Comscore Tracker

5 Kuliner Asli Wajo yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!

Wajo, di mana itu? Dan seperti apa kulinernya? #LokalIDN

Wajo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan dengan pusat pemerintahan ada di Sengkang. Jarak Wajo dari pusat Kota Makassar berkisar 250 kilometer.

Kabupaten ini memiliki banyak hal unik yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya, seperti destinasi wisata alam, budaya, adat istiadat, dan kuliner khasnya yang lezat menggoda.

Berbicara mengenai kuliner khas Wajo, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi hidangan lezat yang wajib kamu cicipi kala berkunjung ke sana. Yuk simak!

1. Sop konro

5 Kuliner Asli Wajo yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!sop konro (instagram.com/kokobuncit)

Sop konro merupakan sop yang bahan utamanya berupa iga sapi dengan kuah berwarna hitam. Selain iga sapi, bahan-bahan lain yang diperlukan untuk membuat hidangan ini terdiri dari garam, air asam jawa, daun salam, daun jeruk purut, serai, dan buah keluak.

Cita rasanya gurih dan nikmat karena kaya akan kandungan bumbu rempah-rempah. Sop konro sangat cocok dinikmati saat hujan bersama dengan nasi hangat.

2. Lawa bale

5 Kuliner Asli Wajo yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!lawa bale (instagram.com/dzjessica_dr)

Lawe bale merupakan hidangan khas Wajo yang bahan utamanya ikan mentah. Ikan mentah tersebut bisa berasal dari ikan doyo, ikan kande, ikan nila, dan ikan cambang.

Untuk membuat lawa bale, mula-mula ikan yang telah dicuci bersih harus kamu pisahkan dari tulang dan kepalanya. Kemudian potong-potong ukuran kecil. Lalu ikan dicampur dengan bahan-bahan penyedap yang terdiri dari kelapa parut, cabai rawit, jeruk nipis, dan belimbing wuluh. Setelah itu lawa bale dibakar di atas arang.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Merah Khas Makassar ala Restoran, Dijamin Suka!

3. Barobbo

5 Kuliner Asli Wajo yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!barobbo (instagram.com/syauqiekitchen)

Barobbo terbuat dari butiran jagung yang dicampur dengan sayuran, irisan ayam, dan udang. Jika dilihat sekilas, tampilan barobbo memang mirip seperti bubur.

Cita rasa barobbo sangat gurih dan nikmat. Terlebih jika disantap saat masih hangat. Kamu juga bisa menambahkan taburan bawang goreng atau ayam suwir di atasnya.

4. Nasu palekko

5 Kuliner Asli Wajo yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!nasu palekko (instagram.com/lie_ra_wang)

Nama kuliner ini jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu nasu berarti masak dan palekko berarti panci. Jadi, nasu palakko artinya memasak di dalam panci. Hal ini sesuai dengan proses memasaknya yang memang menggunakan panci.

Nasu palekko terbuat dari bebek atau ayam kampung. Untuk membuatnya mula-mula daging bebek atau daging ayam dipresto hingga lunak, kemudian dipotong berukuran kecil-kecil. Lalu tambahkan bumbu-bumbu yang terdiri dari cabai, kunyit, jahe, dan bumbu rempah-rempah lain yang disesuaikan dengan selera. Setelah itu masak hingga matang.

5. Kapurung

5 Kuliner Asli Wajo yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!potret hidangan kapurung (instagram.com/arif.fuddin.usman)

Kapurung bahan dasarnya berupa sagu. Sagu kemudian dibentuk seperti bulatan-bulatan kecil lalu diberi tambahan sayuran, ikan, atau jenis seafood lainnya. Kapurung memiliki kuah berwarna kuning yang tampak menggoda.

Cita rasanya gurih dan sangat bagus untuk dikonsumsi karena mengandung banyak protein. Meskipun bahan dasarnya sagu, namun masih banyak orang yang masih menambahkan nasi ketika menyantapnya.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Wajo yang cita rasanya mampu menggoyang lidah. Jangan lupa cicipi saat berkunjung ke sana, ya!

Baca Juga: Bikin Nagih, 5 Kuliner Khas Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Coba  

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya