Comscore Tracker

Benarkah Susu Coklat Paling Manjur Kembalikan Energi Usai Olahraga?

Kata hasil penelitian sih manjur. Tapi, valid gak ya penelitiannya?

Selama bertahun-tahun, cokelat dianggap sebagai 'perusak' diet yang paling nikmat. Memang, cokelat sangat tinggi kalori. Apalagi jika dicampur dengan susu, menjadi cokelat batangan atau susu cokelat. Yummy!

Tapi tahukah kamu, di balik kalorinya yang ditakuti mereka yang sedang menurunkan berat badan, cokelat justru jadi teman andalan para atlet atau binaragawan lho.

Cokelat, makanan para dewa yang punya kandungan ajaib.

Benarkah Susu Coklat Paling Manjur Kembalikan Energi Usai Olahraga?pixabay.com

Kakao, bentuk paling murni cokelat yang kita konsumsi, punya kandungan antioksidan dan nutrisi yang tinggi yang disebut epicatechin. Epicatechin ini berfungsi melancarkan peredaran darah karena mampu memperluas arteri jantung. Inilah yang membuat cokelat diklaim baik untuk kesehatan, khususnya saat pemulihan tubuh setelah berolahraga.

Baca Juga: 12 Manfaat Cokelat yang Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah

Benar gak sih susu cokelat lebih baik mengembalikan energi dibandingkan sports drink?

Benarkah Susu Coklat Paling Manjur Kembalikan Energi Usai Olahraga?pixabay.com

Beberapa penelitian menyatakan bahwa susu cokelat bekerja lebih baik dibanding sports drink dalam mengembalikan stamina tubuh setelah berolahraga. Namun, celahnya, penelitian dilakukan hanya pada sembilan pria dan disokong The Dairy and Nutrition, Inc. Alhasil, penelitian ini diragukan keabsahannya.

Rupanya, 'kesalahan' yang sama juga dilakukan pada 2015. Sebuah studi menyebutkan seseorang yang mengendarai sepeda punya performa lebih baik, saat mereka makan satu setengah blok dark chocolate setiap dua hari sekali selama dua minggu. Penelitian ini juga tak bisa dipertanggungjawabkan karena hanya dilakukan terhadap delapan orang pesepeda. Itu pun tidak memberikan perbandingan antara pesepeda yang makan cokelat dengan yang tidak, serta makan dark chocolate atau white chocolate. Jadi, penelitian diragukan validitasnya.

Kata peneliti dan ahli gizi, ini jenis makanan yang efektif mengembalikan stamina tubuh.

Benarkah Susu Coklat Paling Manjur Kembalikan Energi Usai Olahraga?pexels.com

Meski epicatechin bermanfaat untuk mengembalikan stamina tubuh, tetapi hingga hari ini para peneliti dan ahli gizi masih belum mengetahui seberapa banyak epicatechin yang harus dikonsumsi agar tubuh merasakan manfaatnya. Begitu pula dengan yang jumlah yang terkandung dalam cokelat bisa saja tidak mencukupinya.

Para ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi snack yang mengandung kombinasi karbohidrat dan protein. Karbohidrat diperlukan untuk mengisi ulang tenaga dan menggantikan glycogen otot yang hilang saat kita berolahraga. Sedangkan, protein berfungsi untuk membentuk dan memperbaiki otot. 

Susu cokelat dan cokelat batangan bisa mencukupi sebagian dari karbohidrat dan protein untuk tubuh setelah lelah berolahraga. Tapi, itu saja tak cukup. Kamu perlu melengkapinya dengan makanan lain, misalnya bagel, yogurt, nasi atau ayam.

Jadi, sudah jelas kan mana makanan yang bisa mengembalikan stamina setelah kita berolahraga? Jangan sampai salah makan ya, supaya olahragamu tidak sia-sia. 

Baca Juga: Terjawab! Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Cokelat Lumer di Mulut Kita

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya