Comscore Tracker

8 Buah yang Biasa Ditambahkan pada Sambal Khas Kalimantan

Cita rasa khas Kalimantan, asam segar

Kalau yang pernah berkunjung ke Kalimantan dan menikmati berbagai hidangannya sudah tentu akan tahu cita rasa khas-nya. Yup, masyarakat Kalimantan memang terkenal menyukai cita rasa khas masakan dengan rasa asam segar. 

Rasa segar biasa ditemukan terutama pada sajian sambalnya. Masyarakat Kalimantan sangat lazim menambahkan buah-buahan yang berasa asam pada sambal sajian mereka. Nah, ini ada 8 buah khas Kalimantan yang jadi pelengkap sambalnya. Dijamin segar dan mantap!

1. Buah ramania

8 Buah yang Biasa Ditambahkan pada Sambal Khas KalimantanInstagram.com/ widy_nanako

Buah ini memiliki ciri khas warna kuning sedikit kehijauan saat sudah matang. Rasa dari buah ini agak manis saat matang atau agak asam segar. Ciri khas rasa buah ramania, asam manis segar.

2. Buah terong asam

8 Buah yang Biasa Ditambahkan pada Sambal Khas KalimantanInstagram.com/ hwang_frenzdy

Bentuknya yang memang seperti buah namun ini sering kali dimasukkan dalam bahan-bahan bumbu sayuran khas Kalimantan. Rasanya sangat mengugah selera, segar asamnya begitu ketara. 

3. Buah belimbing tunjuk

8 Buah yang Biasa Ditambahkan pada Sambal Khas KalimantanInstagram.com/ astriemelie

Disebut belimbing tunjuk karena bentuknya seperti jari telunjuk. Dalam bahasa Indonesia, buah belimbing ini disebut dengan belimbing wuluh. Biasa disajikan disambal hanya dengan diiris tipis-tipis. 

Baca Juga: 5 Warung Nasi Sambal Populer di Kota Malang, Pedesnya Juara!

4. Buah terong bulu

8 Buah yang Biasa Ditambahkan pada Sambal Khas KalimantanInstagram.com/ chandra_hui

Warnanya mirip dengan terong asam saat matang, yaitu kekuning-kuningan namun ukurannya lebih kecil dan berbulu. Terong bulu ini juga rasanya cenderung lebih asam daripada terong asam biasa. 

5. Buah limau kuit

8 Buah yang Biasa Ditambahkan pada Sambal Khas KalimantanInstagram.com/ rya_rafa

Ini merupakan salah satu jenis jeruk. Jeruk dalam bahasa Kalimantan disebut dengan limau. Limau kuit biasa disajikan bersama dengan soto Banjar namun biasa

Baca Juga: 8 Tips Memilih Semangka yang Matang dan Manis, Buah Favorit Siapa nih?

6. Buah asam putar

8 Buah yang Biasa Ditambahkan pada Sambal Khas KalimantanInstagram.com/ siska_dewi_lestari

Penamaan buah ini memang berdasarkan ciri khasnya, yaitu asam dan dibuka dengan cara diputar atau dipulas (dalam bahasa daerahnya). Memiliki biji tunggal yang cukup besar ditengah dan teksturnya sedikit berserabut namun buah ini memiliki aroma dan rasa asam yang segar. 

7. Buah hampalam

8 Buah yang Biasa Ditambahkan pada Sambal Khas KalimantanInstagram.com/ rahmah_st04

Masih dalam keluarga mangga namun buah ini tentunya bukan buah mangga karena buah ini memiliki rasa asam walaupun sudah matang. Jadi, di Kalimantan buah ini diiris disajian sambal. 

8. Buah asam kandis

8 Buah yang Biasa Ditambahkan pada Sambal Khas Kalimantanbibitbunga.com

Jika senang dengan rasa pedas, manis, asam segar maka buah asam kandis yang masih segar bisa jadi salah satu pilihan pelengkap sambal. Cukup iris tipis daging buah asam kandis dalam sambal dan sambal pun akan bertambah nikmat. 

Selain memiliki wilayah yang luas, Indonesia juga memiliki wilayah yang subur sehingga begitu banyak tumbuhan yang dapat tumbuh dengan baik di kawasan wilayah Indonesia. Tidak heran jadinya bila Indonesia memiliki berbagai sajian khas dengan rasa yang rumit namun nikmat. 

Berbahagialah kita sebagai warga Indonesia. Indonesia sangat kaya!

Baca Juga: Selain Mencegah Sembelit, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan 

Hairiah Hairiah Photo Writer Hairiah Hairiah

Perangkai kata, penikmat hujan dan pencinta senja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya