Comscore Tracker

5 Tips Memasak yang Masih Jarang Diketahui, Memudahkan Urusan Dapur!

Memasak jadi gak merepotkan dan lebih gampang! 

Memasak merupakan aktivitas yang dilakukan sehari-hari guna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari. Tak sesederhana seperti kedengarannya, memasak justru memiliki teknik atau pun hal-hal yang justru terbilang menyulitkan apabila tak dapat dikendalikan dengan baik. Tentunya, perlu ada pemahaman secara jelas agar proses memasak pun dapat berjalan secara lancar. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips memasak yang masih sangat jarang diketahui, berikut lima daftarnya! 

1. Meletakan spatula di atas panci agar tak meluap airnya

5 Tips Memasak yang Masih Jarang Diketahui, Memudahkan Urusan Dapur!food-hacks.wonderhowto.com

Pernah kah kamu merasakan permasalahan dari luapan air pada panci? Bila iya, maka kamu pasti kerepotan dalam membersihkan sisa-sisa taburan air yang meluap. Permasalahan seperti ini memang umum terjadi pada saat proses merebus. Cara menyiasatinya adalah dengan meletakkan spatula pada atas wajan. Ini bertujuan untuk membantu uap-uap panas menguap dengan maksimal dan tidak menyebabkan rebusan air meluap kembali.

2. Mengupas wortel hingga benar-benar bersih sebelum dimasak agar warnanya terjaga

5 Tips Memasak yang Masih Jarang Diketahui, Memudahkan Urusan Dapur!Unsplash/Harshal S. Hirve

Wortel merupakan salah satu jenis sayur yang memiliki warna memikat sehingga sangat cocok bila menjadi pancingan untuk anak-anak agar gemar mengonsumsinya. Seringkali banyak orang yang malas membersihkan wortel sehingga hanya sekedas mengerok wortel secara sembarang dengan menggunakan pisau.

Hal ini justru hanya akan membuat wortel memiliki warna yang tak bagus dan juga bisa jadi masih ada kotoran yang menempel. Oleh sebab itu, maka pastikan untuk membersihkan kulit wortel hingga benar-benar bersih agar saat matang nanti memiliki warna yang bagus. 

Baca Juga: 7 Tips Memilih dan Memasak Terung dengan Benar, biar Gak Lembek Banget

3. Simpan nanas secara terbalik agar matang maksimal

5 Tips Memasak yang Masih Jarang Diketahui, Memudahkan Urusan Dapur!Unsplash/Bence Balla-Schottner

Meski tak begitu jelas alasannya, namun banyak orang yang mengatakan bahwa nanas kupas sebaiknya diletakan secara terbalik. Alasan yang mendasarinya adalah agar nanas tersebut dapat matang secara merata. Tentu tak ada salah salahnya bila kamu tertarik untuk membuktikannya. 

4. Membungkus ujung pisang agar tak busuk

5 Tips Memasak yang Masih Jarang Diketahui, Memudahkan Urusan Dapur!Unsplash/Giorgio Trovato

Kamu suka menyimpan stok buah-buahan seperti pisang di rumah? Bila iya, maka tips yang satu ini patut kamu perhatikan. Pisang memang cenderung cepat membusuk bila tak segera dikonsumsi. Oleh karenanya, kamu dapat mensiasati hal tersebut dengan membungkus ujung pisang dengan menggunakan plastik. Hal ini bertujuan agar pisang senantiasa dapat awet dan tidak busuk. 

5. Gunakan sendok centong untuk telur mata sapi sempurna

5 Tips Memasak yang Masih Jarang Diketahui, Memudahkan Urusan Dapur!Unsplash/wenping wang

Bila kamu merupakan salah satu orang yang menggemari telur mata sapi, pastinya aktivitas dalam membuat olahan tersebut menjadi rutinitas tersendiri bagimu. Kadang kala membuat telur mata sapi tak semudah kelihatannya, sebaliknya jika tidak tepat justru kuning telur akan hancur. Kamu dapat membentuk telur mata sapi yang bagus dengan menggunakan sendok centong. Caranya cukup dengan menuangkan putih telur terlebih dahulu, selanjutnya kuning telur diletakan di atasnya menggunakan sendok centong. 

Nah, beberapa tips di atas semoga dapat membantumu dalam menyelesaikan permasalahan yang sering ada di dapur. Selamat memasak! 

Baca Juga: 5 Tips Memasak Praktis dan Seru Selama Bulan Ramadan ala Yummy

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya