Comscore Tracker

5 Pilihan Protein Nabati Bagi Kamu yang Puasa Namun Vegetarian

#RamadanMasaKini Asupan proteinnya tetap terpenuhi

Menjalani pola diet bagi para vegetarian selama puasa merupakan tantangan. Jika tak benar melakukannya, kamu bisa sakit karena kekurangan asupan protein dari daging, ikan, telur, susu serta keju. Sebaliknya, jika tak diringi dengan pola makan yang benar, berat badan justru akan bertambah saat Ramadan meski frekuensi makannya berkurang. 

Agar kebutuhan proteinmu tetap terpenuhi dan berat badan tetap stabil, kamu perlu mengonsumsi makanan berikut ini. Sumber makanan yang tinggi protein namun rendah kalori.

1. Jamur

5 Pilihan Protein Nabati Bagi Kamu yang Puasa Namun VegetarianPixabay.com/LUM3N

Tak hanya rasanya yang enak, mengonsumsi jamur bisa membuat tubuhmu lebih berenergi saat puasa. Jamur kaya akan anti oksidan, protein dan serat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuhmu tak mudah sakit. 

Untuk dapat merasakan khasiatnya, lebih baik olah jamur dengan cara dimasak menjadi sup. Hindari memasak jamur dengan menggunakan minyak agar proteinnya tetap terjaga. 

2. Susu Kedelai

5 Pilihan Protein Nabati Bagi Kamu yang Puasa Namun VegetarianPixabay.com/rawpixel

Takut mengonsumsi susu karena khawatir berat badan? kamu bisa memilih susu kedelai yang rendah kalori dibandingkan dengan susu sapi. Mengandung vitamin B12 dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan gigimu.

Agar lebih higienis, buatlah susu kedelai sendiri di rumah. Caranya, rebus kedelai yang sudah dicuci bersih dan dibuang kulitnya. Tambahkan pandan agar aromanya kuat. Dinginkan dan saring menggunakan kain yang bersih.

3. Kinoa

5 Pilihan Protein Nabati Bagi Kamu yang Puasa Namun VegetarianPixabay.com/yana_tik

Kinoa bisa jadi alternatif biji-bijian yang rendah kalori dibandingkan dengan kacang. Tanaman yang berasal dari Peru ini kandungan proteinnya tinggi dan bisa memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan membantu memperkuat otot tubuh. 

Cara menghidangkannya pun tak jauh berbeda dengan memasak nasi. Cuci bersih kinoa dan diamkan selama 30 menit. Masak dengan penanak nasi seperti biasa dan siap dihidangkan. 

Baca Juga: Kamu Vegetarian? Ini 5 Pola Makan Terbaiknya Agar Hidup Tetap Sehat

4. Salad sayur

5 Pilihan Protein Nabati Bagi Kamu yang Puasa Namun VegetarianPixabay.com/kaboompics

Memilih salad sayuran bukan tanpa alasan. Sayuran berpotensi memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan salad buah. Pemilihan sayuran juga harus diperhatikan karena tak semua sayuran baik untuk vegetarian.

Pilih sayuran tinggi protein seperti brokoli, kubis mini dan kentang yang sudah direbus dan masukan ke dalam mangkok. Hal yang harus kamu perhatikan ialah jangan menambahkan tambahan mayones agar kalorinya tidak bertambah berat.

5. Alpukat

5 Pilihan Protein Nabati Bagi Kamu yang Puasa Namun VegetarianPixabay.com/GerDukes

Terakhir, alpukat. Buah yang tinggi protein dan lemak ini baik jika dikonsumsi secara tepat sebagai menu vegetarian. Mengonsumsi buah alpukat tanpa tambahan pemanis gak akan membuat berat badanmu bertambah karena alpukat kadar lemaknya tak setinggi gula. Konsumsi buah alpukat setelah buka puasa baik untuk mengisi energimu yang hilang seharian. 

Itulah lima asupan makanan yang baik sebagai pengganti protein hewani selama puasa. Terpenting, tetap jaga asupan makananmu agar tak berlebihan saat buka puasa nanti ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You