Comscore Tracker

6 Makanan Peningkat Imun Tubuh, Disebut dalam Al-Qur'an dan Hadis Lho!

#IDNTimesFood Ikhtiar menjaga kesehatan dari yang alami

Di masa pandemik seperti sekarang ini, sangat penting untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi tinggi.

Bahkan, Al-Qur'an dan Hadis sendiri sudah menulis dan menerangkan beberapa bahan makanan yang terbukti ampuh meningkatkan daya tahan tubuh, lho. Dalam sebuah jurnal ilmiah yang berjudul Foods of the Quran and Sunnah, that ensure good nutrition to support the normal functioning of the immune system", disebutkan beberapa bahan makanan berperan penting untuk mencegah beragam penyakit, termasuk dari infeksi virus.

Dalam jurnal yang dirilis Journal of the British Islamic Medical Association (JBIMA) itu juga disebutkan makanan-makanan ini juga telah digunakan sebagai sarana penyembuhan pada zaman Rasulullah SAW. "Ini telah diilustrasikan dengan jelas dalam ajaran Islam dan rekomendasi manfaat kesehatan sejak zaman Nabi Muhammad SAW," bunyi salah satu poin dalam jurnal yang terbit pada 29 April 2020 tersebut.

Kabar baiknya, bahan makanan yang dimaksud sebenarnya sudah familiar bagi kita orang Indonesia. Ada apa saja? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Kurma

6 Makanan Peningkat Imun Tubuh, Disebut dalam Al-Qur'an dan Hadis Lho!Makanan ada di Alquran dan Hadis (healthline.com)

Kurma merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Buah yang disebut dalam Surat Maryam Ayat 25 ini rasanya manis dengan tekstur empuk dan agak kenyal.

Kurma sendiri bisa dimakan langsung tanpa perlu diolah. Namun, jika kamu ingin mengkreasikannya, kurma bisa dibuat menjadi smoothies, lho. Nabi Muhammad SAW bahkan menyarankan umat Islam untuk berbuka puasa dengan kurma.

2. Buah tin

6 Makanan Peningkat Imun Tubuh, Disebut dalam Al-Qur'an dan Hadis Lho!Makanan ada di Alquran dan Hadis (healthline.com)

Buah tin juga dikenal dengan nama buah ara. Di negara Barat, buah ini disebut figs. Buah yang sekilas mirip delima ini rasanya manis. Kulit buah tin biasanya berwarna hijau atau ungu. Sedangkan, daging buahnya berwarna merah.

Buah dengan nutris yang sangat tinggi ini bisa dikonsumsi secara rutin atau ditambahkan ke dalam menu makan sehari-hari. Namun, yang perlu diperhatikan, kadar gula dalam buah ini cukup tinggi, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Buah tin sendiri bisa kamu temukan dalam Al-Qur'an Surat At-Tin.

3. Madu

6 Makanan Peningkat Imun Tubuh, Disebut dalam Al-Qur'an dan Hadis Lho!Makanan ada di Alquran dan Hadis (treehugger.com)

Kita mengenal madu sebagai salah satu bahan makanan ajaib yang memiliki segudang manfaat. Kamu bisa menemukan madu dalam Surat An-Nahl Ayat 69. Al-Qur'an sendiri menyebut madu mengandung obat yang menyembuhkan bagi manusia.

Madu rasanya manis dengan tekstur cairan yang kental. Di tengah wabah seperti sekarang, konsumsi madu secara rutin sangat dianjurkan.

Kamu bisa mencampur satu sendok makan madu ke dalam teh, menyiramkannya ke atas yoghurt, atau mencampurkan madu ke oatmeal, roti panggang, dan selai kacang.

Baca Juga: 10 Makanan Tinggi Protein untuk Jaga Imunmu, Semuanya Enak Lho!

4. Pisang

6 Makanan Peningkat Imun Tubuh, Disebut dalam Al-Qur'an dan Hadis Lho!Makanan ada di Alquran dan Hadis (medicalnewstoday.com)

Selain kurma, buah pisang juga sangat populer di Indonesia. Pisang bisa sangat mudah ditemukan di pasar tradisional hingga minimarket modern. Dalam Al-Qur'an, pisang disebut dalam surat Al-Waqi'ah Ayat 27-31.

Pisang yang matang bisa langsung dikonsumsi begitu saja. Namun, kamu juga bisa mengolahnya menjadi beragam makanan dan minuman yang lezat.

Kamu bisa mengolahnya menjadi smoothies tanpa gula, kolak, hingga campuran oatmeal. Teksturnya yang lembut juga membuat pisang bisa digunakan sebagai MPASI.

5. Minyak zaitun

6 Makanan Peningkat Imun Tubuh, Disebut dalam Al-Qur'an dan Hadis Lho!Makanan ada di Alquran dan Hadis (thedailymeal.com)

Minyak zaitun juga dikenal sebagai bahan masakan yang menyehatkan. Minyak zaitun bisa dimanfaatkan sebagai alternatif minyak goreng untuk memasak yang lebih sehat.

Minyak zaitun juga bisa diminum. Konsumsi satu sendok minyak zaitun secara rutin dapat memberi dampak kesehatan yang mengesankan.

Selain itu, minyak yang disebut dalam Surat An-Nur Ayat 35 ini juga bisa digunakan untuk menyehatkan kulit wajah. Cara menggunakannya dioleskan dan dipijat lembut menggunakan kapas.

6. Jintan hitam

6 Makanan Peningkat Imun Tubuh, Disebut dalam Al-Qur'an dan Hadis Lho!Makanan ada di Alquran dan Hadis (womenshealthmag.com)

Jintan hitam biasa dikenal masyarakat Indonesia sebagai Habbatussauda. Di negara Barat, tumbuhan ini disebut sebagai black seed.

Jintan hitam disebut dalam sebuah hadis sebagai obat segala penyakit. Dalam hadis Abu Hurairah, Rasullulah SAW bersabda, "Sesungguhnya pada jintan hitam itu terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian."

Jintan hitam merupakan rempah yang bisa dikonsumsi langsung. Ahli medis menyarankan mengonsumsi jintan hitam cukup 1-3 butir tiap pagi, siang, dan malam secara rutin.

Selain dikonsumsi langsung, jintan hitam juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, yang bisa digunakan untuk bumbu masakan adalah jintan hitam yang telah diubah menjadi bubuk. Jintan hitam bubuk bisa digunakan untuk membumbui daging, dengan cara ditaburkan di atas daging untuk marinasi.

Itulah enam makanan sehat, yang disebut di dalam Al-Qur'an dan Hadis, dipercaya dapat meningkatkan imun dan kesehatan tubuh, terutama di tengah wabah virus berbahaya seperti sekarang. Stay safe, everyone!

Baca Juga: 10 Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari, Sudah Tahu?

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya