Comscore Tracker

Inspirasi Menu Dessert, Ada 5 Kudapan Tradisional dengan Kuah Manis

#IDNTimesFood Manis, legit, dan lumer di lidah!

Jajanan tradisional asli Indonesia memang memiliki cita rasa yang beragam. Mulai dari asin, pedas, sampai manis pun siap memanjakan lidah. Meski tergolong jadul, ragam jajanan khas Indonesia mampu bersaing dengan jajanan masa kini lho, karena cita rasanya sudah teruji sejak berabad-abad lalu.

Nah, dari sekian banyak jajanan tradisional, ada kudapan yang disajikan dengan kuah manis. Camilan ini cocok banget kamu jadikan dessert selepas makan. Berikut beberapa kudapan tradisional tersebut, dijamin enak!

1. Petulo

Inspirasi Menu Dessert, Ada 5 Kudapan Tradisional dengan Kuah ManisPetulo (instagram.com/bemp777)

Petulo menjadi salah satu jajanan tradisional yang disajikan dengan kuah manis. Makanan ini paling diminati oleh masyarakat Banyuwangi. Namun keberadaanya kini mudah ditemui di Pulau Jawa.

Petulo paling sering muncul ketika bulan Ramadhan karena menjadi menu takjil. Teksturnya yang kenyal dipadu kuah gula merah nan legit, cocok disajikan sebagai menu berbuka atau dessert selepas makan. 

2. Surabi kinca

Inspirasi Menu Dessert, Ada 5 Kudapan Tradisional dengan Kuah ManisSurabi kinca (instagram.com/diannitaaris)

Berbeda dengan kuliner serabi milik daerah lain, sajian surabi khas Bandung ini memiliki ciri khas yakni disajikan bareng kuah kinca.

Tekstur surabi yang lembut berpori dengan aroma pandan, nikmatnya lumer di lidah ketika kamu cicipi dengan kuah kinca yang manis. Nah, kuah kinca ini terbuat dari santan serta gula merah yang rasanya gak bikin eneg

3. Kue putri mandi

Inspirasi Menu Dessert, Ada 5 Kudapan Tradisional dengan Kuah ManisKue putri mandi (instagram.com/octarinadina)

Tak mau kalah dari kedua sajian di atas, kue putri mandi juga disajikan bersama kuah santan bercita rasa gurih memikat.

Terdiri dari bola-bola serupa kue klepon yang berisi unti kelapa, tampilan warna-warni dari kue putri mandi pun sekilas bikin menggoda selera. Bertekstur lembut dengan perpaduan sensasi manis gurih, bakal jadi rasa paling have fun di mulut kamu!

Baca Juga: 10 Dessert Berbahan Buah Naga yang Segarnya Kebangetan, Sudah Coba?

4. Apam aceh

Inspirasi Menu Dessert, Ada 5 Kudapan Tradisional dengan Kuah ManisApam aceh (instagram.com/acehkuliner.id)

Kalau di Bandung, jajanan serabi dinamakan surabi kinca, beda halnya di Aceh yang disebut sebagai apam. Dulunya, kudapan ini hanya ditemui saat Buleun Kenduri Apam dan Ramadhan saja. Namun kini apam banyak dijumpai di beberapa gerai makanan serta warung kopi.

Kudapan ini berbahan dasar campuran adonan tepung beras, santan, dan garam yang dipanggang. Apam umumnya disajikan dengan pelengkap kuah berisi irisan buah pisang yang tak kalah manis rasanya. 

5. Bolu peca

Inspirasi Menu Dessert, Ada 5 Kudapan Tradisional dengan Kuah ManisBolu peca (instagram.com/risma_kitchenn)

Selanjutnya ada jajanan tradisional asal Sulawesi Selatan bernama bolu peca. Kue yang satu ini biasa disuguhkan oleh masyarakat Makassar pada acara pernikahan. 

Teksturnya yang lembut, dipadu dengan rasa manis legit dari siraman kuah gula merah, membuat pole peca terasa begitu nikmat semenjak gigitan pertama. 

Karena kuah yang manis, deretan jajanan di atas cocok banget kamu jadikan dessert layaknya es krim yang lembut. Jadi, dari deretan kudapan di atas, mana yang ingin kamu coba duluan, nih?

Baca Juga: 5 Aneka Dessert Berbahan Greek Yoghurt untuk Ide Dessert di Rumah

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya