Comscore Tracker

5 Tips Menggunakan Air dengan Cerdas di Dapur, Tetap Hemat Ya! 

Sepele sih, tapi bila bisa berhemat tentu lebih baik 

Air merupakan salah satu hal wajib bagi manusia. Fungsinya sebagai air minum, mandi, atau pun mencuci membuat air memiliki peranan terpenting di dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Tak terkecuali untuk urusan dapur. Aktivitas memasak pasti lah membutuhkan banyak air, baik untuk memasak atau pun mencuci piring. Hal ini membuat banyak orang rentan boros air selama di dapur.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips cerdas dalan menggunakan air selama di dapur, berikut lima daftarnya! 

1. Hindari mencairkan olahan beku dengan air 

5 Tips Menggunakan Air dengan Cerdas di Dapur, Tetap Hemat Ya! Unsplash/Sebastian Holgado

Banyak orang yang salah dalam mencairkan olahan beku, yaitu dengan menambahkan air khususnya air panas. Kebiasaan semacam ini harus dihentikan. Bila kamu ingin mengolah bahan beku, maka biasakan untuk memindahkan olahan beku tersebut ke bagian bawah kulkas. Jika kamu sedang buru-buru, maka dapat menggunakan microwave. 

2. Mengukus makanan, alih-alih merebusnya 

5 Tips Menggunakan Air dengan Cerdas di Dapur, Tetap Hemat Ya! Unsplash/MILKOVÍ

Memang terkesan sepele, namun merebus air membutuhkan lebih banyak air, apalagi bila makanannya dalam jumlah yang banyak. Oleh sebab itu, kamu dapat mengubah tekniknya dengan mengukus. Selain lebih hemat air, mengukus pun dapat membantu dalam menjaga nutrisi di dalam sayuran. 

Baca Juga: 5 Tips Memasak yang Masih Jarang Diketahui, Memudahkan Urusan Dapur!

3. Sesuaikan ukuran panci dengan jumlah bahan makanan 

5 Tips Menggunakan Air dengan Cerdas di Dapur, Tetap Hemat Ya! Unsplash/Uwe Conrad

Hal yang satu ini juga sepele, namun wajib diperhatikan bila ingin menggunakan air dengan cerdas. Pastikan untuk menyesuaikan ukuran panci dengan jumlah bahan makanan karena hal ini juga akan membantumu dalam menghemat air. Menggunakan panci yang terlalu besar untuk bahan makanan yang terlampau sedikit hanya akan membuatmu boros air. 

4. Rendam cucian piring 

5 Tips Menggunakan Air dengan Cerdas di Dapur, Tetap Hemat Ya! Unsplash/Annie Spratt

Siapa yang masih boros dalam menggunakan air saat mencuci piring? Sebagian orang mencuci piring di bawah air mengalir sebanyak dua kali, yaitu pada saat mencucinya dengan sabun dan membilasnya. Hal ini tentu saja boros air.

Kamu dapat mensiasatinya dengan cara meletakan alat-alat makan kotor di dalam wadah besar dan merendamnya beberapa saat dengan menggunakan sabun. Setelah mengganggu beberapa saat, kamu dapat mulai mencucinya dan membilasnya dalam satu waktu.

5. Tampung air bekas cucian untuk menyiram tanaman 

5 Tips Menggunakan Air dengan Cerdas di Dapur, Tetap Hemat Ya! Unsplash/Tony Pham

Jangan biarkan air cucian piringmu sia-sia dan berakhir begitu saja di dalam wastafel. Kamu dapat menampung air bekas cucian dan gunakan lah untuk menyiram tanaman di luar. Tentu dengan begitu, maka tak ada air yang terbuang sia-sia. 

Nah, beberapa tips menggunakan air dengan cerdas di atas semoga dapat membantumu dalam mengelola air dengan tepat. Yuk, praktikan!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 6 Alat Masak Utama yang Harus Ada di Dapur, Masakan Jadi Maksimal!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya