Comscore Tracker

5 Fakta Menarik tentang Bubur Ayam yang Perlu Kamu Tahu, Unik Banget!

Ada yang gak bisa sarapan tanpa bubur ayam?

Bubur ayam dikenal sebagai menu makanan yang sangat populer dan paling umum dikonsumsi sebagai menu sarapan. Sesuatu namanya, bubur yang terbuat dari nasi halus ini menggunakan ayam suwir sebagai salah satu bahannya.

Ada banyak sekali pedagang yang menjajakan menu bubur ini, apalagi kamu dapat mencicipinya dalam versi yang lebih pedas.

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja fakta unik dan menarik dari bubur ayam, yuk simak.

1. Konon sarapan bubur membuat lapar di siang hari

5 Fakta Menarik tentang Bubur Ayam yang Perlu Kamu Tahu, Unik Banget!resepbundahaifa.com

Kamu mungkin sering mendengar banyak orang yang mengatakan bahwa mengonsumsi bubur sebagai menu sarapan dapat membuat mudah lapar pada saat siang harinya. Tentunya hal ini masih menjadi sesuatu yang diperdebatkan karena banyak faktor yang dapat memengaruhi seseorang menjadi lebih mudah lapar, salah satunya adalah aktivitas yang mereka lakukan. Meski begitu, hal tersebut masih menjadi ciri khas dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar mengonsumsi bubur.

2. Memiliki banyak topping

5 Fakta Menarik tentang Bubur Ayam yang Perlu Kamu Tahu, Unik Banget!id.wikipedia.org

Bubur ayam tak seperti jenis bubur lainnya yang biasanya menggunakan banyak bahan selama proses pembuatan. Pada dasarnya bubur ayam hanyalah menggunakan nasi lunak, ayam suwir, dan kecap. Namun, hal-hal yang membuat menu ini lebih menarik dan lezat adalah topping yang digunakan. Sebut saja seperti kacang, emping, irisan daun bawang, bawang goreng, seledri, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Bubur Ayam yang Simpel, tapi Enak

3. Kerupuk menjadi ciri khasnya

5 Fakta Menarik tentang Bubur Ayam yang Perlu Kamu Tahu, Unik Banget!pinterest.com

Tak hanya karena kebiasaan makan orang Indonesia yang tak bisa lepas dari kerupuk, namun memang rasanya bubur ayam tanpa kerupuk seakan belum lengkap. Hal ini kemudian membuat olahan bubur terasa lebih lezat dengan renyahnya kerupuk yang digunakan. Apalagi bila kerupuk yang digunakan lunak karena kuah dari bubur ayam.

4. Bisa disajikan dengan sate-satean dan sambal

5 Fakta Menarik tentang Bubur Ayam yang Perlu Kamu Tahu, Unik Banget!jajanbeken.com

Kamu pasti akan menemukan bahwa pada beberapa perdagangan biasanya disediakan varian sate-satean yang banyak. Sebut saja seperti sate usus, ampela, hati, kulit ayam, atau telur puyuh. Selain itu, hal unik lainnya adalah pilihan untuk menambahkan sambal pada menu bubur ayammu. 

5. Bubur diaduk vs bubur tidak diaduk

5 Fakta Menarik tentang Bubur Ayam yang Perlu Kamu Tahu, Unik Banget!gastronomy-aficionado.com

Hal yang satu ini masih jadi perdebatan banyak orang ketika menentukan apakah bubur ayam sebaiknya disantap dengan cara mengaduknya atau tidak. Bagi sebagian orang, mengaduk bubur akan membuat cita rasa dan toppingnya semakin menyatu sehingga lezat bila dikonsumsi. Namun, bagi beberapa orang justru lebih baik tak mengaduknya agar tampilan bubur tetap estetik.

Nah, aneka fakta menarik dari bubur ayam di atas mungkin cukup membuat perut keroncongan. Apapun cara penyajian bubur ayam, entah itu diaduk atau tidak aduk, namun esensi hangat ala sarapan rumahan sangat terasa, bukan?

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Bubur Lezat yang Wajib Kamu Cicipi, Bikin Lapar!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya