Comscore Tracker

6 Makanan Khas Vanuatu yang Unik, Rasanya Bikin Penasaran

Mana yang paling bikin kamu ngiler?

Setiap negara pasti memiliki beragam kuliner khas yang unik. Tak terkecuali Vanuatu.

Nama negara ini awalnya mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Vanuatu merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan.

Negara ini memiliki penduduk sekitar 298 ribu jiwa, dengan luas wilayah sekitar 12.199 kilometer persegi. Sama seperti Indonesia, Vanuatu juga memiliki beragam kuliner tradisional yang unik dan khas.

Kuliner-kuliner ini tentunya terbuat dari hasil bumi Vanuatu yang melimpah. Apa saja kuliner khas Vanuatu? Yuk, intip daftarnya berikut ini!

1. Laplap

6 Makanan Khas Vanuatu yang Unik, Rasanya Bikin Penasaransarahcooks.com.au

Laplap merupakan salah satu kuliner khas Vanuatu. Makanan ini terbuat dari daging yang diolah bersama bahan lainnya seperti sayuran dan santan, kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang.

Laplap bentuknya mirip seperti pepes. Makanan ini biasa disajikan saat acara-acara besar di Vanuatu.

2. Tuluk

6 Makanan Khas Vanuatu yang Unik, Rasanya Bikin Penasarantwitter.com/wantokrecipes

Tuluk merupakan makanan yang terbuat dari adonan singkong parut. Adonan diisi dengan daging babi suwir, daging cincang, atau kornet sapi, lalu dibungkus dengan daun pisang.

Keunikan dari tuluk adalah cara dan waktu masaknya yang cukup lama. Butuh waktu hingga 6 jam untuk memanggang tuluk di oven alami bawah tanah. Teksturnya renyah dan sedikit lembut.

3. Kava

6 Makanan Khas Vanuatu yang Unik, Rasanya Bikin Penasarantheverge.com

Kava merupakan sejenis minuman yang terbuat dari tanaman kava. Tanaman ini banyak tumbuh di Vanuatu dan wilayah Pasifik Selatan lainnya.

Minuman tradisional ini diketahui sudah ada sejak lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Biasanya disajikan untuk tujuan medis atau dalam upacara adat.

Konon rasa Kava mirip seperti rumput bercampur tanah. Setelah minum Kava, bibir dan lidah seseorang terkadang akan terasa mati rasa. Oleh karena itu, Kava biasanya disajikan bersama dengan potongan buah-buahan.

Baca Juga: Mengenal Vanuatu, Lawan Timnas Indonesia di Uji Coba Selanjutnya

4. Santo beef

6 Makanan Khas Vanuatu yang Unik, Rasanya Bikin Penasaranleeabbamonte.com

Sama seperti negara lainnya, masyarakarat Vanuatu juga gemar menyantap olahan daging. Salah satu kuliner yang terbuat dari daging sapi adalah santo beef.

Santo beef memang mirip seperti steak pada umumnya. Namun, yang istimewa adalah daging sapinya yang menjadi bahan utama. Dagingnya diambil dari sapi-sapi yang diberi makan rumput Vanuatu dan kulit kelapa.

Daging yang digunakan untuk membuat santo beef dikenal begitu lembut dan tidak berlemak.

5. Sajian ikan kakap

6 Makanan Khas Vanuatu yang Unik, Rasanya Bikin Penasaraneratap.com

Sebagai negara kepulauan, Vanuatu juga terbiasa menyuguhkan seafood sebagai sajian yang lezat. Salah satu makanan laut yang cukup populer adalah sajian ikan kakap.

Ikan kakap lokal Vanuatu dikenal memiliki cita rasa yang unik, bahkan mirip daging ayam. Ikan ini diberi nama ikan poulet atau poulet fish, yang dalam bahasa Prancis berarti ikan ayam.

Ikan poulet biasa disajikan dengan cara direbus dalam anggur putih dan bawang, dipanggang, atau dibakar.

6. Kari ikan kelapa

6 Makanan Khas Vanuatu yang Unik, Rasanya Bikin Penasaranveryhungrynomads.com

Satu lagi olahan ikan yang cukup populer adalah kari ikan kelapa atau coconut fish curry. Terdiri dari potongan ikan, lemon, krim kelapa, garam, dan merica.

Bahan-bahan tersebut kemudian dibungkus rapat dengan lembaran daun pisang dan dibakar hingga ikan empuk, sehingga daging lepas dari tulangnya. Kuliner ini biasa disajikan bersama nasi dan salad.

Nah, itulah beberapa makanan khas Vanuatu yang bisa jadi inspirasi kulineranmu mendatang. Wajib cobain sekali seumur hidup, nih. Makanan mana yang paling membuatmu penasaran?

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Terindah di Vanuatu untuk Inspirasi Liburanmu

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya