Comscore Tracker

5 Tips Merawat Tanaman Hias untuk Pemula, Bisa Jadi Hobi Baru!

Cocok untuk kamu yang gemar mengoleksi tanaman hias

Pada saat pandemi ini memang banyak orang yang dituntut untuk berada di rumah bila tak memiliki urusan yang mendesak. Hal tersebut memunculkan banyak hobi-hobi baru yang juga bisa dilakukan di rumah.

Salah satunya adalah hobi merawat tanaman hias. Lalu, bagaimana cara perawatan untuk tanamam hias bagi para pemula? Simak dulu caranya di sini, yuk!

1. Memilih jenis tanaman yang pas

5 Tips Merawat Tanaman Hias untuk Pemula, Bisa Jadi Hobi Baru!carousell.sg

Ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih jenis tanaman yang kamu butuhkan. Kamu bisa menyesuaikan jenis tanaman dengan kebutuhannya dan juga sesuai seleramu. Dengan begitu, maka kamu pun dapat memperoleh jenis tanaman yang tepat.

2. Simpan di lokasi yang tepat

5 Tips Merawat Tanaman Hias untuk Pemula, Bisa Jadi Hobi Baru!pebblemag.com

Kamu juga perlu tahu bahwa penempatan tanaman hias juga memerlukan banyak pertimbangan, salah satunya adalah tempat yang memiliki sinar matahari. Pemilihan tempat yang terkena sinar matahari baik memang sangat cocok untuk membuat tanaman hias tumbuh subur. Dengan begitu, kebutuhan sinar matahari pada tumbuhan pun terpenuhi dengan baik.

Baca Juga: 6 Tips Menyelamatkan Tanaman Hias Kesayangan Setelah Hujan Deras

3. Menyiram dan memberi pupuk secara berkala

5 Tips Merawat Tanaman Hias untuk Pemula, Bisa Jadi Hobi Baru!bhg.com

Tak hanya sinar matahari, tanaman hias juga membutuhkan air dan pupuk untuk tumbuh dengan baik. Siram air secara rutin dan jangan menyiramnya hingga basah semua karena akan membuat tanaman jadi mudah rusak. Untuk pupuk, gantilah sekitar 2 minggu sekali.

4. Menjaga kebersihan tanaman

5 Tips Merawat Tanaman Hias untuk Pemula, Bisa Jadi Hobi Baru!Pexels.com/Huy phan

Di sela waktu senggang, biasakan untuk mengecek kondisi tanaman yang ada di rumah. Perhatikan apabila terdapat kotoran atau pun bercabang secara tak rapih. Jagalah kebersihan dan juga pangkas secara berkala agar tak tampak berantakan.

5. Mengganti pot secara berkala

5 Tips Merawat Tanaman Hias untuk Pemula, Bisa Jadi Hobi Baru!piqsels.com

Tak banyak yang tahu bahwa pot menjadi bagian terpenting yang harus dijaga dalam kualitas tanaman hias. Salah satu syarat terpenting untuk menjaga kualitas tanaman hias adalah dengan mengganti potnya secara berkala. Hal tersebut selain untuk menjaga kebersihan tanaman hias, namun juga untuk menjaga kelembapannya.

 

Dengan cara-cara di atas, maka para pemula pun dapat belajar bercocok tanam untuk tanaman hias dengan mudah. Mudah banget, bukan?

Baca Juga: 9 Rekomendasi Pot Tanaman yang Estetis, Banyak Diburu nih!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya