Comscore Tracker

Jadi Perdebatan di Vincenzo, Ini 5 Perbedaan Bungeoppang vs Ingeoppang

Serupa, tapi tak sama

Vincenzo merupakan drama tvN yang bercerita tentang kerja sama dua pengacara dalam melawan kekuatan besar Grup Babel. Drama yang dibintangi Song Joong Ki, Ok Taecyeon, dan Jeon Yeo Bin tersebut telah menayangkan episode ke-12 pada 28 Maret 2021 lalu.

Dalam episode terbarunya, Vincenzo (Song Joong Ki) dan Hong Cha Young (Jeon Yeo Bin) memperdebatkan perbedaan bungeoppang dan ingeoppang. Kedua makanan kecil tersebut merupakan street food populer asal negeri ginseng yang berbentuk ikan.

Bentuknya yang mirip membuat tak sedikit orang masih kesulitan dalam membedakan kedua kudapan tersebut. Lantas, apa saja sebenarnya perbedaan bungeoppang dan ingeoppang? Yuk, cari tahu di bawah ini.

1. Adonan 

Jadi Perdebatan di Vincenzo, Ini 5 Perbedaan Bungeoppang vs Ingeoppangmaangchi.com

Sama-sama berbentuk ikan, perbedaan utama dari bungeoppang dan ingeoppang ialah adonannya. Bahan utama adonan bungeoppang terbuat dari tepung. Sedangkan adonan ingeoppang memiliki campuran beras ketan, minyak, dan butter.

2. Isi 

Jadi Perdebatan di Vincenzo, Ini 5 Perbedaan Bungeoppang vs Ingeoppanggokorea.kr

Baik bungeoppang ataupun ingeoppang sama-sama memiliki isian berupa kacang merah. Perbedaannya ada pada jumlah isian kedua kudapan tersebut.

Isian bungeoppang biasanya hanya berada diperutnya saja sedangkan isian ingeoppang lebih menyeluruh dari bagian kepala hingga ekor. Varian isi dari ingeoppang juga lebih beragam, seperti kacang merah, cokelat, hingga kimchi.

Baca Juga: Resep Bungeoppang, Kue Ikan Korea yang Populer Cocok untuk Teman Ngopi

3. Bentuk dan ukuran 

Jadi Perdebatan di Vincenzo, Ini 5 Perbedaan Bungeoppang vs Ingeoppangdongascience.donga.com

Jika diperhatikan, kedua street food tersebut juga memiliki perbedaan. Bungeoppang memiliki ukuran yang lebih kecil dengan bentuk yang lebih bulat. Sedangkan, ingeoppang lebih panjang dan tipis sehingga isiannya dapat terlihat dari bagian luar.

4. Tekstur 

Jadi Perdebatan di Vincenzo, Ini 5 Perbedaan Bungeoppang vs Ingeoppangmaangchi.com

Tekstur kedua makanan kecil khas Korea Selatan tersebut juga berbeda, lho. Adonan ingeoppang yang telah dicampur dengan minyak dan butter membuatnya memiliki tekstur lebih berminyak dan garing dibandingkan bungeoppang.

5. Jumlah kalori 

Jadi Perdebatan di Vincenzo, Ini 5 Perbedaan Bungeoppang vs Ingeoppanggokorea.kr

Dalam satu bungeoppang terkandung kalori antara 100 hingga 130kcal. Sedangkan ingeoppang memiliki kalori lebih banyak yakni 140 hingga 180kcal.

Nah, itu dia beberapa perbedaan dari bungeoppang dan ingeoppang. Tertarik untuk mencoba street food populer Korea Selatan ini?

Baca Juga: Bosan Buka Puasa Pakai Bakwan? Coba 5 Resep Street Food Ala Korea Ini

Astri Supriyati Photo Verified Writer Astri Supriyati

An illegirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya