Comscore Tracker

7 Makanan Sehat Ini Bisa Diberikan kepada Saudaramu yang Sedang Isoman

#IDNTimesFood Rasanya enak, cara mengolahnya pun mudah

Meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia membuat fasilitas kesehatan kewalahan. Akibatnya, banyak pasien yang dianjurkan untuk isolasi mandiri alias isoman di rumah.

Isoman tentunya diperuntukkan bagi mereka yang mengalami gejala ringan atau tanpa gejala. Nah, bagi kamu yang ingin membantu keluarga atau teman yang sedang menjalani isoman, ada beberapa rekomendasi makanan dan minuman bergizi untuk diberikan kepada mereka.

Makanan dan minuman ini mengandung vitamin D, mineral, protein, hingga serat yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Apa saja rekomendasinya? Yuk, intip daftarnya berikut ini!

1. Telur rebus

7 Makanan Sehat Ini Bisa Diberikan kepada Saudaramu yang Sedang IsomanMakanan Sumber Vitamin D (diabetesfoodhub.org)

Telur mengandung dua bahan sekaligus, yaitu protein dan karbohidrat yang dibutuhkan para penderita Covid-19. Selain itu, kuning telur juga kaya akan vitamin D yang bagus untuk daya tahan tubuh. Telur rebus cocok banget disantap saat sarapan.

2. Olahan ikan berlemak

7 Makanan Sehat Ini Bisa Diberikan kepada Saudaramu yang Sedang IsomanMakanan Sumber Vitamin D (realfood.tesco.com)

Ikan berlemak, seperti ikan sarden dan ikan tuna, kaya akan vitamin D. Ikan tuna juga bisa diolah menjadi beragam menu lezat, seperti tuna panggang, tuna balado, hingga filet tuna tepung.

3. Daging sapi

7 Makanan Sehat Ini Bisa Diberikan kepada Saudaramu yang Sedang IsomanRekomendasi Makanan untuk Isoman (tasteofhome.com)

Saat isolasi mandiri, dianjurkan mengonsumsi makanan seperti daging sapi. Sebab, daging sapi memiliki kandungan zinc dan tinggi protein. Daging sapi bisa diolah menjadi steak, atau kalau mau awet dan jadi stok bisa dibuat menjadi rendang.

4. Sayuran hijau

7 Makanan Sehat Ini Bisa Diberikan kepada Saudaramu yang Sedang IsomanRekomendasi Makanan untuk Isoman (inspiredtaste.net)

Sayuran hijau yang bisa dikonsumsi antara lain bayam, kangkung, sawi, kale, atau brokoli. Semuanya kaya mineral, vitamin, serat dan beragam nutrisi yang membantu meningkatkan imun. Cara mengolah sayuran yang sehat adalah cukup direbus atau dijadikan sup.

Baca Juga: 9 Makanan Enak Sumber Vitamin D Terbaik, Cara Mengolahnya Gampang!

5. Alpukat

7 Makanan Sehat Ini Bisa Diberikan kepada Saudaramu yang Sedang IsomanRekomendasi Makanan untuk Isoman (familyapp.com)

Kandungan gizi pada alpukat dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan. Alpukat yang sudah matang bisa langsung dikonsumsi tanpa diolah. Jadi campuran salad buah atau sayur pun nikmat.

6. Air kelapa muda

7 Makanan Sehat Ini Bisa Diberikan kepada Saudaramu yang Sedang IsomanRekomendasi Makanan untuk Isoman (medicalnewstoday.com)

Pasien yang sedang menjalani isoman disarankan untuk minum air kelapa. Air kelapa dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan, meningkatkan imun tubuh, serta menghambat penyakit bawaan untuk menimbulkan risiko yang lebih tinggi bagi mereka yang terpapar Covid-19.

7. Kacang-kacangan

7 Makanan Sehat Ini Bisa Diberikan kepada Saudaramu yang Sedang IsomanRekomendasi Makanan untuk Isoman (medicalnewstoday.com)

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat yang diperlukan tubuh untuk melawan Covid-19. Kacang-kacangan bisa dijadikan camilan lezat dan sehat. Namun, jangan terlalu banyak juga ya, karena kandungan kolesterolnya tidak baik untuk tubuh.

Itulah rekomendasi makanan dan minuman yang bisa kamu berikan kepada keluarga atau kerabat yang sedang isolasi mandiri atau isoman. Pastikan mereka juga menyukainya, ya. Semoga lekas sembuh!

Baca Juga: 10 Makanan Enak dan Sehat untuk Penderita Covid-19, Bikin Cepat Pulih

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya