Comscore Tracker

5 Olahan Ayam Paling Favorit di Rumah Makan Padang, Bikin Kalap!

Bumbunya dijamin meresap dengan daging yang empuk

Selain rendang, olahan ayam terbilang jadi salah satu lauk yang paling sering dipilih saat makan di rumah makan padang. Hal ini jelas bukan tanpa alasan, karena ada banyak pilihan olahan ayam yang bisa kita pesan sehingga gak bakal bikin bosan.

Gak cuma itu, dibanding lauk lainnya, olahan ayam harganya lebih murah daripada lauk lainnya. Kapan lagi bisa makan enak dengan harga yang terjangkau.

Dari sekian banyak lauk, berikut beberapa olahan ayam di rumah makan padang yang selalu jadi favorit banyak orang. Ngaku, deh, kamu pasti salah satunya, kan?

1. Ayam goreng 

5 Olahan Ayam Paling Favorit di Rumah Makan Padang, Bikin Kalap!ayam goreng (commons.wikimedia.org/Midori)

Ayam goreng yang sering dijual di rumah makan padang biasanya sudah diungkep terlebih dahulu. Kemudian, ayam goreng digoreng dalam minyak panas hingga garing dan renyah. Olahan ayam satu ini cocok banget disantap bagi kamu yang suka menikmati lauk kering.

Ada pula rumah makan padang yang menjual beberapa jenis ayam goreng, seperti ayam goreng lengkuas. Perpaduan gurihnya ayam goreng bakal menyatu dengan legitnya nasi padang.

2. Ayam pop 

5 Olahan Ayam Paling Favorit di Rumah Makan Padang, Bikin Kalap!ayam pop (commons.wikimedia.org/Midori)

Bila dibandingkan olahan ayam lainnya, bisa dikatakan ayam pop adalah olahan ayam yang secara penampilan kalah menarik dari olahan ayam lainnya. Namun, jangan berburuk sangka dulu.

Bercita rasa asin yang menggoda, ayam pop juga kerap dijuluki sebagai ayam putih. Lauk ini sangat populer dan begitu digemari saat menyantap nasi padang.

Dimasak dengan rempah khas dan juga air kelapa, proses memasak ayam pop cukup lama, lho. Gak heran kalau teksturnya sangat empuk saat disantap.

3. Gulai ayam

5 Olahan Ayam Paling Favorit di Rumah Makan Padang, Bikin Kalap!ayam gulai (commons.wikimedia.org/Sonia)

Seperti namanya, gulai ayam adalah olahan ayam yang dimasak dengan bumbu gulai. Gak heran kalau gulai ayam gak hanya berwarna cantik tapi teksturnya pun sangat creamy.

Saat dimakan pun rasanya begitu kuat dan khas sehingga bakal membangkitkan selera makan. Kalau kamu suka lauk dari olahan ayam yang sedikit pedas dan rasa yang legit gak ada salahnya memilih gulai ayam sebagai lauk makan nasi padang.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Ayam untuk Isian Burger, Makin Enak!

4. Ayam cabai hijau 

5 Olahan Ayam Paling Favorit di Rumah Makan Padang, Bikin Kalap!ayam cabai hijau (commons.wikimedia.org/D.W. Fisher-Freberg)

Kerap disebut ayam cabai hijau, olahan ayam khas rumah makan padang ini punya nama asli ayam lado mudo. Bercitar asa pedas gurih dan kaya rempah, menyantap ayam cabai hijau bersama nasi padang akan menambah nafsu makan.

Ayam cabai hijau ini terbuat dari ayam kampung yang dimasak dengan cabai hijau keriting. Ada juga sensasi rasa sedikit asam dari jeruk nipis dan tomat hijau yang ditambahkan saat proses memasaknya.

5. Ayam bakar 

5 Olahan Ayam Paling Favorit di Rumah Makan Padang, Bikin Kalap!ayam bakar (commons.wikimedia.org/Firzafp)

Ayam bakar yang ada di rumah makan padang bercita rasa berbeda dengan ayam bakar yang biasa ditemui di tempat lain. Ayam bakar diungkep dengan bumbu kuning terlebih dulu sehingga cita rasanya sedikit pedas.

Warnanya juga lebih menarik karena berwarna oranye kecokelatan yang memikat. Apalagi kalau disantap bersama lauk-lauk lainnya dari nasi padang, langsung meningkatkan nafsu makan!

Olahan ayam khas rumah makan padang di atas bikin selera makan kita jadi bangkit. Dari daftar olahan ayam tersebut, ada, gak, nih, yang jadi andalanmu saat makan di rumah makan padang?

Baca Juga: 10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! 

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya