Comscore Tracker

7 Kuliner Legendaris Ini Bisa Kamu Temukan di Penjuru Indonesia

Kuliner ini memang populer di masyarakat

Indonesia adalah negara yang kaya akan segalanya, mulai dari suku, budaya, agama, dan ras. Bahkan yang paling unik adalah kekayaan kuliner khas nusantara dari berbagai daerah yang siap menggoyang lidah siapa saja yang ingin mencoba.

Di Indonesia juga ternyata ada beberapa kuliner khas yang telah berhasil merebut hati jutaan masyarakat sehingga sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Mau tahu makanan apa saja itu? Simak ulasan berikut ini.

1. Bakso

7 Kuliner Legendaris Ini Bisa Kamu Temukan di Penjuru Indonesiainstagram.com/jogjabikinlaper

Olahan bakso memang menjadi primadona kuliner legendaris Indonesia yang selalu digemari oleh masyarakat. Dengan olahan daging dan tepung berbentuk bulat serta kuah kaldu yang harum dan enak saat diseduh ditambah dengan campuran mie, sambal ataupun saos membuat makanan ini terlihat simpel tapi membuat lidah pun ikut bergoyang.

2. Nasi padang

7 Kuliner Legendaris Ini Bisa Kamu Temukan di Penjuru Indonesiainstagram.com/vivatita.vs

Sesuai dengan namanya, olahan nasi padang memang merupakan kuliner khas Indonesia yang berasal dari daerah Padang, Sumatra Barat. Meski demikian kepopuleran makanan ini ternyata mampu menyihir lidah jutaan masyarakat Indonesia dengan rasanya yang enak dan khas.

Baca Juga: 6 Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Dicicipi, Asli Lezatnya!

3. Soto

7 Kuliner Legendaris Ini Bisa Kamu Temukan di Penjuru Indonesiainstagram.com/dapur_masdams

Menurut sejarahnya makanan yang satu ini pertama kali muncul dan populer di kota Semarang lho. Tapi saat ini ada berbagai varian rasa dari berbagai daerah, misalnya salah satu yang populer yaitu Soto Makassar.  Masih banyak olahan soto lainnya yang juga dibuat khas sesui daerah tersebut. Dengan rasanya yang nikmat dari berbagai campuran rempah-rempah dan kuahnya yang kental memikat, membuat makanan yang satu ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

4. Salome

7 Kuliner Legendaris Ini Bisa Kamu Temukan di Penjuru Indonesiainstagram.com/salome.margaritha

Kuliner khas Balikpapan, Kalimantan Timur ini saat ini menjadi salah satu makanan yang sangat digemari oleh anak-anak dan tidak menutup kemungkinan, orang dewasa juga sangat menyukainya. Jajanan kuliner ini biasanya dibawa dengan menggunakan motor untuk dijajakan. Meskipun memiliki bentuk daging yang bulat seperti bakso akan tetapi penyajiannya berbeda karena ada yang menggunakan kuah kaldu dalam sebuah wadah kecil dan ada yang digoreng. Cara memakanya juga unik karena hanya menggunakan sendok kecil plastik dan sebuah tusukan bambu.

5. Cilok

7 Kuliner Legendaris Ini Bisa Kamu Temukan di Penjuru Indonesiainstagram.com/hayurangjajan

Cilok secara umum memang terlihat seperti daging bakso dan salome tetapi sebenarnya berbeda. Yang membedakan adalah pada campuran daging bulatannya yang lebih dominan adalah tepungnya dan penyajiannya berupa campuran kecap dan saos dalam sebuah plastik kecil. Kuliner khas Jawa Barat ini sekarang juga sangat digemari berbagai kalangan dan dapat dijumpai di manapun.

6. Rendang

7 Kuliner Legendaris Ini Bisa Kamu Temukan di Penjuru Indonesiainstagram.com/lilyminarosa

Kuliner olahan rendang juga merupakan salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Dengan tekstur dagingnya yang empuk saat dimakan dan campuran olahan rempah yang kental yang membaluti, membuat makanan yang satu ini sangat digemari.

7. Gule

7 Kuliner Legendaris Ini Bisa Kamu Temukan di Penjuru Indonesiainstagram.com/yokeark

Makanan khas orang Sumatra ini memang sangat memikat siapa saja yang melihatnya. Dari bentuknya yang cantik berbanding lurus dengan rasanya yang sangat enak. Olahan gule yang menjadi salah satu makanan khas Indonesia memiliki banyak varian pengolahan, ada yang menggunakan daging kambing dan ada juga yang menggunakan daging sapi.

Baca Juga: [LINIMASA] Arus Mudik Lebaran 2019, Ini Fakta dan Datanya

Abdi Maunino Photo Community Writer Abdi Maunino

Menulis dan membaca adalah cara terbaik untuk melihat dunia dari sisi yang berbeda. - fb: Abdi Mauninho - ig: @abdimauninho - Youtube: TMore Pictures

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You