Comscore Tracker

5 Dessert Khas Afrika yang Jarang Diketahui, Bisa untuk Menu Berbuka!

Kelezatannya tak kalah dengan dessert dari benua lain lho

Membahas mengenai kuliner, sudah tentu setiap benua dan negara memiliki perbedaan dan keunikannya tersendiri. Tak hanya mengenai olahan utamanya, namun juga menu penutup yang biasa disebut sebagai dessert. 

Bila olahan penutup khas Asia dan Eropa sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas, maka berbeda halnya dengan Afrika. Padahal, cita rasa yang disajikan juga lezat, lho. 

Jika kamu sedang mencari menu berbuka puasa yang unik dan tak biasa, beberapa menu penutup khas Afrika ini dapat menjadi salah satu idenya. 

1. Mandazi

5 Dessert Khas Afrika yang Jarang Diketahui, Bisa untuk Menu Berbuka!flohskitchen.com

Menu pertama hadir dari Afrika Timur yang menyajikan olahan lezat berbentuk roti goreng. Menu penutup ini bercita rasa manis dengan tekstur yang lembut saat dinikmati.

Meski sudah bercita rasa manis, namun penambahan topping pada menu ini dapat menjadi salah satu opsi yang kamu pilih. Namun, mandazi tanpa topping pun sebenarnya sudah sangat lezat. 

2. Caakiri

5 Dessert Khas Afrika yang Jarang Diketahui, Bisa untuk Menu Berbuka!pudforallseasons.com.au

Bila kamu menyukai olahan puding, maka menu yang satu ini sangat cocok untuk kamu nikmati.

Olahan puding beras khas Afrika Barat ini sebenarnya mirip dengan yang ada di Timur Tengah, yaitu terbuat dari biji-bijian. Bahan utama yang tersaji kemudian akan dicampur dengan bahan-bahan lain seperti yogurt, susu evaporasi, gula, vanila, dan krim asam. Penyajiannya pun dapat hangat atau dingin sesuai selera. 

Baca Juga: 8 Dessert Dingin Khas Asia yang Bisa Dinikmati Berulang Kali, Mantap!

3. Peppermint crisp fridge tart

5 Dessert Khas Afrika yang Jarang Diketahui, Bisa untuk Menu Berbuka!briefly.co.za

Hidangan penutup ini merupakan salah satu yang paling populer di Afrika Selatan. Menu ini biasa disajikan dingin karena biasa disimpan di lemari es selama 3 jam bahkan hingga semalaman.

Menu penutup ini merupakan olahan biskuit yang disusun dengan menambahkan krim kocok dan karamel pada setiap lapisannya. Melalui bahan-bahan yang digunakan saja, sudah dapat ditebak bahwa olahan ini bercita rasa manis. 

4. Koeksisters

5 Dessert Khas Afrika yang Jarang Diketahui, Bisa untuk Menu Berbuka!sydneycafes.com.au

Menu penutup khas Afrika ini sebenarnya merupakan olahan sempurna bila dipadukan dengan secangkir teh hangat. Olahan ini merupakan adonan manis yang digoreng dan diberi siraman sirup, kemudian ditambah kayu manis, lemon, dan jahe.

Untuk menjaga agar konsistensi dan tekstur pada olahan ini tetap terjaga, maka biasanya disimpan terlebih dahulu di lemari pendingin. 

5. Melktert

5 Dessert Khas Afrika yang Jarang Diketahui, Bisa untuk Menu Berbuka!outinafrica.com.na

Menu ini tak hanya populer di negara asalnya, yaitu Afrika Selatan. Namun, juga populer di seluruh daratan Afrika hingga terdapat Hari Nasional Tart Susu yang jatuh pada tanggal 27 Februari.

Seperti namanya, olahan ini memang berupa tart susu manis yang dibuat dengan tambahan telur dan tepung. Memiliki tekstur lembut layaknya krim yang meleleh di mulut, tambahan kayu manis pada topping tart ini juga semakin memantapkan cita rasa pada menu ini. 

Beberapa olahan penutup khas Afrika di atas memiliki cita rasa tersendiri yang membuatnya unik dan lezat. Tentu cocok untuk kamu yang sedang mencari menu berbuka yang tak biasa. Mana yang paling bikin penasaran?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Unik Masjid Amru bin Ash di Mesir, Tertua se-Benua Afrika!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya