Comscore Tracker

5 Tips Memilih Jambu Biji yang Baik dan Matang Sempurna 

Si pink segar yang kaya akan manfaat

Jambu klutuk atau yang lebih sering disebut jambu biji ini merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis. Di Indonesia, buah ini biasa dijadikan jus atau dapat juga dimakan secara langsung.

Buah berwarna pink ini kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan seperti menyehatkan kulit, mencehah kanker, dan meningkatkan imunitas tubuh. Berikut adalah 5 tips memilih jambu biji yang baik untuk dikonsumsi.

1. Warna kulitnya hijau kekuningan

5 Tips Memilih Jambu Biji yang Baik dan Matang Sempurna instagram.com/rawexpansion

Jambu biji dengan warna kulit hijau segar, menandakan bahwa jambu belum matang secara sempurna. Sedangkan jambu biji yang telah matang sempurna, warnanya akan berubah menjadi hijau kekuningan. Namun, hindari jambu dengan warna yang kuning kecoklatan karena tandanya jambu tersebut terlalu matang atau busuk.

2. Hindari jambu dengan kulit yang cacat dan berlubang

5 Tips Memilih Jambu Biji yang Baik dan Matang Sempurna instagram.com/suwanneeroses

Pilihlah jambu biji dengan kondisi kulit yang masih mulus dan utuh. Sebab, jambu biji dengan kulit yang cacat dan berlubang biasanya telah dimakan oleh ulat atau serangga. Hal ini menyebabkan jambu biji tidak lagi segar.

3. Mengeluarkan aroma jambu yang khas

5 Tips Memilih Jambu Biji yang Baik dan Matang Sempurna instagram.com/beyondthepose

Sama seperti buah pada umumnya, jambu biji yang telah matang sempurna akan mengeluarkan harum aroma manis jambu yang khas. Sedangkan jambu biji yang belum matang sempurna, tidak mengeluarkan aroma apapun.

Baca Juga: 6 Kreasi Ketan dari Buah-buahan yang Segar, Coba Deh! 

4. Bertekstur lunak

5 Tips Memilih Jambu Biji yang Baik dan Matang Sempurna instagram.com/harmonygardens_az

Menekan bagian luar jambu merupakan cara yang paling sering digunakan ketika memilih jambu biji. Jambu yang bertekstur lunak, menandakan bahwa jambu biji telah matang sempurna dan rasanya dijamin manis. Sebaliknya jika tekstur jambu masih keras, berarti tandanya jambu belum matang sempurna.

5. Ukurannya 2 hingga 6 inci

5 Tips Memilih Jambu Biji yang Baik dan Matang Sempurna instagram.com/claudiademi

Ukuran Buah jambu biji berbentuk bulat seperti telur atau bola tenis. Ukuran buah jambu biji pada umumnya adalah 2 hingga 6 inci. Jadi, meskipun kulit jambu sudah berwarna kuning kehijauan, lebih baik tunggu hingga jambu memiliki ukuran yang sesuai dan siap dipetik.

Nah, itu dia 5 tips cerdas memilih jambu biji yang baik dan telah matang sempurna. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Ini Dia 6 Khasiat Jambu Biji, Bisa Menurunkan Berat Badan Juga!

Aulia Maharani Photo Community Writer Aulia Maharani

find me on ig : auliaamhrni

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You