Comscore Tracker

Kenalan Sama Kue Bingke, Jajanan Khas Pontianak yang Legit & Ngangenin

Belum ke Pontianak kalau belum mencicipi kue lezat ini

Ada banyak jajanan khas Nusantara yang legit dan lezat, salah satunya kue bingke yang berasal dari Kota Pontianak. Kue bingke atau kue bingka terbuat dari campuran telur, santan, tepung terigu, dan gula pasir.

Bahan-bahannya yang mudah ditemukan membuatnya bagaikan jamur di musim hujan. Eits tapi jangan salah, membuat kue bingke gak semudah yang kamu kira, lho! 

1. Cara membuat kue bingke

Kenalan Sama Kue Bingke, Jajanan Khas Pontianak yang Legit & Ngangeninpesenmakan.id/Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Cara membuat kue bingke berawal dari adonan yang dicetak menggunakan wadah berbentuk daun semanggi berkelopak enam. Setelah itu, adonan dipanggang.

Nah, di sinilah letak kerumitannya. Kue bingke biasanya akan dipanggang sebanyak dua kali.

Hal ini dilakukan supaya kue memiliki tingkat kematangan yang pas. Kue bingke yang matang sempurna biasanya akan memiliki warna kombinasi antara cokelat muda dan cokelat tua.

Makanya butuh ketelatenan tingkat tinggi saat membuatnya. Paling tidak butuh waktu satu jam agar kue bingke siap disantap.

2. Kue yang akrab dengan bulan puasa

Kenalan Sama Kue Bingke, Jajanan Khas Pontianak yang Legit & Ngangeninpesenmakan.id/Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Kue bingke memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang empuk dan legit. Gak heran jajanan khas Kota Khatulistiwa ini biasanya mulai menjamur selama bulan puasa.

Di Pontianak, kue bingke biasanya menjadi menu favorit saat waktu berbuka. Kamu bisa mencicipinya dalam berbagai kreasi, mulai dari bingke tape, kentang, labu, pandan, nangka, kelapa muda, cokelat, hingga keju.

Baca Juga: 6 Kuliner Lokal di Makassar Ini Paling Banyak Direkomendasikan Turis

3. Rekomendasi kue bingke yang enak di Pontianak

Kenalan Sama Kue Bingke, Jajanan Khas Pontianak yang Legit & Ngangeninpesenmakan.id/Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Saat berkunjung ke Kota Pontianak, kamu menemukan penjual kue bingke dengan mudah. Salah satunya buatan Hj. Zainah H.A. Kadir, yang diberi nama Bingke Hijrah, seperti dilansir dari Pesenmakan.id.

Bingke Hijrah punya cita rasa khas, karena menggunakan campuran lidah buaya, yang juga menjadi ciri khas Kota Pontianak. Rasanya legit, manis, dan gurih berpadu menjadi satu.

Teksturnya yang lembut dengan aroma vanili membuat mulut susah diajak kompromi untuk berhenti ngunyah. Kamu bisa menemukannya di Jalan Purnama 2, Gg. Nurul Hasanah Nomor 6, Kota Pontianak. Kalau malas keluar, kamu bisa memesannya via aplikasi pesan makan online.

 

Baca Juga: Review Tiga Menu Istimewa Kolaborasi TWG & Mockingbird, Layak Dicoba!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You