Comscore Tracker

Unik dan Menarik, 5 Cake Ini Rasanya Terinspirasi dari Minuman lokal

Minuman lokal dengan tampilan cake internasional

Minuman lokal Indonesia memiliki banyak ragam, mulai dari yang disajikan secara hangat maupun dingin. Minuman lokal dingin banyak digemari masyarakat, bukan saja karena rasanya yang nikmat dan segar, tapi juga memiliki harga terjangkau dan mudah ditemukan.

Namun, bagaimana jika minuman segar pelepas dahaga yang biasa disajikan dingin, sekarang diubah menjadi cake manis lembut? Belum lagi tampilannya pun sangat menarik. Berikut lima cake yang terinspirasi dari lima minuman lokal khas Indonesia.

1. Es campur cake

Unik dan Menarik, 5 Cake Ini Rasanya Terinspirasi dari Minuman lokales campur cake (youtube.com/Devina Hermawan)

Minuman dingin yang pertama adalah es campur. Sama seperti namanya, es campur merupakan minuman yang punya isian dari berbagai bahan, ulai dari buah-buahan, cincau, sagu mutiara, dan banyak lagi. Tak lupa ditambah dengan kuah susu, sirup, dan es batu agar rasanya semakin segar.

Namun, bagaimana jika es campur dibuat menjadi cake? Walaupun terdengar sulit, tapi kamu dapat membuatnya sendiri di rumah, lho. Cara membuatnya adalah balut chiffon cake dengan vla bubur sumsum kelapa dan frosting. Setelah itu, tambahkan topping, seperti buah-buahan dan sagu mutiara untuk hiasan juga isian di dalamnya.

2. Es jeruk kelapa cake

Unik dan Menarik, 5 Cake Ini Rasanya Terinspirasi dari Minuman lokales jeruk kelapa cake (instagram.com/karencarlotta)

Kesegaran es jeruk kelapa memang tak perlu diragukan lagi. Isiannya sederhana, hanya dengan air kelapa, gula, dan perasaan jeruk. Sebagai pelengkap, bisa ditambahkan kelapa muda maupun nata de coco dan es batu.

Tak berbeda jauh dengan es campur cake, es jeruk kelapa cake pun hanya perlu pembuatan chiffon kelapa, jeli jeruk, jeli kelapa muda, vla kelapa, dan crumble kelapa. Jadi penasaran pengin coba, kan?

Baca Juga: 6 Minuman Lokal yang Populer di Kalangan Wisatawan Mancanegara

3. Es kopyor cake

Unik dan Menarik, 5 Cake Ini Rasanya Terinspirasi dari Minuman lokales kopyor cake (instagram.com/explorexfoodie)

Sekilas, kue berwarna merah muda ini terlihat seperti kue stroberi. Namun, ini adalah es kopyor cake. Sesuai namanya, kue ini terinspirasi dari es kopyor yang identik dengan warna merah muda yang berasal dari sirup pandan.

Es kopyor cake ini terdiri dari chiffon cake yang diberi rasa coco pandan, dan custard coconut, buttercream coco pandan. Di atasnya, kue ini diberi topping potongan kelapa, jeli kelapa dan nata de coco untuk menambah kesegaran dari es kopyor cake ini

4. Es teler cake

Unik dan Menarik, 5 Cake Ini Rasanya Terinspirasi dari Minuman lokales teler cake (instagram.com/keluarmakan)

Sama halnya dengan es campur, es teler pun merupakan minuman dengan campuran buah dan kuah susu. Tak seramai es campur, es teler biasanya hanya menggunakan nangka, alpukat, dan kelapa muda dengan kuah susu ataupun santan sebagai pelengkap.

Es teler cake ini terdiri dari sponge cake pandan atau kue campuran nangka asli, serta krim alpukat dan nagka. Tak lupa untuk menambahkan potongan nangka, kelapa, dan alpukat di bagian atas kuenya.

5. Es cendol dawet cake

Unik dan Menarik, 5 Cake Ini Rasanya Terinspirasi dari Minuman lokales cendol dawet cake (instagram.com/dapurumi)

Terakhir adalah cendol dawet cake. Cendol sendiri terbuat dari campuran tepung beras atau tepung hunkwe yang dimasak menggunakan pasta pandan, lalu dicetak. Setelah cendol jadi, biasanya diberi tambahan sirup gula merah, kuah santan, dan es batu.

Berbeda dengan es cake lain di atas yang hanya menggunakan chiffon atau sponge cake saja. Cendol dawet cake ini selain menggunakan kue pandan juga menggunakan puding gula merah, puding santan, dan diisi dengan cendol di dalamnya. Setelah jadi, kue ini bisa dimasukkan dalam kulkas agar rasanya lebih segara saat disantap.

Jika beberapa minuman lokal tadi dapat mudah ditemukan di pinggir jalan atau warung, es cake ini biasa ditemukan di toko kue atau restoran. Menarik untuk dicoba, bukan?

Baca Juga: Resep Cake Caramel, Ide Kue Ulang Tahun Lezat dan Simpel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya