Comscore Tracker

Selain Pizza dan Pasta, 6 Makanan Italia ini Tak Kalah Lezat, lho! 

Ada nasi, roti, dan es krim yang menggugah selera 

Italia selain terkenal dengan seni dan bangunan bersejarahnya, juga terkenal akan cita rasa makanannya. Pizza dan pasta adalah dua jenis makanan dari Italia yang mendunia, dan menjadi makanan wajib yang harus dicoba jika kamu mengunjungi negara tersebut.

Selain pizza dan pasta, ternyata ada banyak makanan Italia lain yang juga tidak kalah lezat, lho. Ciri khas makanan dari negeri ini adalah kesederhanaannya. Hanya dengan menggunakan 4 sampai 8 bahan saja, makanan nan lezat sudah bisa terhidang. Yang terpenting dari makanan Italia adalah kualitas bahan yang dipakai harus yang terbaik.

Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui makanan lezat apalagi yang terkenal di Italia selain pizza dan pasta!

1. Risotto

Selain Pizza dan Pasta, 6 Makanan Italia ini Tak Kalah Lezat, lho! ilustrasi risotto (insanelygoodrecipes.com)

Risotto adalah nasi yang dimasak dengan kaldu hingga menghasilkan tekstur creamy. Kaldu yang dipakai bisa berasal dari daging, ikan atau sayuran. Hidangan ini berasal dari Italia Utara.

Jenis beras yang dipakai untuk membuat risotto biasanya adalah yang berbiji pendek. Jenis ini umumnya kaya pati dan menghasilkan tekstur yang lengket dan creamy yang sesuai dengan tampilan risotto. Hidangan ini mudah dibuat kok, tapi membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil akhir yang lezat dan menggugah selera.

2. Panini

Selain Pizza dan Pasta, 6 Makanan Italia ini Tak Kalah Lezat, lho! ilustrasi panini (freepik.com/timolina)

Panini adalah roti lapis atau sandwich ala Italia. Panini terbuat dari roti yang utuh, bukan roti yang dipotong seperti sandwich dari Amerika.

Roti panini biasanya dipanggang. Di dalam roti dapat diisi daging, keju, sayuran dan bahan-bahan lainnya sesuai selera pembuatnya. Jika hanya mempunyai sedikit waktu untuk makan, panini adalah makanan yang cocok karena mudah dan cepat dibuat, tapi tetap enak dan sehat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Kaki Lima Legendaris di Surabaya, Enaknya Pol!

3. Gnocchi

Selain Pizza dan Pasta, 6 Makanan Italia ini Tak Kalah Lezat, lho! ilustrasi gnocchi (pexels.com/Maria Bortolotto)

Gnocchi adalah hidangan yang terbuat dari kentang yang dihancurkan, tepung dan telur. Adonan dari ketiga bahan tersebut kemudian dibuat memanjang seperti tali kecil dan dipotong-potong sepanjang kira-kira 1 inci. Potongan-potongan kecil itu lalu direbus dalam air panas yang sudah diberi garam.

Saus yang digunakan sebagai topping untuk gnocchi bisa bermacam-macam. Bisa dengan saus tomat yang ditaburi keju mozarela di atasnya atau bisa juga dengan saus bolognese. Kamu juga bisa menambahkan sayuran brokoli, kacang polong atau asparagus sebagai topping.

4. Cannoli

Selain Pizza dan Pasta, 6 Makanan Italia ini Tak Kalah Lezat, lho! ilustrasi cannoli (lacucinaitaliana.com)

Makanan pencuci mulut khas Italia ini terbuat dari  adonan pastri yang digoreng dan dibentuk seperti tabung yang berlubang. Kulitnya yang garing dengan isian yang manis menjadikan makanan ini sungguh menggoda!

Isian dari cannoli biasanya mengandung ricotta, sejenis keju yang terbuat dari sisa hasil pengolahan keju lain. Isian umum lainnya adalah krim kocok yang membuat cannoli terasa ringan, lembut dan creamy. Sentuhan terakhir bisa ditutup dengan kepingan coklat mini, kacang pistachio yang sudah dipotong-potong atau cukup dicelup ke dalam coklat. Enak banget!

5. Bruschetta

Selain Pizza dan Pasta, 6 Makanan Italia ini Tak Kalah Lezat, lho! ilustrasi bruschetta (pexels.com/Kasumi Loffler)

Makanan pembuka ini terbuat dari roti yang dipotong dan dipanggang, kemudian diberi olesan bawang putih, minyak zaitun dan potongan tomat. Resep makanan ini awalnya berasal dari Tuscany, tetapi sekarang sudah menyebar ke seluruh Italia.

Di Indonesia, bruschetta dikenal dengan nama garlic bread. Biasanya tersedia di restoran yang menyajikan pizza. Teksturnya garing dari roti yang dipanggang dan rasanya gurih dari olesan bawang putihnya. Kamu sudah pernah coba kan?

6. Gelato

Selain Pizza dan Pasta, 6 Makanan Italia ini Tak Kalah Lezat, lho! ilustrasi gelato (pexels.com/JÉSHOOTS)

Makanan favorit semua orang tanpa batasan usia. Gelato pada dasarnya adalah es krim khas Italia. Tapi, gelato tidak sama seperti es krim pada umumnya.

Gelato mengandung susu lebih banyak dan lebih sedikit krim daripada es krim pada umumnya. Gelato juga tidak menggunakan kuning telur dalam pembuatannya. Ini membuat tekstur gelato lebih creamy, lebih padat, dan lebih kaya rasa daripada es krim. Asyiknya lagi, gelato lebih sehat karena kalori dan lemaknya lebih rendah dibanding es krim. 

Di antara enam makanan di atas, mana nih yang sudah pernah kamu coba? Silahkan cari resep-resep makanan tersebut di internet dan kamu akan lihat bahwa semua makanan tersebut mudah dan praktis untuk dibuat. Jadi gak perlu jauh-jauh ke Italia untuk mencicipinya, kamu bisa buat sendiri kok!

Baca Juga: 5 Olahan Melting Moment, Kreasi Kukis Praktis dengan Krim Isi

Umara Sri Photo Verified Writer Umara Sri

senang desain, suka foto, hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya