Comscore Tracker

8 Cara Unik Menikmati Kentang Goreng dari Berbagai Negara di Dunia

Pasangan kentang goreng bukan cuma saus tomat saja, lho

Kentang telah dikonsumsi oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Selain mengenyangkan, rasanya juga sangat lezat. Setiap tahunnya, ada 300 juta ton kentang yang dipanen untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia di seluruh dunia.

Salah satu olahan kentang yang paling populer adalah kentang goreng. Bahkan di Indonesia, hidangan ini menjadi primadona di antara kuliner khas negara Barat lainnya. Semua orang menyukai rasanya dan harganya pun sangat terjangkau.

Kentang goreng dicocol ke saus tomat saja sebenarnya sudah enak. Tapi ternyata ada banyak cara lain untuk menikmati jajanan tersebut. Yuk, cari tahu bagaimana orang-orang di negara lain menikmati kentang goreng.

1. Fish and chips (Inggris)

8 Cara Unik Menikmati Kentang Goreng dari Berbagai Negara di Duniatasteslovely.com

Dimulai dari hidangan yang sangat populer dan mendunia, yaitu fish and chips. Seperti namanya, sajian ini berbahan kentang dan ikan yang digoreng.

Teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam inilah yang membuat fish and chips digemari banyak orang. Perasan lemon, saus, acar, dan salad ditambahkan untuk menambah cita rasa.

2. Patatje oorlog (Belanda)

8 Cara Unik Menikmati Kentang Goreng dari Berbagai Negara di Duniatarasmulticulturaltable.com

Siapa sangka jika bumbu kacang yang biasa disiram di atas sate cocok menjadi teman makan kentang goreng? Di Belanda, patatje oorlog adalah jajanan populer yang terdiri dari kentang goreng, bumbu kacang khas Indonesia, mayones, dan potongan bawang bombai.

3. Patatas brava (Spanyol)

8 Cara Unik Menikmati Kentang Goreng dari Berbagai Negara di Duniahazteveg.com

Pada umumnya, kentang goreng memiliki bentuk panjang seperti batang korek. Uniknya, patatas brava berbentuk seperti dadu. Hidangan ini cukup sederhana. Kentang yang telah digoreng langsung disiram dengan saus pedas yang terbuat dari kaldu dan paprika panggang.

4. Moules frites (Belgia)

8 Cara Unik Menikmati Kentang Goreng dari Berbagai Negara di Duniapratico-pratiques.com

Jika orang Inggris doyan menyantap kentang goreng dengan ikan, orang Belgia lebih suka menyantapnya bersama kerang. Di Belgia, kerang lebih mudah didapatkan daripada ikan. Harganya pun jauh lebih murah.

Karena enak dan terjangkau untuk semua kalangan, jangan heran jika moules frites sangat populer sampai-sampai dinobatkan sebagai hidangan nasional Belgia.

Baca Juga: Resep Kentang Goreng Citos Mini yang Renyah, Begini Cara Membuatnya

5. Makkaraperunat (Finlandia)

8 Cara Unik Menikmati Kentang Goreng dari Berbagai Negara di Duniahameensanomat.fi

Street food khas Finlandia ini sungguh kaya rasa. Kentang goreng yang gurih disajikan bersama potongan sosis serta bawang bombai dan acar yang sudah dicacah halus. Agar semakin menggugah selera, mayones, mustard, dan saus tomat juga disiram di atasnya.

6. Poutine (Kanada)

8 Cara Unik Menikmati Kentang Goreng dari Berbagai Negara di Duniaseriouseats.com

Kepopuleran hidangan nasional Kanada ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Kamu bisa menemuinya di seluruh penjuru negeri. Hidangan ini hanya memiliki tiga bahan, yaitu kentang goreng, dadih keju, dan saus gravy yang gurih.

Dadih keju lebih disukai daripada keju sungguhan karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang tidak terlalu tajam.

7. Chili cheese fries (Amerika Serikat)

8 Cara Unik Menikmati Kentang Goreng dari Berbagai Negara di Duniaoliversmarket.com

Chili di sini bukan berarti cabai, melainkan sajian khas Amerika Serikat yang terbuat dari daging giling dan puree tomat. Kentang goreng dipadukan dengan daging, tomat, dan keju? Wah, tidak usah ditanya. Rasanya pasti nendang banget!

8. Salchipapa (Peru)

8 Cara Unik Menikmati Kentang Goreng dari Berbagai Negara di Duniaeatperu.com

Tak mau ketinggalan, Amerika Selatan juga punya street food berbahan kentang goreng. Sercara harfiah salchipapa berarti sosis dan kentang. Dua bahan ini disajikan bersama salad coleslaw, mayones, mustard, dan saus tomat.

Ada kalanya mereka menambahkan potongan cabai dan oregano agar rasanya semakin mantap. 

Itulah delapan cara unik untuk menyantap kentang goreng dari berbagai negara. Rupanya kentang goreng bisa dipadukan dengan apapun. Kini tidak ada lagi kata bosan dengan kentang goreng. Hidangan mana, nih yang mau kamu coba duluan?

Baca Juga: Ini Resep Asli untuk Buat Kentang Goreng ala McDonald's, Gampang Kok!

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya