Comscore Tracker

7 Oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Harus Kamu Beli

Unik-unik lho makanannya!

Saat ini, Kalimantan Selatan menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pnecinta traveling. Sungai Amandit, Pantai Angsana, Air Terjun Bajuin, dan lainnya menjadi tujuan yang asyik untuk berlibur di Kalimantan Selatan.

Tak jarang, saat kembali pulang berlibur, kamu ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Agar tidak salah pilih, kamu perlu tahu apa saja oleh-oleh khas Kalimantan Selatan yang menjadi favorit para wisatawan.

Mau tahu apa saja oleh-oleh khas Kalimantan Selatan? Yuk, lihat daftarnya di bawah!

1. Amplang

7 Oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Harus Kamu Belimerahputih.com

Salah satu oleh-oleh khas Banjarmasin yang paling dikenal adalah amplang. Amplang atau disebut dengan kuku macan merupakan semacam kerupuk dengan ukuran yang lebih kecil dan berbentuk pipih.

Amplang diolah dari ikan pipih, salah satu jenis ikan air tawar di Banjarmasin. Rasanya yang gurih, cocok menjadi camilan maupun teman makanan berkuah, seperti bakso dan soto. Harganya juga sangat terjangkau. Jadi kamu gak perlu khawatir untuk borong oleh-oleh ini.

2. Dodol Kandangan

7 Oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Harus Kamu Beliksmtour.com

Gak cuma di Jakarta dan Jawa, ternyata di Banjarmasin juga ada camilan dodol lho! Disebut sebagai dodol Kandangan, karena Kota Kandangan sebagai penghasil dodol terbesar di Kalimantan Selatan.

Makanan ini terbuat dari olahan beras ketan dan gula aren. Rasanya manis, seperti dodol pada umumnya. Namun dodol Kandangan memiliki banyak varian rasa seperti durian, kelapa, cokelat, dan lainnya.

3. Wadai Rangai

7 Oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Harus Kamu Belipicuki.com

Wadai rangai adalah salah satu kue khas Banjarmasin yang harus kamu coba. Kue ini terbuat dari tepung sagu, parutan kelapa, dan gula merah. Rasa manis dari gula merah dipadukan dengan rasa gurih dari kelapa, pasti membuat kue ini terasa lezat.

Pada masa lalu, kue ini hanya dihidangkan dalam acara perayaan seperti lebaran dan pernikahan. Namun saat ini, kue ini juga dikemas sebagai buah tangan khas Banjarmasin.

Baca Juga: 8 Buah yang Biasa Ditambahkan pada Sambal Khas Kalimantan

4. Ikan Seluang Goreng

7 Oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Harus Kamu Belicookpad.com/hj Tintin Purnama Sari

Ikan seluang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang hidup di perairan darat Banjarmasin. Ikan ini ukurannya kecil-kecil, seperti ikan teri. Cara memasak ikan seluang biasanya digoreng langsung maupun dengan tepung. Rasanya yang gurih, cocok dimakan sebagai camilan maupun disantap sebagai lauk dengan nasi.

Ikan seluang ini dijual dalam kondisi matang dan dikemas dengan plastik sehingga mudah untuk dibawa pulang.

5. Rabuk Ikan

7 Oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Harus Kamu Belicookpad.com/Icha Higashikuni

Tampilan rabuk ikan ini seperti abon. Pada umumnya, abon terbuat dari daging sapi maupun ayam. Sedangkan rabuk ikan ini terbuat dari ikan haruan. Ikan haruan hidup di aliran sungai Barito dan menjadi salah satu menu ikan favorit di Kalimantan Selatan. Rabuk ikan ini disediakan dalam varian original dan pedas.

Memiliki rasa dan aroma yang khas, rabuk ikan cocok sekali sebagai campuran nasi maupun bubur. Jadi, kamu harus coba ini ya!

6. Kue Gapit

7 Oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Harus Kamu Belisajiansedap.grid.id

Kamu suka kue semprong? Kalau iya, kamu pasti juga akan suka dengan kue gapit. Kue gapit ini terbuat dari tepung sagu.

Memiliki rasa yang manis dan gurih, kue ini cocok banget jadi teman minum teh maupun kopi. Kamu pasti gak akan berhenti makan deh!

7. Sambal Acan

7 Oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Harus Kamu Beliblanja.com

Pencinta sambal mana suaranya? Kamu wajib bawa pulang sambal ini kalau berselera dengan makanan pedas.

Sambal acan ini merupakan gabungan dari sambal terasi dan sambal mangga. Menggunakan mangga muda sebagai bahan utamanya, sehingga sambal ini punya rasa asam pedas yang menggugah selera. Kamu pasti akan ketagihan sambal ini!

Itulah 7 oleh-oleh khas Kalimantan Selatan yang harus kamu bawa pulang ke rumah. Dijamin kamu gak akan menyesal!

Baca Juga: 5 Snack Jepang yang Paling Populer di Indonesia, Oleh-oleh Wajib Nih!

Anindya Estiandari Photo Verified Writer Anindya Estiandari

Movie blogs : waktunyasantai-id.blogspot.com | Drama blogs : masih-siang.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya