Comscore Tracker

10 Oleh-oleh Khas Ciamis, Gak Afdal Kalau Gak Beli! 

Enak dan harganya pun terjangkau #LokalIDN

Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki suasana yang tenang dan udara sejuk khas pegunungan. Banyak orang dari daerah lain berbondong-bondong datang ke tempat ini untuk menjelajahi beragam destinasi wisatanya yang seru dan menarik.

Setelah puas berlibur, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Ciamis untuk keluarga di rumah. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. Gula Kelapa

10 Oleh-oleh Khas Ciamis, Gak Afdal Kalau Gak Beli! instagram.com/intanzen

Oleh-oleh khas Ciamis yang pertama ini terbuat dari nira kelapa. Biasanya dijadikan sebagai campuran untuk membuat kolak ataupun bumbu masak. Gula kelapa dapat dengan mudah kamu temukan di pasar-pasar tradisional di Ciamis dengan harga mulai dari  Rp50.000 per kilogram.

2. Saroja

10 Oleh-oleh Khas Ciamis, Gak Afdal Kalau Gak Beli! instagram.com/abiehamid

Dinamakan saroja karena kue khas Ciamis yang satu ini memiliki bentuk yang menyerupai bunga saroja. Kue ini terbuat dari tepung beras putih yang dicetak menggunakan cetakan berbentuk bunga, lalu digoreng hingga matang.

Rasanya manis dan gurih dengan tekstur yang renyah. Harganya dibanderol sekitar Rp50.000 per kilogram.

3. Cocorot

10 Oleh-oleh Khas Ciamis, Gak Afdal Kalau Gak Beli! instagram.com/fannifajar

Cocorot merupakan kue tradisional khas Ciamis yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Kue ini dibungkus menggunakan janur atau daun kelapa muda hingga bentuknya bulat memanjang menyerupai terompet.

Cocorot banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional di Ciamis dan di kawasan Ciulang, Cimerak, Pangandaran, dan Parigi. Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp8.000, kamu sudah bisa membawa pulang 10 buah cocorot.

4. Galendo

10 Oleh-oleh Khas Ciamis, Gak Afdal Kalau Gak Beli! instagram.com/jualanekamakanan

Cara membuat galendo yaitu dengan memasak santan selama beberapa saat hingga mengeluarkan minyak. Endapan yang dihasilkan oleh minyak itulah yang dinamakan galendo atau blotong.

Untuk mengurangi kandungan minyak di dalamnya, galendo harus melalui proses pengepresan sebelum dilakukan proses pembentukan. Langkah terakhir galendo harus dikeringkan sebelum dijual.

Saat ini galendo dijual dalam berbagai varian rasa dengan harga Rp100.000 per kilogram.

5. Kecimpring

10 Oleh-oleh Khas Ciamis, Gak Afdal Kalau Gak Beli! instagram.com/blessingcake_vie

Kecimpring terbuat dari singkong yang telah diberi berbagai jenis bumbu rempah-rempah pilihan. Rasanya gurih dengan tekstur yang renyah. Harga kecimpring sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp35.000 per kilogram.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Ciamis Paling Hits untuk Liburan Long Weekend

6. Bola-bola Susu

10 Oleh-oleh Khas Ciamis, Gak Afdal Kalau Gak Beli! instagram.com/bolasusu_ub

Seperti namanya, oleh-oleh khas Ciamis ini berbentuk bulat seperti bola yang telah diberi campuran susu. Bola-bola susu banyak disukai oleh wisatawan karena rasanya yang enak. Harganya berkisar Rp70.000 per kilogram.

7. Kue Tambang

10 Oleh-oleh Khas Ciamis, Gak Afdal Kalau Gak Beli! instagram.com/hen_589

Kue tambang memiliki bentuk yang menyerupai pilinan benang atau tambang. Rasanya manis dan gurih dari gula asli dengan tekstur yang renyah. Harganya sekitar Rp50.000 per kilogram.

8. Opak

10 Oleh-oleh Khas Ciamis, Gak Afdal Kalau Gak Beli! instagram.com/fishdst

Berbeda dengan opak pada umumnya yang terbuat dari singkong, opak khas Ciamis ini terbuat dari ketan yang dibentuk bulat-bulat lalu dijemur hingga kering. Selanjutnya opak siap digoreng.

Dapat dibeli di pusat oleh-oleh dan pasar tradisional di Ciamis, harga opak sekitar Rp80.000 per kilogram.

9. Surabi

10 Oleh-oleh Khas Ciamis, Gak Afdal Kalau Gak Beli! instagram.com/jajanan.bagja

Surabi khas Ciamis memiliki berbagai macam topping yang bisa kamu pilih sesuai selera, diantaranya cokelat, stroberi, susu, telur, abon, oncom, dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak dijual di pasar-pasar tradisional di Ciamis, harga surabi sekitar Rp5.000 per buah.

10. Sale Pisang

10 Oleh-oleh Khas Ciamis, Gak Afdal Kalau Gak Beli! instagram.com/snack.lily

Cara membuat sale pisang khas Ciamis yaitu pertama buah pisang diiris memanjang, lalu dijemur. Selanjutnya pisang digoreng dengan diberi sedikit tepung. Rasanya manis dan teksturnya lembut. Harganya Rp20.000 per kemasan.

Nah, itulah oleh-oleh khas Ciamis yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga di rumah. Kira-kira mana yang ingin kamu beli?

Baca Juga: 5 Resep Makanan Khas Cianjur yang Menggoda Tiada Duanya! 

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya