Comscore Tracker

5 Menu Warteg Paling Favorit, Penyelamat saat Tanggal Tua

Harganya murah, gak bikin kantong kering!

Sebagian orang memilih membeli makan siang di luar karena dianggap praktis dan menghemat waktu. Selain itu, dengan adanya menu yang bervariasi dari sebuah rumah makan, kamu tidak perlu bingung memutuskan akan makan siang apa. 

Salah satu tempat makan yang jadi andalan untuk makan siang adalah warteg. Warteg dipilih karena harganya ramah di kantong dan porsi yang didapat pun mengenyangkan.

Menu makanan di warteg juga sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan seleramu. Berikut lima rekomendasi menu makanan warteg dengan harga terjangkau dan paling favorit.

1. Orek tempe

5 Menu Warteg Paling Favorit, Penyelamat saat Tanggal TuaOrek tempe (unsplash.com/peterkarundeng)

Menu makanan satu ini selalu ada di setiap warteg. Orek tempe merupakan olahan tempe yang dipotong menjadi beberapa bagian kecil, lalu ditumis dengan kecap. Di beberapa tempat, tempe orek dipadukan dengan sayura,  seperti kacang panjang atau kulit melinjo.

Tempe orek dapat diolah dengan dua variasi, yaitu basah atau kering. Harga yang dikeluarkan untuk menu yang satu ini cukup terjangkau. Umumnya dengan membeli lima ribu rupiah, porsi yang diberikan juga cukup banyak dan mengenyangkan. 

2. Balado kentang

5 Menu Warteg Paling Favorit, Penyelamat saat Tanggal TuaBalado kentang (dok.pribadi/FadhilaLuqyana)

Sama seperti orek tempe, menu ini juga menjadi salah satu menu wajib yang ada di warteg. Balado kentang umumnya memiliki dua jenis, kentang yang dipotong kecil-kecil, lalu dijadikan sambal goreng dan kentang dipotong tipis-tipis, lalu digoreng kering.

Kentang merupakan sumber karbohidrat seperti nasi, sehingga jika dimakan dengan porsi yang tidak terlalu banyak akan tetap mengenyangkan. Kentang balado yangdisantap bersama nasi hangat akan menjadi makanan nikmat dengan harga yang terjangkau. 

3. Tumis kangkung

5 Menu Warteg Paling Favorit, Penyelamat saat Tanggal TuaTumis kangkung (unsplash.com/listiasd)

Walau sedang hemat, asupan tubuh harus tetap terjaga dengan banyak makan sayur. Salah satu olahan sayur yang cukup populer di warteg adalah tumis kangkung.

Selain menyehatkan, umumnya tumis kangkung di beberapa warteg dapat dibeli dengan harga terjangkau dan porsi cukup banyak. Tumis kangkung dipadukan dengan nasi hangat dan gorengan menjadi menu makanan yang sederhana namun lezat. 

Baca Juga: 7 Resep Menu Lauk ala Warteg yang Nikmat, Mana Favoritmu?

4.Terung balado

5 Menu Warteg Paling Favorit, Penyelamat saat Tanggal TuaTerong balado (freepik.com/freepik)

Buat orang Indonesia, makan belum lengkap rasanya jika tidak ada sambal. Buat para pencinta pedas, menu warteg satu ini juga bisa jadi pilihan untuk menu makan hemat.

Terung termasuk dalam jenis sayuran. Selain nikmat, menu ini juga menyehatkan. Terung balado dapat dipadukan dengan menu lainnya, seperti tahu atau tempe goreng. 

5. Sayur sup

5 Menu Warteg Paling Favorit, Penyelamat saat Tanggal TuaSayur sop (freepik.com/timolina)

Sayur sup menjadi salah satu olahan sayur yang digemari. Selain karena rasanya yang segar, sayur sup cocok dipadukan dengan banyak menu makanan lainnya.

Sayur sup umumnya terdiri atas beberapa komponen, seperti wortel, kol, seledri, kacang panjang, dan tambahan, seperti bakso. Menu ini hampir tersedia di setiap warteg dengan harga yang ramah di kantong. 

Kelima menu warteg dengan harga  tergolong murah meriah dan porsi yang cukup banyak di atas selalu jadi kesukaan banyak orang. Selain murah, menu di warteg juga gak kalah lezat dengan restoran-restoran, lho.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Telur Dadar ala Warteg, Gampang dan Anti Gagal!

Renjana Aksara Photo Verified Writer Renjana Aksara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya