Comscore Tracker

5 Cafe dan Restoran di Indonesia Unik Berkonsep Kereta Api

Gak cuma cocok buat nongkrong

Nongkrong di kafe kekinian, dengan konsep atau tema yang unik, tentu menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan. Pasalnya, tamu bisa menikmati menu dengan suasana yang berbeda.

Nah, salah satu tema yang sudah dibawa beberapa kafe di Indonesia adalah kereta api. Gak cuma di Jawa, kafe berkonsep transportasi bertubuh panjang itu juga bisa ditemukan di Sumatera. Penasaran? Langsung cek aja.

1. Loko Cafe

5 Cafe dan Restoran di Indonesia Unik Berkonsep Kereta Apiinstagram.com/lokocafe

Ini adalah sebuah kafe yang dikelola langsung oleh PT Reska Multi Usaha. Sebagai anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), maka konsep yang diusung Loko Cafe pun gak jauh-jauh dari transportasi darat berbasis rel tersebut.

Loko Cafe sendiri sudah tersedia di beberapa stasiun Indonesia. Sudah lebih dari 10 stasiun yang dilengkapi fasilitas ini, termasuk Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir di Jakarta serta kawasan Stasiun Tugu di Yogyakarta.

Masing-masing outlet membawa konsep yang berbeda. Di Stasiun Tugu, Loko Cafe bertemakan Medang, Madhang, Jagongan (Minum, Makan, Nongkrong) dengan sajian seperti bakmi goreng, nasi goreng, gudeg, hingga wedang ronde.

2. Chingu Cafe

5 Cafe dan Restoran di Indonesia Unik Berkonsep Kereta Apiinstagram.com/chingucafe

Kafe kekinian yang menjadi tempat hangout populer anak muda. Chingu Cafe saat ini setidaknya hadir di dua lokasi, yakni di Jalan Sawunggaling No. 10, Tamansari, Bandung, serta di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Pandega Karya No. 18, Kaliurang KM 5,6.

Memang, secara garis besar, tema yang dibawa kafe ini adalah Korean style, seperti slogannya, Korean Fan Cafe. Namun, kamu masih bisa menemukan interior berkonsep stasiun dan kereta api, menyerupai kereta cepat di Korea, bahkan mirip Gangnam Station.

Lalu, apa saja menu yang disediakan di tempat ini? Pastinya gak jauh-jauh dari Korean food. Kamu bisa mencicipi bibimbap, bokkeumbap, ttebokki, hingga pat bingsoo. So, pencinta Korea wajib datang ke kafe ini.

3. Warung Leko Grand Indonesia

5 Cafe dan Restoran di Indonesia Unik Berkonsep Kereta Apiinstagram.com/irenemarsya

Seperti namanya, kafe ini bisa kamu temukan di Grand Indonesia, tepatnya di Grand Indonesia East Mall lantai 5, Jalan MH Thamrin, 1, Jakarta. Selain di ibukota, Warung Leko ternyata juga telah hadir di kota lain, seperti Surabaya.

Di sini, kamu bisa menyaksikan interior ruangan kafe yang kental dengan aura kereta api. Di salah satu sudut ruangan, sudah terpasang dinding yang didesain menyerupai pintu stasiun serta replika gerbong kereta api.

Diklaim punya layanan yang ramah dan ruangan bersih, menu andalan Warung Leko adalah sup iga sapi penyet. Konon, iga sapi yang disajikan punya tekstur yang empuk serta rasa yang bikin lidah bergoyang.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Cafe Unik nan Instagramable di Korea

4. Pondok Sepoer

5 Cafe dan Restoran di Indonesia Unik Berkonsep Kereta Apiinstagram.com/yudailp

Sudah diketahui dari namanya, tema yang dibawa tempat makan ini memang gak jauh-jauh dari kereta api. Kamu bahkan sudah melihat miniatur kereta api di area depan dekat tempat parkir, sebelum masuk ke dalam restoran.

Pondok Sepoer sendiri beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Tambak Sari, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi. Selain bertemakan sepur, tempat ini juga punya suasana yang asri karena dikelilingi tanaman dan dibangun di atas kolam ikan.

Lalu, apa saja menu yang disediakan? Sejak awal berdiri hingga sekarang, Pondok Sepoer tetap setia dengan menu olahan ikannya, salah satunya ikan bakar. Disajikan bersamaan dengan sambal ijo atau sambal kecap, menu ini menjadi favorit tamu.

5. Railway Coffee

5 Cafe dan Restoran di Indonesia Unik Berkonsep Kereta Apiinstagram.com/railway.coffee

Kembali lagi ke Bandung, ada Railway Coffee yang juga mengusung tema kereta api. Tempat nongkrong dan bersantap ini bisa kamu temukan di Jalan Kebon Jukut No. 17, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Terletak di tengah kota, desain interior Railway Coffee berkesan industrial banget. Area indoor dan outdoor dipisahkan pintu dan tembok kaca besar. Yang unik, di salah satu kaca, sudah terpasang jadwal lewatnya kereta api di rel depan kafe.

Seperti namanya, sajian utama di kafe ini gak jauh-jauh dari kopi. Menurut penuturan pengelola, karakter minuman yang disajikan adalah creamy. Harganya yang pas di kantong bikin banyak anak muda penasaran dengan tempat yang satu ini.

Nah, itu tadi sederet kafe dan restoran di dalam negeri yang punya tema kereta api. Mungkin kamu punya referensi yang lain?

Baca Juga: 10 Makanan Unik Bertema Toy Story, Si Forky Gemesin Banget

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya