Comscore Tracker

10 Inspirasi Menu Sarapan khas Lombok, Sedap dan Menggugah Selera!

Sumber energi untuk memulai hari

Sarapan adalah sumber energi tubuh untuk mengawali aktivitas sehari-hari. Dengan sarapan, kebutuhan gizi akan terpenuhi dan semangat akan menyala kembali. Berbagai hidangan baik lokal maupun internasional bisa dijadikan pilihan menu sarapan yang bervariasi.

Kuliner khas Lombok dibawah ini juga bisa menjadi inspirasi menu sarapan yang sedap dan mengenyangkan. Aneka pilihan sate, nasi serta lauk khasnya akan menggugah seleramu. Apa sajakah itu? Simak hingga habis ya, siapa tahu ada yang cocok dengan seleramu!

1. Ayam Rarang

10 Inspirasi Menu Sarapan khas Lombok, Sedap dan Menggugah Selera!Ayam rarang (instagram.com/sherylclp)

Olahan ayam yang menggunakan cabe merah sebagai bumbu utamanya ini, memang terlihat sangat merona. Tapi tenang, rasanya tidak begitu pedas, kok. Ayam ini tidak dapat dinikmati tanpa makanan pendamping.

Cara menikmati hidangan ini adalah dengan nasi putih, kacang kedelai goreng dan sayur bayam bening. Tidak banyak yang tahu tentang olahan ayam ini, karena memang yang terkenal dari Lombok adalah ayam taliwang. Namun, rasa dari makanan ini tidak kalah enak lho,

2. Sate Rembiga

10 Inspirasi Menu Sarapan khas Lombok, Sedap dan Menggugah Selera!Sate rembiga (instagram.com/mestikasafrini)

Sate daging sapi ini bercita rasa pedas manis. Uniknya, sate rembiga tidak memakai bumbu atau saus cocolan pada penyajiannya. Karena rasa pedas manisnya berasal dari bumbu marinasi sebelum sate dibakar.

Rasa sate yang nikmat dengan aroma harum pembakarannya, membuat selera makan semakin tergugah. Meskipun tanpa saus atau bumbu tambahan, makanan yang ditusuk dengan bambu ini tetap nikmat berselera. Selain sebagai menu sarapan, sate dengan bahan daging sapi ini juga bisa dinikmati kapan saja.

3. Ares

10 Inspirasi Menu Sarapan khas Lombok, Sedap dan Menggugah Selera!Ares (instagram.com/sekolahkuliner)

Ares adalah masakan khas Lombok yang berbahan dasar pelepah pisang muda dan dimasak dengan rempah khusus serta santan. Mulanya sayur ini adalah makanan tradisional suku Sasak. Kini ares sudah bisa dinikmati di seluruh penjuru Lombok bersama nasi putih sebagai pendampingnya.

Dengan bahan utama pelepah pisang, sayur ini tetap memiliki cita rasa unik dan nikmat.  Sayur ini menjadi daya tarik kuliner khas Lombok karena eksklusif dan tidak bisa ditemukan di daerah manapun.

4. Nasi Balap Puyung

10 Inspirasi Menu Sarapan khas Lombok, Sedap dan Menggugah Selera!Nasi puyung (instagram.com/pawonlombok15)

Nasi, tumis kacang panjang dan ayam suwir pedas adalah komponen utama nasi balap puyung. Disertai pelengkap berupa taburan kentang goreng juga kacang kedelai goreng membuat nasi khas Lombok ini semakin nikmat. Kuliner ini sudah dikenal hingga seluruh Indonesia.

Dengan nasi sebagai karbohidratmya, membuat menu ini cocok sebagai salah satu ide sarapan. Hampir semua tempat makan di Lombok, menyediakan nasi balap puyung sebagai menu andalan. Cita rasanya yang pedas gurih, membuat orang ingin menikmatinya kembali. 

5. Plecing Kangkung

10 Inspirasi Menu Sarapan khas Lombok, Sedap dan Menggugah Selera!Plecing kangkung (instagram.com/diviecooks)

Plecing Kangkung adalah kangkung yang direbus, kemudian diberi sambal khas lombok diatasnya dan ditaburi kacang goreng. Terkadang disertai taoge rebus sebagai tambahan sayurnya. Sensasi rasanya pedas dan segar.

Makanan ini biasanya disajikan dengan ayam taliwang atau menu khas lombok lainnya. Plecing kangkung tetap nikmat dijadikan menu sarapan ataupun menu makan siang. Ada yang pernah mencoba?

Baca Juga: 5 Sarapan Populer Khas Asia, Bisa Jadi Referensi Menu Baru di Rumah

6. Sate Bulayak

10 Inspirasi Menu Sarapan khas Lombok, Sedap dan Menggugah Selera!Sate bulayak (instagram.com/lieyonathan)

Daging dan jerohan sapi adalah bahan utama sate ini. Bulayak ialah sejenis lontong yang dibungkus dengan daun enau muda. Sehingga sate bulayak dapat diartikan sebagai sate sapi yang disajikan bersama dengan karbohidrat berupa bulayak .

Sate ini berbeda dengan sate khas lombok lainnya. Jika sate rembiga tanpa bumbu tambahan, maka sate bulayak ini ada saus kacang yang menemani. Uniknya lagi, sate biasa disajikan dengan irisan bawang merah, sedangkan sate bulayak ini disertai irisan bawang putih.

7. Nasi Sukaraja

10 Inspirasi Menu Sarapan khas Lombok, Sedap dan Menggugah Selera!Nasi sukaraja (instagram.com/khairul_fahmi05)

Nasi Sukaraja bisa juga disebut nasi campur Lombok. Karena nasi ini disajikan dengan beragam lauk pauk khas Lombok. Nama Sukaraja didapat karena kedai penjual nasi ini berada di daerah Sukaraja, Lombok.

Lauk pauk yang melengkapi nasi putih pada hidangan Nasi Sukaraja adalah sambal goreng kentang yang dicampur jeroan ayam, tempe goreng, juga perkedel. Sebagai tambahan, ada telur pindang atau telur dadar, serta sate pusut. Terkadang jika stok lauk di kedai masih lengkap, bisa ditambahkan pula beberuk Lombok.

8. Ayam Taliwang

10 Inspirasi Menu Sarapan khas Lombok, Sedap dan Menggugah Selera!Ayam Taliwang (instagram.com/bisangopi)

Makanan berbahan dasar ayam kampung muda ini, sebenarnya bukanlah makanan khas Lombok. Olahan ayam bercita rasa gurih dan agak pedas berasal dari Taliwang, Sumbawa Barat. Penduduk Taliwang itulah yang mempupulerkan ayam ini di Lombok.

Bumbu dalam pembuatan ayam taliwang terdiri dari cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih juga tomat. Tak lupa tambahkan terasi goreng, kencur, gula merah dan garam agar rasa masakannya semakin seimbang dan nikmat. Jika ingin menikmati ayam taliwang dengan cita rasa yang maksimal, tambahkan plecing kangkung sebagai makanan pendampingnya.

9. Sate Tanjung

10 Inspirasi Menu Sarapan khas Lombok, Sedap dan Menggugah Selera!Sate tanjung (instagram.com/labrative.co)

Dari tampilannya, sate ini terlihat berbeda dari sate kebanyakan. Cara pembuatannya pun bukan daging dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk di batang bambu seperti pada umumnya. Namun, daging ikan dikepalkan ke tusuk sate, dibumbui, selanjutnya dibakar.

Sate ini diklaim kaya akan gizi karena bahan pembuatan sate ini adalah daging ikan. Sate ini awalnya hanya disajikan pada saat upacara keagamaan ataupun hari pernikahan. Namun, kini sate ini sudah bisa dinikmati pada hari-hari biasa.

10. Beberuk Terong

10 Inspirasi Menu Sarapan khas Lombok, Sedap dan Menggugah Selera!Beberuk terong (instagram.com/cicie_kitchen)

Beberuk terong adalah sajian masakan khas lombok yang dibuat dari terong dan kacang panjang mentah. Sambal yang menyertai kedua sayur tersebut, menyerupai sambal tomat pada umumnya. Rasanya cenderung pedas dan segar.

Menu makanan ini biasanya disajikan bersama ayam taliwang atau nasi campur. Bawang merah mentah tidak boleh dilewatkan dalam pembuatan sajian ini. Biasanya, bawang merah yang sudah dikupas dan dipotong akan ditaburkan di atas beberuk terong sebelum disajikan. 

Indonesia memang kaya akan berbagai budaya, termasuk kulinernya. Bahkan di setiap daerah, kita akan menemukan menu-menu andalan yang berbeda. Contohnya kuliner khas Lombok dengan aneka menunya yang enak dan sangat patut direkomendasikan sebagai menu sarapan. Ketika liburan di Lombok, jangan lupa dicoba, ya!

Baca Juga: 5 Ide Menu Sarapan dari Telur dan Keju, Solusi Masak anti Pusing

Candra Dewi Photo Verified Writer Candra Dewi

Reading is like breathing in, writing is like breathing out

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya