Comscore Tracker

7 Makanan Sehat dan Bergizi untuk yang Baru Sembuh dari COVID-19

Tubuh perlu asupan nutrisi gizi tinggi setelah sembuh

Pandemi virus corona tak kunjung berakhir hingga saat ini. Jumlah penyebarannya di Indonesia masih belum menunjukkan penurunan yang signifikan. 

Oleh karena itu, kita semua harus menjaga asupan makanan, supaya badan tetap sehat dan bugar. Termasuk yang sudah pernah terinfeksi virus corona.

Seseorang yang pernah terinfeksi dan berhasil sembuh, tubuhnya memerlukan asupan nutrisi bergizi tinggi. Jenis-jenis nutrisi seperti zinc dan magnesium sangat penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Seperti dilansir dari Times Now News, nutrisi dan vitamin memang bisa didapatkan dari pil suplemen. Namun, mengonsumsi makanan sederhana yang kaya nutrisi akan menjadi jauh lebih sehat untuk jangka panjang.

Berikut rekomendasi makanan-makanan yang bagus untuk seseorang yang baru sembuh dari COVID-19.

1. Brokoli

7 Makanan Sehat dan Bergizi untuk yang Baru Sembuh dari COVID-19thespruceeats.com

Brokoli dikenal sebagai sayuran dengan nutrisi yang komplet. Brokoli mengandung vitamin C, A, dan E yang bagus untuk meningkatkan sistem imun. Brokoli juga kaya zinc dan magnesium yang membantu untuk penyerapan nutrisi.

2. Telur rebus

7 Makanan Sehat dan Bergizi untuk yang Baru Sembuh dari COVID-19onceuponachef.com

Telur rebus kaya protein yang berguna untuk membantu sistem kekebalan tubuh hingga menjadi bahan pembentukan sel dan jaringan tubuh. Telur rebus juga mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi.

3. Pisang

7 Makanan Sehat dan Bergizi untuk yang Baru Sembuh dari COVID-19harvard.edu

Zinc beserta nutrisi lainnya juga bisa ditemukan dalam sebuah pisang. Pisang juga mengandung serat yang tinggi dan bisa melancarkan metabolisme tubuh, sehingga cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

4. Dark chocolate

7 Makanan Sehat dan Bergizi untuk yang Baru Sembuh dari COVID-19eatthis.com

Cokelat hitam atau dark chocolate juga kaya zat besi, protein, magnesium, dan fosfor. Cokelat hitam juga diperkaya theobromine, zat antiradang yang hanya terdapat pada tanaman kakao.

Tak hanya itu, cokelat hitam dapat meredakan stres dan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Kalau hati bahagia, imun tubuh pun kuat, deh.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman yang Memperburuk Gejala Radang Sendi, Jauhi Ya!

5. Kacang-kacangan

7 Makanan Sehat dan Bergizi untuk yang Baru Sembuh dari COVID-19healthline.com

Kacang-kacangan, seperti almond, kaya akan vitamin E, protein, mangan, dan magnesium. Kacang almond adalah sumber antioksidan yang penting, yang sebagian besar terkonsentrasi di lapisan kulit cokelatnya.

Dalam sebuah studi, seseorang yang mengonsumsi 2,5 ons almond setiap hari, kadar biomarker darah untuk stres oksidatif menurun sebanyak 27 persen selama satu bulan.

6. Paprika

7 Makanan Sehat dan Bergizi untuk yang Baru Sembuh dari COVID-19masakapahariini.com

Vitamin C, E, dan A juga bisa ditemukan dalam sebuah paprika. Nutrisi ini penting untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, sehingga paprika bisa dimasukkan ke dalam menu sehari-hari usai terinfeksi COVID-19.

7. Daging sapi

7 Makanan Sehat dan Bergizi untuk yang Baru Sembuh dari COVID-19epicurious.com

Daging sapi dikenal tinggi nutrisi mineral. Daging sapi menyediakan lebih dari setengah dari jumlah selenium dan seng yang direkomendasikan per hari.

Daging sapi juga mengandung karnosin. Kandungan ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan bergizi tinggi yang bisa dikonsumsi ketika baru sembuh dari COVID-19. Stay safe and stay healthy, everyone!

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Disarankan Dikonsumsi Usai Bersepeda, Terjangkau!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya