Comscore Tracker

Bikin Kenyang, 5 Nasi Gurih yang Nikmat untuk Menu Sarapan

Rasa gurihnya bikin semangat sarapan

Nasi merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia sehingga banyak sekali kuliner nasi lezat yang ada di Indonesia dan kerap menjadi menu makan pagi atau sarapan. Tak terkecuali hidangan nasi gurih yang disajikan dengan lauk di atasnya. Selain karena cita rasanya yang lezat, hidangan nasi ini dianggap praktis, lho. 

Ternyata tak hanya satu jenis, ada beberapa menu nasi gurih yang bisa ditemui di Indonesia, lho. Sudah tahu belum? Inilah daftarnya.

1. Nasi bakmoy

Bikin Kenyang, 5 Nasi Gurih yang Nikmat untuk Menu Sarapannasi bakmoy (instagram.com/kharismahawa.kitchen)

Nasi bakmoy merupakan hidangan nasi yang disajikan dengan tumisan ayam tahu dan kuah gurih di dalamnya. Bukan asli dari Indonesia, nasi bakmoy ternyata adalah kuliner khas Tionghoa.

Karena rasanya yang gurih dan lengkap, menu nasi ini semakin diminati masyarakat Indonesia. Tak jarang nasi bakmoy dijadikan sebagai menu sarapan ataupun comfort food saat sedang tidak enak badan. 

2. Nasi tim

Bikin Kenyang, 5 Nasi Gurih yang Nikmat untuk Menu Sarapannasi tim (instagram.com/dapurcigadung)

Mirip dengan nasi bakmoy, nasi tim adalah kuliner peranakan atau Tionghoa yang memiliki cita rasa gurih di dalamnya. Namun bedanya dari nasi bakmoy, lauk dan kuah nasi tim ikut dikukus bersama nasi di dalamnya. Kemudian setelah nasi matang, diangkat dan disajikan bersama pelengkap seperti kerupuk, daun bawang, dan lainnya. Tak jarang, nasi ini juga disajikan dengan kuah terpisah sesuai selera.

Cara penyajian dan rasa gurihnya yang khas membuat nasi tim jadi menu sarapan dan makan siang favorit di Indonesia, lho. 

Baca Juga: Resep Nasi Bakmoy, Menu Gurih yang Cocok Disantap saat Hujan Turun

3. Nasi uduk

Bikin Kenyang, 5 Nasi Gurih yang Nikmat untuk Menu Sarapannasi uduk (instagram.com/mus_cook)

Di Jakarta dan Jawa Barat, nasi uduk menjadi salah satu menu sarapan paling digemari, lho. Nasi uduk adalah nasi gurih yang disajikan dengan lauk ayam atau telur, bihun, semur tahu, dan taburan bawang goreng di atasnya. Rasanya lezat dan porsinya cukup pas di perut. 

Selain itu nasi uduk ini mudah banget ditemukan di kedai maupun restoran. Harganya juga cukup terjangkau sehingga dapat dinikmati semua kalangan masyarakat. 

4. Nasi liwet

Bikin Kenyang, 5 Nasi Gurih yang Nikmat untuk Menu Sarapannasi liwet (instagram.com/jajansolo)

Nasi liwet merupakan hidangan nasi gurih dengan lauk dan sayur di atasnya. Hidangan nasi ini cukup populer di Jawa Tengah dan Jawa Barat, namun keduanya memiliki ciri khas yang berbeda. Nasi liwet khas Solo Jawa Tengah biasanya disajikan dengan suwiran ayam, sayur labu siam, telur rebus dan santan kental/areh di atasnya. 

Meski sering dijumpai dijual di malam hari, namun nasi gurih ini juga banyak dijajakan di pagi hari sebagai menu sarapan, lho. Rasanya yang nikmat dan gurih membuat setiap orang ketagihan mencicipinya. 

5. Nasi kuning

Bikin Kenyang, 5 Nasi Gurih yang Nikmat untuk Menu Sarapannasi kuning (instagram.com/rahmayunita_syarif)

Menu nasi gurih lainnya adalah nasi kuning. Nasi kuning cukup dikenal di beberapa daerah di Indonesia seperti Bali, Jawa Tengah, Banjar, Manado, dan Yogyakarta.

Nasi kuning kerap jadi menu sarapan di pagi hari karena banyak digemari orang dewasa maupun anak-anak. Selain jadi menu sarapan, nasi kuning juga kerap hadir pada acara adat/penting seperti ulang tahun, syukuran, dan lainnya.

Satu porsi nasi kuning biasanya disajikan dengan telur dadar, kering tempe, timun, mi goreng, bahkan juga tak jarang ditambahkan sambal di dalamnya. 

Gak cuma memberikan rasa kenyang, hidangan nasi di atas juga punya cita rasa gurih yang bikin ketagihan penikmat kuliner. Dari kesemua menu nasi di atas, mana nih yang jadi favoritmu? 

Baca Juga: 10 Tips Masak Nasi Kuning yang Pulen dan Harum, Menggugah Selera!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya