Comscore Tracker

5 Kuliner Lezat Khas Turki Selain Kebab, Bikin Nagih!

Gak bisa berhenti makan, deh~

Berbicara mengenai Turki, tentu orang akan mengenalnya dengan negeri kebab. Namun, ada persepsi yang salah mengenai kebab yang ada di pikiran banyak orang sekarang ini. Kebab sebenarnya adalah sate panjang menggunakan tusukan besi. Bukan daging yang digulung.

Kebab yang kita tahu selama ini sebenarnya  dalam bahasa Turki disebut dengan Lavas Tavuk (isi daging ayam) atau Lavas Et (isi daging sapi). Nah, selain itu di Turki sendiri ada beberapa makanan yang layak kita coba selain Kebab yang kita kenal lho.

1. Köfte

5 Kuliner Lezat Khas Turki Selain Kebab, Bikin Nagih!Lezzet

Kofte adalah bakso daging yang sudah dibumbui. Rasanya cukup enak dan biasanya disajikan dengan roti seperti sandwhich atau bisa juga hanya Köfte-nya saja dibandingkan dengan nasi. Makanan ini cukup bersahabat untuk lidah orang Indonesia dan bisa dijadikan makanan alternatif jika berkunjung ke Turki.

2. Çorba

5 Kuliner Lezat Khas Turki Selain Kebab, Bikin Nagih!mucizelezzetler.com

Kalau ditanya çorba itu apa, makanan ini sebenarnya adalah sup pembuka. Orang Turki biasa menyajikan çorba itu sebelum makanan utama datang. Ada beberapa corba Arabaşı çorbası, Mantar Çorbası,İşkembe Çorbası dan lain-lainnya. Setiap jenis çorba itu memiliki rasa uniknya masing-masing. Untuk yang datang ke Turki, aku sarankan buat mencoba Arabaşı çorbası  yang bisa masuk di lidah orang Indonesia karena rasanya yang gurih.

Baca Juga: Meski Dianggap Aneh, 5 Kuliner Daging Rusa Ini Pantas Dicoba

3. Midye

5 Kuliner Lezat Khas Turki Selain Kebab, Bikin Nagih!hurriyet.com.tr

Peringatan! Makanan yang satu ini bisa bikin ketagihan lho!

Midye merupakan kerang yang diisi dengan nasi. Rasanya seperti nasi goreng, tapi yang menjadikan ini unik adalah nasinya ada di dalam daging kerangnya. Kebayang kan gimana memasukan nasi ke dalam daging kerang?

Kenapa makanan ini seperti candu? karena kita akan memakan satu per satu kerang ini. Selain rasanya yang enak, seni memakan midye sembari nongkrong juga alasan kenapa banyak orang menghabiskan uang untuk memakan midye meskipun harganya tidak terlalu mahal. Rata-rata hanya satu lira per kerang.

Berbeda jika kita berkunjung ke Izmir, penjual Midye menjualnya dengan patokan kilo dan jika dihitung-hitung bisa lebih murah jika membeli per kerangnya. Hal ini dikarenakan Izmir memilki pantai dan laut sehingga makanan laut lebih mudah ditemukan.

4. Ayran

5 Kuliner Lezat Khas Turki Selain Kebab, Bikin Nagih!haberturk.com

Minuman yang satu ini bisa dibilang salah satu minuman paling populer di Turki. Ayran merupakan yogurt yang tidak terlalu kental. Rasanya mungkin agak aneh untuk orang Indonesia tapi lama kelamaan nanti juga doyan kok. Orang Turki suka dengan minuman yang satu ini kadang kala ditabur garam untuk rasa yang lebih mantap.

5. Kokoreç

5 Kuliner Lezat Khas Turki Selain Kebab, Bikin Nagih!FCkeydal.com

Kokoreç ini kalau di Indonesia sebenarnya adalah jeroan sapi atau kambing yang sudah dibersihkan lalu dipanggang dengan perlahan bersama dengan bumbu-bumbu khas Turki sehingga menghasilkan rasa yang cukup nikmat. Gerai atau warung yang menjual kokoreç bisa ditemukan di mana saja di Turki ini.

Nah, itu dia lima makanan dan minuman Turki selain kebab (Lavas Tavuk/Lavas Et) yang tak kalah enak. Jadi kalau kamu berkunjung ke Turki, pastikan mencoba ya.

Baca Juga: 5 Resep Kebab Sederhana yang Bisa Kamu Bikin di Rumah, Dijamin Lezat

Adli Hazmi Photo Community Writer Adli Hazmi

Perfectionist Gemini

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You