Comscore Tracker

Yuk Kenalan 7 Bubur Tradisional Khas Indonesia yang Bikin Keroncongan

Bikin makin lahap makannya, deh

Bubur dikenal sebagai jenis makanan yang memiliki tekstur lembut, umumnya sedikit berkuah atau memiliki konsistensinya yang lebih kental.

Tak perlu jauh-jauh melihat bubur dari luar negeri, di Indonesia sendiri justru ada banyak sekali ragam bubur yang dapat dicicipi. Semua bubur tersebut memiliki cita rasa dan aneka bahan berbeda yang digunakan.

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja jenis bubur yang ada di Indonesia, berikut tujuh daftarnya.

1. Bubur ayam

Yuk Kenalan 7 Bubur Tradisional Khas Indonesia yang Bikin Keronconganzomato.com

Siapa yang tak kenal dengan olahan bubur ini? Bubur ayam terbuat dari nasi yang dihaluskan. Selain itu, ada pula tambahan kuah khas dan kecap untuk menambah cita rasa. Untuk topping-nya sudah tentu suwiran ayam, kacang, bawang goreng, dan irisan daun bawang yang semakin melesatkan menu ini.

2. Bubur sumsum

Yuk Kenalan 7 Bubur Tradisional Khas Indonesia yang Bikin KeronconganYoutube/Dapur Bu Haji

Olahan bubur sumsum paling populer dikonsumsi dan dicari oleh banyak orang pada saat bulan ramadan. Bubur ini terbuat dari tepung beras yang bertekstur semi padat dan kental. Penyajiannya juga bersama dengan kuah dari gula merah cair. Jangan lupa dengan aroma duan pandan yang sangat terasa.

3. Bubur ketan hitam

Yuk Kenalan 7 Bubur Tradisional Khas Indonesia yang Bikin KeronconganYoutube/Dapur Dina

Sesuai namanya memang jenis bubur ini terbuat dari ketan hitam. Teksturnya sangat kental dengan sensasi rasa yang manis. Selain itu, panyajiannya juga biasa didampingi dengan kuah santan yang gurih untuk menetralkan cita rasa manis pada ketan hitam.

Baca Juga: Resep Bubur Ayam Khas Cianjur yang Nikmat, Dijamin Bikin Laper

4. Bubur kacang hijau

Yuk Kenalan 7 Bubur Tradisional Khas Indonesia yang Bikin KeronconganYoutube/Tastemade Indonesia

Biasanya di mana ada bubur ketan hitam, maka di situ ada bubur kacang hijau. Memang kacang hijau dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan menu bubur ini. Santan dan gula merah menjadi salah satu bahan terpenting pada proses pembuatannya. Daun pandan yang ditambahkan di dalamnya mampu memberikan sensasi rasa yang lezat.

5. Bubur mutiara

Yuk Kenalan 7 Bubur Tradisional Khas Indonesia yang Bikin Keronconganblog.sayurbox.com

Bubur mutiara juga sangat populer pada saat ramadan karena memang sering dijadikan takjil untuk menu berbuka puasa. Menu ini menggunakan biji-biji mutiara yang berwarna dan kemudian mencampurkannya dengan santan gurih. Ada pula penambahan gula dan daun pandan agar lebih manis, serta harum.

6. Bubur candil

Yuk Kenalan 7 Bubur Tradisional Khas Indonesia yang Bikin KeronconganYoutube/Hernings Kitchen

Keunikan bubur yang satu ini memang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Candil dikenal sebagai bola-bola kecil yang biasanya terbuat dari ubi. Biasanya bola-bola kecil ini dipadukan dengan kuah santan dan gula merah yang manis, serta menggugah selera.

7. Bubur manado

Yuk Kenalan 7 Bubur Tradisional Khas Indonesia yang Bikin Keronconganreview.bukalapak.com

Bubur manado juga merupakan salah satu jenis bubur yang lezat dan populer di Indonesia. Bubur ini berisikan beberapa bahan selain nasi halus, yaitu labu kuning, ketela pohon, kangkung, bawang goreng, ikan asin, dan sambal. Tentunya paling enak menyajikan menu ini selagi panas.

Nah, kamu tentunya dapat melihat bahwa Indonesia memiliki banyak sekali aneka bubur yang lezat, baik itu yang bercita cara manis atau pun gurih. Mana yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: Resep Masak Bubur Suro yang Lembut, Menu Sarapan yang Nyaman

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya