Comscore Tracker

5 Fakta Luti Gendang, Roti Abon Khas Batam yang Enak Buat Teman Ngopi

Seperti apa ya rasanya? #LokalIDN

Pencinta kuliner sudah pernah dengar luti gendang belum? Roti goreng berbentuk bulat lonjong dengan isian abon ikan gurih ini merupakan makanan khas Anambas Riau. Namun roti ini populer dan dikenal banyak orang sebagai salah satu oleh-oleh khas Batam.

Luti gendang adalah salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Riau maupun Batam. Namanya yang unik ternyata menyimpan beberapa fakta yang jarang diketahui orang. Penasaran seperti apa? Berikut beberapa penjelasannya.

1. Memiliki nama asli roti gendang

5 Fakta Luti Gendang, Roti Abon Khas Batam yang Enak Buat Teman NgopiLuti gendang (instagram.com/javafoodie)

Luti gendang adalah makanan khas Anambas Riau yang populer di Batam dan sekitarnya. Memiliki nama asli roti rendang, namun pada akhirnya terkenal menjadi luti gendang.

Hal ini bermula sejak sebagian besar etnis tionghoa yang tinggal di Anambas kesulitan melafalkan nama roti rendang. Akhirnya mereka menyebut makanan lonjong tersebut luti gendang. Hingga kini roti abon gurih ini dikenal dengan nama luti gendang.

2. Memiliki isian abon ikan

5 Fakta Luti Gendang, Roti Abon Khas Batam yang Enak Buat Teman NgopiLuti gendang (instagram.com/seleramode)

Luti berarti roti dan gendang atau rendang artinya goreng dalam bahasa tareumpa. Roti ini dibuat dari tepung terigu, susu, telur dengan isian abon ikan yang dicampur cabai dan bumbu lainnya.

Dimasak dengan cara digoreng, luti gendang sangat enak dimakan saat hangat. Bentuknya yang bulat lonjong terlihat cukup mengenyangkan untuk mengganjal perut di pagi hari atau sekadar menunda lapar sebelum makan.

Baca Juga: 6 Kuliner Khas Batam Lezat, Rugi kalau Gak Coba!

3. Memiliki banyak varian rasa

5 Fakta Luti Gendang, Roti Abon Khas Batam yang Enak Buat Teman NgopiLuti gendang (instagram.com/luky_bolkem)

Dikenal dengan rasa gurihnya abon ikan, luti gendang kini punya pilihan isian yang beragam. Tak hanya ikan, luti gendang juga memiliki isian daging ayam. Tak melulu rasa gurih, kini luti gendang punya rasa manis seperti cokelat.

Tak perlu jauh-jauh ke Riau atau Batam, karena ada beberapa yang menjual luti gendangdi pulau lainnya, baik secara online atau offline.

4. Populer dijadikan oleh-oleh

5 Fakta Luti Gendang, Roti Abon Khas Batam yang Enak Buat Teman NgopiLuti gendang (instagram.com/luky_bolkem)

Luti gendang kini populer sebagai oleh-oleh khas Batam. Namun kudapan gurih ini bisa mudah ditemui di Kepulauan Riau maupun Batam.

Luti gendang banyak dijual di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh. Tak hanya yang matang, kamu bisa membeli roti yang setengah matang. Roti abon ini bisa bertahan selama 3 minggu bila disimpan di dalam freezer kulkas.

5. Selalu ada di kedai kopi

5 Fakta Luti Gendang, Roti Abon Khas Batam yang Enak Buat Teman NgopiLuti gendang (instagram.com/diana_ing2)

Bagi masyarakat Riau dan Batam, tak lengkap rasanya kalau ngopi atau ngeteh tanpa ngemil luti gendang. Oleh karena itu hampir di semua kedai kopi menyediakan luti gendang.

Baik pagi atau sore, luti gendang selalu laris manis dicari penikmat kopi dan teh. Apalagi saat hujan, luti gendang sangat nikmat dijadikan camilan bersama keluarga dan orang terkasih.

Sering disamakan dengan panada khas Manado, namun bentuk dan tekstur rasa luti gendang sendiri sangatlah berbeda. Penasaran ingin mencobanya?

Baca Juga: 5 Toko Roti Legendaris di Jakarta, Jual Roti Enak yang Bikin Nostalgia

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya