Comscore Tracker

10 Bahan Alami Kaya Vitamin yang Cocok Ditambahkan ke Dalam Kopi

Buat kopi tak hanya menyegarkan tapi juga menyehatkan 

Sebagian besar dari kita kecanduan membutuhkan kopi untuk memulai hari dengan baik.  Kopi mengandung kafein, stimulan sistem saraf pusat yang dikenal dengan kemampuannya meningkatkan energi dan melawan rasa lelah, tidak heran kalau banyak yang mengonsumsi minuman ini setiap harinya. 

Beberapa penelitian mengungkapkan tentang mengonsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dalam jangka panjang. Fakta ditunjukkan melalui satu ulasan dari 30 penelitian yang ditemukan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi per hari dikaitkan dengan risiko sebanyak 6 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2. 

Tak hanya menyeduh kopi dengan takaran dan campuran biasa, pernahkah kamu meminum kopi dengan campuran bahan alami yang menyehatkan? Kalau belum, cari tahu manfaat dari bahan-bahan alami yang bisa kamu tambahkan ke dalam secangkir kopi untuk menikmati kopi yang menyehatkan berikut ini.

Baca Juga: 12 Bahan Makanan Kaya Vitamin A, Cocok Dimasukkan dalam Menu Diet!

1. Cokelat

10 Bahan Alami Kaya Vitamin yang Cocok Ditambahkan ke Dalam Kopiilustrasi coklat (freepik.com/freepik)

Bubuk kakao tidak hanya enak namun juga bergizi. Menambahkan satu sendok teh kakao tanpa pemanis (biji fermentasi dari pohon kakao) menawarkan kualitas anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu tubuh menyeimbangkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan membantu mengelola diabetes tipe 2.

Kakao juga merupakan sumber zat besi nabati tertinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa kakao juga memiliki efek anti-depresi yang dapat membantu mengatur suasana hati. Tambahkan 1 sendok makan bubuk kakao mentah ke dalam kopi sebelum diseduh untuk tambahan nutrisi.

2. Maca

10 Bahan Alami Kaya Vitamin yang Cocok Ditambahkan ke Dalam Kopiilustrasi tepung maca (unsplash.com/koolmonty)

Bubuk maca berasal dari akar tanaman dan mengandung sekitar 20 asam amino, termasuk 8 dari 9 asam amino esensial, serta beberapa vitamin seperti vitamin B6. Berdasarkan penelitian, akar maca dapat meningkatkan libido dan kesuburan pada pria juga meredakan gejala menopause yang tidak nyaman.

Dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 1-3 sendok makan maca sehari, jadi dapatkan manfaat potensial dengan mencampurkannya ke dalam cangkir kopimu.

3. Kunyit

10 Bahan Alami Kaya Vitamin yang Cocok Ditambahkan ke Dalam Kopiilustrasi kunyit (pexels.com/karlsolano)

Memiliki banyak manfaat terutama menyembuhkan peradangan, kunyit kaya akan fitokimia yang disebut kurkumin yang merupakan antioksidan kuat dan dapat membantu menurunkan peradangan dengan membunuh patogen dan membantu tubuh sembuh. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan kurkumin dalam kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan otak dengan meningkatkan konsentrasi faktor neurotropik yang diturunkan dari otak. Kunyit juga memiliki sifat antivirus, antijamur, antioksidan, dan anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan, tetapi juga dapat meningkatkan kapasitas antioksidan di seluruh tubuh.

4. Kayu manis

10 Bahan Alami Kaya Vitamin yang Cocok Ditambahkan ke Dalam Kopiilustrasi kayu manis (pexels.com/pixabay)

Kayu manis kaya akan mineral dan antioksidan yang sarat dengan sekitar 41 senyawa kimia yang bermanfaat menurunkan peradangan, meredakan mual, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengurangi kadar gula.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kayu manis, kamu dapat menyeduh kopi dengan ½-1 sendok teh kayu manis dan cukup mengaduknya ke dalam cangkir.

5. Santan kelapa

10 Bahan Alami Kaya Vitamin yang Cocok Ditambahkan ke Dalam Kopiilustrasi santan kelapa (unsplash.com/sentidoshumanos)

Jika kamu sedang diet produk susu atau tidak toleran pada laktosa, santan bisa jadi pengganti pembuat krim kopi yang tidak kalah baik. Santan rendah kalori dan tinggi asam lemak jenuh bisa meningkatkan kekebalan tubuh selain itu santan mengandung zat besi, magnesium, dan vitamin C, E, dan B dalam jumlah yang sehat dan semuanya bermanfaat bagi kesehatan.

Jika kamu menyukai kopi yang lebih manis, ganti krim, sirup vanilla dan hazelnut buatan dengan rasa tropis alami yaitu dengan menambahkan satu sendok makan santan kelapa ke kopi.

Baca Juga: 12 Bahan Makanan yang Paling Cocok Dicampur dengan Kopi Hitam 

6. Jahe

10 Bahan Alami Kaya Vitamin yang Cocok Ditambahkan ke Dalam Kopiilustrasi jahe (pexels.com/pixabay)

Menambahkan jahe ke dalam kopi adalah salah satu cara yang bagus untuk menambahkan vitamin ke dalam kopi. Jahe bisa jadi pilihan yang luar biasa karena kaya dengan sifat anti-inflamasi potensial dan antioksidan seperti gingerol. Penelitian menunjukkan jahe dapat memperbaiki pencernaan, menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi nyeri otot, nyeri radang sendi dan nyeri haid.

Memotong atau memarut jahe mentah dengan halus dan menambahkan satu sendok teh ke dalam kopi akan memberikan manfaat besar dan rasa yang tak kalah menyegarkan. Kamu juga bisa membuat campuran kopimu sendiri dengan beberapa ekstrak jahe dan vanilla untuk secangkir kopi yang lezat.

7. Kapulaga

10 Bahan Alami Kaya Vitamin yang Cocok Ditambahkan ke Dalam Kopiilustrasi kapulaga (pexels.com/emily_wade)

Jika ingin menambahkan rasa unik pada kopi, kapulaga bisa jadi pilihan yang tepat. Kapulaga kaya serat dan mineral penting yang biasanya bahan alami ini digunakan dalam pengobatan Ayurveda (ilmu pengobatan dari India) untuk berbagai macam penyakit dan diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sirkulasi darah.

Cara menggunakannya, kamu bisa menaburkan sejumput kapulaga ke dalam cangkir kopi atau bahkan menambahkan biji kapulaga utuh ke dalam biji kopi sebelum digiling agar tercampur dan tinggal diseduh.

8. Kolagen

10 Bahan Alami Kaya Vitamin yang Cocok Ditambahkan ke Dalam Kopiilustrasi bubuk kolagen (freepik.com/kamranaydinov)

Menambahkan satu sendok kolagen ke cangkir kopi dapat membantu mengurangi nyeri sendi, meningkatkan massa otot, mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan hingga menopang tulang yang kuat. Tidak hanya itu, kolagen juga menyediakan beberapa asam amino yang bermanfaat dan bebas gluten secara alami. Cari merek kolagen yang tidak mengubah rasa, seperti peptida kolagen untuk ditambahkan ke dalam kopi.

9. Jamur

10 Bahan Alami Kaya Vitamin yang Cocok Ditambahkan ke Dalam Kopiilustrasi jamur (pexels.com/pixabay)

Jamur obat dapat memberikan dorongan antioksidan yang sangat besar untuk sistem kekebalan tubuh untuk dicampurkan ke dalam kopi. Kaya akan vitamin B seperti vitamin B1 (tiamin) dan vitamin B5, ini bagus untuk kesehatan otak.

Jamur lion's mane misalnya, dapat merangsang faktor pertumbuhan saraf di otak, yang dapat mencegah kehilangan memori dan meningkatkan fungsi kognitif. Jenis jamur lainnya yang kebanyakan jadi favorit para atlet yaitu cordyceps, jamur ini dapat meningkatkan penyerapan oksigen dan meningkatkan produksi ATP (pertukaran energi).

Sebagian besar jamur obat tidak terasa enak, jadi sebaiknya campurkan ke dalam cangkir kopi untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

10. Madu

10 Bahan Alami Kaya Vitamin yang Cocok Ditambahkan ke Dalam Kopiilustrasi madu (pexels.com/romanodintsov)

Madu bisa memiliki bobot nutrisi yang jauh lebih tinggi daripada gula biasa. Menggunakan gula hanya memberi kalori, tetapi madu memiliki manfaat tambahan vitamin seperti vitamin A, vitamin B6 , vitamin C, riboflavin dan banyak lainnya.

Madu juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, seng, fosfor dan zat besi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bisa berfungsi sebagai pengganti gula, menambahkannya ke dalam secangkir kopimu dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya menikmati kopi biasa, menambahkan beberapa bahan alami yang padat akan vitamin pada kopimu selain menyegarkan juga dapat menyehatkan tubuh. 

Baca Juga: 7 DIY Hair Mask dari Bahan Alami Buat Rambut Tampak Berkilau

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya