Comscore Tracker

5 Makanan Tradisional Khas Bolivia yang Patut Kamu Coba

Unik-unik banget makanannya

Bolivia merupakan salah satu negara yang letaknya persis berada di tengah Benua Amerika Selatan, tanpa adanya akses ke laut lepas, serta menjadi salah satu negara yang dilintasi oleh pegunungan Andes.

Negara ini juga memiliki perpaduan kultur dari suku asli Quechua, Aymara, serta pendatang dari Eropa khususnya Spanyol. Adanya perpaduan budaya Spanyol dan masyarakat asli tentunya juga menghadirkan makanan khas tradisional yang khas dari negeri ini. 

Pastinya buat kalian semua yang sedang merencanakan bepergian ke Bolivia, maka gak boleh dong melewatkan beberapa makanan tradisionalnya yang nikmat berikut ini. 

1. Salteña

5 Makanan Tradisional Khas Bolivia yang Patut Kamu Cobapinterest.com

Pertama terdapat Salteña yang merupakan makanan khas dari Bolivia yang termasuk empanada panggang. Isian dari pastry ini beragam, yang dapat diisi dengan daging ayam, sapi, babi serta adapun varian isi vegetarian.

Rasa isian dari Saltena ini enak dan menghadirkan rasa manis, gurih dengan paduan pedas yang pas. Selain itu meleleh ketika digigit atau dibuka. Makanan ini juga pas untuk dipadukan dengan sambal khas Bolivia, bernama Llajua. 

Makanan ini juga sangat populer di seluruh wilayah Bolivia, serta menghadirkan berbagai variasi isi yang pastinya menggugah selera. 

2. Picante de Pollo

5 Makanan Tradisional Khas Bolivia yang Patut Kamu Coba196flavors.com

Picante de Pollo juga menjadi salah satu makanan khas Bolivia yang berasal dari area barat negeri ini seperti La Paz, yang mana memiliki cita rasa pedas dibandingkan makanan Bolivia lainnya. Makanan pedas yang juga disebut Sajta ini terbuat dari bahan ayam, bawang bombay, tomat, parsley, cabe khas Bolivia, dan lainnya.

Selain itu makanan ini juga umumnya disajikan ketika perayaan kemerdekaan Bolivia pada tanggal 6 Agustus serta beberapa acara lainnya. 

 

Baca Juga: 7 Kuliner Delicioso ala Chile, Pecinta Kuliner Latin Wajib Coba!

3. Pique Macho

5 Makanan Tradisional Khas Bolivia yang Patut Kamu Cobaelcalderoviajero.com

Pique Macho menjadi sajian makanan khas dari Bolivia yang mempunyai porsi besar ditambah rasa yang pedas. Makanan ini terbuat dari bahan utama daging sapi, cabe locoto, bawang bombay, mustard, mayonnaise dan saos, serta ditambahkan topping telur rebus dan kentang goreng.

Selain itu Pique Macho berasal dari Cochabamba, yang mana memiliki kata macho, yang menunjukkan bahwa siapapun yang bisa menghabiskan makanan ini sendirian dianggap lebih macho. 

4. Silpancho

5 Makanan Tradisional Khas Bolivia yang Patut Kamu Cobamediterraneanlatinloveaffair.com/

Kemudian ada lagi makanan khas dari Cochabamba, Bolivia yang bernama Silpancho yang sudah sangat populer di Bolivia. Makanan ini memiliki kandung karbohidrat yang banyak, di mana terdiri dari nasi, potongan kentang rebus, bread crumbs, daging sapi, telur, cabe locoto, tomat dan bawang bombay.

Menariknya penyajian makanan ini ditumpuk satu per satu di mana terkadang daging dan telur berada di atas dan terkadang salsa fresca yang ada di atas.  

5. Majadito

5 Makanan Tradisional Khas Bolivia yang Patut Kamu Cobapinterest.com

Terakhir ada Majadito yang termasuk makanan khas dari Bolivia yang berasal dari area timur, seperti Santa Cruz de la Sierra. Sedangkan bahan-bahan pembuatannya berupa daging sapi, tomat, bawang bombay, bawang putih, paprika, telur, kaldu ayam, yucca dan bahan lainnya.

Sajian makanan ini sebenarnya berupa kombinasi nasi berbumbu yang dipadu dengan daging sapi kering, telur goreng dan pisang goreng pipih. Pastinya hidangan ini menghadirkan cita rasa yang berbeda dan enak tentunya, disertai penyajian yang menarik. 

Itu tadi beberapa makanan tradisional khas dari Bolivia yang perlu banget kalian coba ketika berkunjung ke sana. Mana nih yang ingin kalian coba duluan?

Baca Juga: 5 Bangunan UNESCO Heritage Site di Bolivia yang Bisa Jadi Destinasimu

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You