram.com/sofitellegendsantaclaractg)

Di Prancis, sudah menjadi kebiasaan bagi penjual kue gallete des rois memberikan mahkota kepada pembelinya. Mahkota yang diberikan terbuat dari kertas dan diberikan saat pembeli membeli kue gallete-nya. Tradisi ini sudah ada sejak lama dan masih berlangsung hingga kini.

Itulah beberapa fakta tentang gallete des rois, kue pastry yang hingga kini masih menjadi kudapan favorit masyarakat Prancis di hari Ephipany atau Natal. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: 5 Pastry Unik Berbagai Negara, Ada yang dari Indonesia!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya