Comscore Tracker

5 Tips Menikmati Gorengan agar Tetap Sehat, Gak Perlu Khawatir

Apakah kamu termasuk orang yang gemar makan gorengan?

Sebagai orang Indonesia, gak lengkap rasanya jika gak mengonsumsi gorengan di momen seperti berkumpul dengan teman, keluarga dan sebagainya. Namun, banyak yang menghindari makanan yang satu ini karena kandungan minyak dan kolesterolnya yang tinggi.

Tapi tenang, gak perlu khawatir lagi karena kamu tetap bisa menikmati gorengan agar tetap sehat. Gak usah berlama-lama lagi, intip bersama apa rahasianya. yuk.

1. Gunakan minyak yang masih baru untuk menggoreng

5 Tips Menikmati Gorengan agar Tetap Sehat, Gak Perlu KhawatirPexels.com/RODNAE Productions

Minyak bekas atau minyak jelantah selain warnanya akan berpengaruh pada hasil gorengan yang kamu buat juga telah mengalami proses pemanasan berulang kali sehingga kurang sehat. Karenanya, lebih baik gunakan minyak baru untuk membuat gorengan.

Apabila ada sedikit rezeki, boleh juga untuk mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Tentu saja, kedua minyak yang dimaksud adalah minyak khusus digunakan untuk memasak, ya, bukan minyak untuk urut atau pijat.

2. Buat sendiri gorengan ala kamu di rumah

5 Tips Menikmati Gorengan agar Tetap Sehat, Gak Perlu Khawatirdelishably.com

Daripada membeli gorengan di luar lebih baik buat gorengan sendiri saja di rumah. Selain lebih sehat membuat sendiri gorengan di rumah juga lebih hemat. Memasak juga sebagai salah satu terapi pelepas stres, lho. Buatlah gorengan sesuai dengan keinginanmu

Oh ya, agar semakin sehat bila di rumahmu ada air fryer bisa digunakan nih. Pasalnya, kamu ga perlu menggoreng menggunakan minyak tapi gorengan bisa matang dengan sempurna. Tapi perlu diperhatikan juga, ya, jenis makanan apa saja yang diperbolehkan untuk dimasak dalam air fryer.

Baca Juga: 5 Resep Gorengan yang Rasanya Gurih, Renyah dan Bikin Nambah Terus

3. Perbanyak isian sayur pada gorengan

5 Tips Menikmati Gorengan agar Tetap Sehat, Gak Perlu Khawatirnorecipes.com

Gak ada salahnya buat memperbanyak isi sayuran pada gorengan yang akan kamu buat, nih. Dengan memperbanyak sayuran pada gorenganmu otomatis penggunaan tepung akan semakin berkurang.

Penggunaan tepung yang berlebihan inilah yang membuat minyak goreng terserap pada gorengan dalam proses pemasakan. Pasti selama ini kamu sering gak menyadari hal ini, kan? Usahakan untuk meminimalisir penggunaan tepung pada setiap gorengan yang kamu buat, ya.

4. Pakailah tisu untuk menangkat minyak yang menempel

5 Tips Menikmati Gorengan agar Tetap Sehat, Gak Perlu Khawatir123mua.com.vn

Walaupun sudah ditiriskan dalam waktu yang lumayan lama, gak jarang minyak goreng sering kali masih menempel pada hasil gorengan kita. Saat akan menikmatinya pun gak jarang kita jadi ragu dan gak jadi menikmati gorengan tersebut.

Nah, untuk mengurangi minyak yang terdapat pada gorengan manfaatkan tisu untuk mengangkat minyak. Jangan gunakan tisu wajah untuk mengangkatnya, ya. Teksturnya yang  halus dan tipis malah akan membuat tisu menempel pada gorengan.

Sebaiknya, gunakan tisu dapur atau tisu khusus untuk makanan. Tisu ini biasanya punya tekstur lebih kasar dan mampu menyerap minyak dengan lebih baik.

5. Batasi konsumsi gorengan

5 Tips Menikmati Gorengan agar Tetap Sehat, Gak Perlu Khawatiryoutube.com

Tips terakhir datang dari diri kita sendiri yaitu kemauan untuk membatasi konsumsi gorengan. Seseuatu yang berlebihan juga gak baik, kan? Meski sederet tips di atas sudah coba kamu lakukan tetap saja mengonsumsi terlalu banyak gorengan gak baik untuk kesehatan.

Mualilah untuk membatasi apa yang kamu makan. Atur juga frekuensinya. Tetap saja, meski gorengan itu enak namun jahat untuk tubuh kita bila dikonsumsi berlebihan.

 

Nah, itulah tadi sederet tips cara mengonsumsi gorengan agar tetap sehat. Sesekali boleh, mengonsumsinya tapi jangan sampai berlebihan ya, guys. Selamat mencoba.

Baca Juga: 10 Macam Gorengan Mancanegara yang Populer di Indonesia, Favoritmu?

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya