Comscore Tracker

5 Bahan Alternatif Pengganti MSG untuk Makanan, Tetap Lezat dan Sehat!

Konsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk pada tubuh

MSG merupakan bahan yang banyak digunakan untuk masakan ataupun olahan kemasan. Tujuan dari penambahan MSG adalah untuk memberikan sentuhan cita rasa yang lebih gurih dan lezat.

Namun, mengonsumsi MSG dalam kadar yang berlebihan justru hanya akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu beberapa bahan alternatif untuk menggantikan peran MSG.

Untuk kamu yang penasaran apa saja bahan alternatif pengganti MSG, berikut lima daftarnya.

1. Garam

5 Bahan Alternatif Pengganti MSG untuk Makanan, Tetap Lezat dan Sehat!essencenutritionmiami.com

Penggunaan garam khususnya garam laut juga dapat bermanfaat untuk menggantikan peran MSG. Garam dapat membantu memberikan sentuhan cita rasa yang gurih dan tentunya lezat untuk masakan. Namun, porsi penggunaannya harus diperhatikan agar tak berlebihan.

2. Konsentrat produk olahan susu

5 Bahan Alternatif Pengganti MSG untuk Makanan, Tetap Lezat dan Sehat!thepioneerwoman.com

Ada beberapa konsentrat produk olahan susu seperti krim keju atau enzim butter yang dapat kamu manfaatkan sebagai pengganti MSG. Bahan-bahan tersebut dapat memberikan sentuhan cita rasa yang gurih dan tentunya lezat. Penggunaan kadarnya juga harus disesuaikan dengan porsi yang ada.

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengandung Rasa Umami Alami, Tak Perlu Tambahan MSG

3. Tomat

5 Bahan Alternatif Pengganti MSG untuk Makanan, Tetap Lezat dan Sehat!simplyrecipes.com

Tak perlu susah-susah mencari bahan pengganti MSG apabila kamu memiliki tomat di rumah. Tambahkan saja tomat ke dalam menu masakan yang kamu buat. Tomat dapat memberikan sensasi rasa yang kuat dan tentunya menggugah selera.

4. Jamur

5 Bahan Alternatif Pengganti MSG untuk Makanan, Tetap Lezat dan Sehat!medicalnewstoday.com

Tak hanya dapat dijadikan bahan alternatif pengganti daging, namun olahan jamur juga sangat cocok dikonsumsi sebagai penyedap makanan. Jamur memiliki sensasi rasa yang tak kalah lezat dan kuat sehingga cocok bila dijadikan bahan pengganti MSG. Bahkan, saat ini sudah banyak bahan penyedap berbahan jamur yang tersedia secara instan.

5. Kedelai

5 Bahan Alternatif Pengganti MSG untuk Makanan, Tetap Lezat dan Sehat!medicalnewstoday.com

Penambahan kedelai sebagai salah satu rempah dalam masakan memang sudah dilakukan khususnya untuk aneka menu Chinese. Tak dapat dimungkiri bahwa memang sentuhan cita rasa dari kedelai sangat tepat bila dikombinasikan dengan aneka menu. Selain itu, bahan ini juga dapat dijadikan alternatif pengganti MSG.

Nah, aneka bahan di atas tentunya dapat kamu jadikan bumbu masakan pengganti MSG dengan sensasi rasanya yang tak kalah melezatkan bagi masakan. Kurangi pengonsumsian MSG, ya!

Baca Juga: 5 Bumbu Oles untuk Jagung Bakar, Lezatnya Nagih!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya