Comscore Tracker

9 Jenis Minuman Indonesia yang Enak dan Menghangatkan, Pernah Coba? 

Paling enak diminum saat cuaca dingin

Saat mendengar kata minuman yang menghangatkan, pikiran kita pasti langsung tertuju pada teh maupun kopi. Memang tidak salah, sih tapi tahukah kamu kalau Indonesia punya sederet minuman enak sekaligus menghangatkan yang rasanya otentik banget?

Minuman ini paling cocok dinikmati pada malam hari, musim hujan ataupun musim dingin. Kira-kira sudah bisa menebak belum apa saja minuman yang dimaksud? Well, daripada makin penasaran intip bersama-sama saja, yuk. Check this out!

1. Bandrek 

9 Jenis Minuman Indonesia yang Enak dan Menghangatkan, Pernah Coba? bandrek. (instagram.com/dapursolo1988)

Bandrek adalah salah satu minuman yang enak dan menghangatkan berasal dari Jawa Barat. Terbuat dari dua bahan dasar utama seperti jahe dan juga gula merah. Untuk memperkuat rasa, biasa ditambahkan pula beberapa rempah-rempah lainnya.

Ada pula yang menyukai bandrek dengan menambahkan susu di dalamnya. Pada beberapa tempat bandrek diberi tambahan kelapa keruk untuk memperkaya cita rasanya. Biasanya bandrek dinikmati sambil menyantap kacang rebus, ubi ataupun gorengan.

2. Wedang Ronde 

9 Jenis Minuman Indonesia yang Enak dan Menghangatkan, Pernah Coba? wedang ronde. (instagram.com/iqbal_kautsar)

Wedang ronde merupakan salah satu minuman Indonesia yang tercipta karena adanya akulturasi dengan budaya Tiongkok. Di negara asalnya, wedang ronde bernama tangyuan. Karena sudah mengalami percampuran budaya, akhirnya di Indonesia kita kenal sebagai wedang ronde.

Ronde sendiri adalah bola-bola yang berasal dari tepung ketan dan diisi dengan kacang tanah cincang. Ronde ini disajikan pula bersama beberapa pelengkap seperti agar-agar, kolang-kaling, serta kacang tanah. Kemudian disantap dengan kuah jahe yang menghangatkan badan.

3. Air Guraka 

9 Jenis Minuman Indonesia yang Enak dan Menghangatkan, Pernah Coba? air guraka. (instagram.com/sukmawati_afrianto)

Air Guraka merupakan salah satu minuman penghangat badan sekaligus penambah stamina favorit orang Ternate. Di Ternate minuman ini disebut dengan guraka saja atau jahe. Cara membuatnya pun sederhana yakni jahe ditumbuk lalu dimasukkan ke dalam air bersama dengan gula aren dan pandan.

Tunggu hingga mendidih kemudian ditambah taburan kacang kenari supaya makin gurih. Ketika awal-awal pandemik popularitas minuman satu ini juga makin meroket, lho. Karena minuman ini dipercaya tak hanya sekadar untuk menghangatkan tubuh tapi juga meningkatkan imun.

4. Bajigur 

9 Jenis Minuman Indonesia yang Enak dan Menghangatkan, Pernah Coba? bajigur. (instagram.com/streetfoodstories)

Bajigur merupakan minuman hangat khas masyarakat Sunda. Meski serupa dengan bandrek hanya saja yang membedakan adalah bajigur diberi santan dan ditambahkan dengan sedikit garam. Minuman ini kerap dijajakan di pinggir jalan dan dijual pada malam hari.

Agar semakin nikmat, roti atau kelapa muda kadang ditambahkan ke dalam bajigur. Rasa manis dan gurih berpadu menjadi satu dan pastinya membuat badan kamu jadi makin hangat. Agar semakin mantap menyeruput bajigur paling enak sambil menikmati kacang , pisang ataupun ubi rebus.

5. Wedang Tahu 

9 Jenis Minuman Indonesia yang Enak dan Menghangatkan, Pernah Coba? wedang tahu. (instagram.com/kulineryogya)

Wedang tahu konon berasal dari Tiongkok dan dibawa oleh para pedagang yang datang ke Indonesia. Pada perkembangannya wedang tahu kini jadi salah satu minuman khas Semarang. Wedang tahu berisi kuah jahe dan juga kembang tahu.

Kembang tahu terbuat dari susu kedelai, air garam dan juga agar-agar yang dimasak. Wedang tahu disajikan dengan cara diletakkan di dalam sebuah mangkuk, disendoki tipis-tipis  lalu dituang kucuran kuah jahe hangat.

Baca Juga: 5 Ragam Minuman Khas Pulau Jawa yang Menyegarkan, Mana Favoritmu?

6. Sarabba 

9 Jenis Minuman Indonesia yang Enak dan Menghangatkan, Pernah Coba? sarabba. (instagram.com/evanovsky)

Makassar juga punya salah satu minuman hangat yang cukup populer di Indonesia. Minuman hangat tersebut bernama sarabba. Minuman ini dipercaya dapat memulihkan stamina dan menyembuhkan masuk angin.

Sarabba terbuat dari jahe, gula aren, santan, lada bubuk dan juga telur ayam kampung. Minuman ini berawana cokelat dan cocok banget untuk dinikmati pada musim yang tak menentu seperti saat ini.

7. Wedang Uwuh 

9 Jenis Minuman Indonesia yang Enak dan Menghangatkan, Pernah Coba? wedang uwuh. (instagram.com/sweetkitchen_23)

Wedang uwuh merupakan minuman enak dan menghangatkan yang kaya akan rempah-rempah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman yang diseduh semnetara uwuh berarti sampah. Meski demikian bukan berarti minuman ini terbuat dari sampah, ya.

Melainkan, uwuh  atau sampah yang dimaksud di sini adalah aneka rempah kering yang nanti akan diseduh. Wedang uwuh lazimnya berisi jahe, kayu secang, kayu manis, cengkih, daun pala, kapulaga serta gula batu.

8. Sekoteng 

9 Jenis Minuman Indonesia yang Enak dan Menghangatkan, Pernah Coba? sekoteng. (instagram.com/vsamperuru)

Sekoteng adalah makanan khas Jawa Tengah yang secara isian hampir mirip dengan wedang ronde. Bedanya, isian sekoteng terdiri dari kacang hijau, kacang tanah, ronde, mutiara, pacar cina, dan juga potongan roti tawar.

Untuk kuah jahenya ditambahkan dengan susu kental manis sehingga punya rasa yang lebih legit jika dibandingkan dengan wedang ronde. Biasanya sekoteng dijual dengan cara berkeliling. Tak hanya enak dan nikmat sekoteng juga baik untuk menghangatkan badan.

9. Bir Pletok 

9 Jenis Minuman Indonesia yang Enak dan Menghangatkan, Pernah Coba? bir pletok. (instagram.com/rizi_uiy)

Zaman dahulu, masyarakat Betawi tergiur untuk mencoba bir seperti yang sering diminum oleh orang-orang Belanda. Namun, setelah mengetahui efeknya yang dianggap kurang baik maka terciptalah bir pletok.

Bir pletok tak membuat seseorang mabuk melainkan justru malah menghangatkan badan. Minuman khas Betawi ini terbuat dari jahe, pandan dan juga serai. Untuk mempercantik warna bir biasanya ditambahkan pula kayu secang.

Minuman Indonesia yang menghangatkan ada banyak jenisnya, 'kan? Dari sederet minuman di atas adakah yang pernah kamu coba?

Baca Juga: 5 Minuman di Indonesia Ini Hasil Asimilasi dengan Budaya China, Lho

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya