Comscore Tracker

5 Tips Memilih Janur untuk Bungkus Ketupat, Berkualitas Baik!

Bisa bikin ketupatmu semakin lezat maksimal

Sebagai masyarakat Indonesia, sudah tentu ketupat merupakan salah satu jenis makanan yang populer khususnya di hari raya. Padahal, kamu sendiri dapat membuat ketupat kapan pun kamu mau.

Salah satu bahan terpenting dalam membuat ketupat adalah anyamannya yang terbuat dari janur. Penggunaan janur yang berkualitas baik akan memengaruhi kualitas dari ketupat pula.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips memilih janur yang tepat, berikut lima daftarnya.

1. Pastikan janur memiliki ukuran yang sesuai satu sama lain

5 Tips Memilih Janur untuk Bungkus Ketupat, Berkualitas Baik!nu.or.id

Disarankan untukmu menggunakan janur yang memiliki ukuran seragam atau sama antara satu dan lainnya. Selain itu, kamu juga dapat menghindari ukuran janur yang terlalu besar. Hal ini karena akan membuat tampilan ketupat menjadi tak bagus.

2. Pastikan janur berwarna kuning muda

5 Tips Memilih Janur untuk Bungkus Ketupat, Berkualitas Baik!blog.alfacart.com

Apabila memilih janur dengan kualitas baik, kamu dapat memilih yang berwarna kuning muda. Hal ini karena teksturnya lebih lembut dan tampak lebih bersih saat dilihat.

Jangan tergoda untuk memilih janur berwarna hijau karena hanya akan memberikan warna kecokelatan pada ketupat. Sudah tentu warna dan cita rasanya akan berbeda.

Baca Juga: Tak Hanya Sekedar Makanan, Ketupat ternyata Mempunyai Makna Penting  

3. Pilih janur yang mulus dan tak kotor

5 Tips Memilih Janur untuk Bungkus Ketupat, Berkualitas Baik!amethystaiko.com

Janur tak semuanya mulus atau pun rapih, beberapa diantaranya justru berlubang atau bahkan kotor. Oleh sebab itu, kamu dapat memilih jenis janur yang memiliki permukaan lembut dan mulus. Hal ini karena nantinya akan memberikan hasil yang lebih maksimal.

4. Anyamlah ketupat secara rapi

5 Tips Memilih Janur untuk Bungkus Ketupat, Berkualitas Baik!beritagar.id

Tak semua orang dapat membuat ketupat karena membutuhkan keahlian khusus. Menganyam janur per janur sudah tentu menjadi tantangan tersendiri. Oleh sebab itu, kamu harus menganyam secara rapih agar nantinya hasil ketupat jadi jauh lebih bagus. Ketupat milikmu pun jadi tampak lebih rapih dan tidak berantakan.

5. Jangan lupa mencuci janur

5 Tips Memilih Janur untuk Bungkus Ketupat, Berkualitas Baik!putlocker-xxi.com

Hal utama yang harus dilakukan dan tidak boleh dilewatkan adalah proses pencucian janur. Disarankan untukmu tidak hanya mencuci janur sebelum dianyam, namun juga setelah terbentuk ketupat. Tentunya dengan begitu, maka ketupatmu akan terhindar dari kotoran.

Nah, itulah beberapa tips yang tepat untuk memilih janur sebelum dianyam menjadi ketupat. Hasilnya pun akan lebih maksimal dan lezat. Sangat mudah, bukan?

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Lontong,  Lezat dan Nikmat buat Sarapan! 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya