Comscore Tracker

Ini Lho 5 Alasan Restoran China Hanya Menerima Pembayaran Tunai!

Banyak yang belum tahu nomor 5

Di tengah zaman yang semakin berkembang, sudah banyak restoran yang menggunakan pembayaran nontunai. Kita bisa menggunakan kartu debit, kredit, hingga scan QR. 

Cara ini dinilai lebih praktis dan aman, apalagi di tengah kondisi pandemik. Namun, gak semua restoran memberlakukan pembayaran non-tunai. 

Seperti beberapa restoran khas China yang masih menerapkan pembayaran tunai. Kira-kira kenapa, ya? Berikut beberapa alasan restoran China hanya menerima pembayaran tunai. 

1. Lebih praktis dan cepat

Ini Lho 5 Alasan Restoran China Hanya Menerima Pembayaran Tunai!Ilustrasi makanan di restoran China (unsplash.com/vanthanh2608)

Transaksi dengan uang tunai dinilai lebih praktis dan cepat, daripada harus menggunakan kartu. Sebab, transaksi dengan kartu harus menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) hingga mencetak struk. 

2. Minim risiko penipuan

Ini Lho 5 Alasan Restoran China Hanya Menerima Pembayaran Tunai!Ilustrasi transaksi dengan kartu debit (unsplash.com/nathanareboucas)

Selain itu, pembayaran tunai dianggap minim penipuan. Jika dengan non-tunai, dikhawatirkan pelanggan bertransaksi dengan kartu curian, bisa saja pemilik kartu membatalkannya. Alhasil, pihak restoran rugi karena harus merelakan uang tersebut.

3. Minim gangguan

Ini Lho 5 Alasan Restoran China Hanya Menerima Pembayaran Tunai!Ilustrasi transaksi dengan kode QR (unsplash.com/markuswinkler)

Pembayaran tunai juga minim gangguan daripada dengan kartu atau scan QR. Misalnya jaringan tiba-tiba bermasalah atau kuota internet pelanggan habis. 

Baca Juga: 10 Makanan Khas Indonesia yang Dipengaruhi Budaya Tiongkok, Enak Semua

4. Bisa langsung dialokasikan

Ini Lho 5 Alasan Restoran China Hanya Menerima Pembayaran Tunai!Ilustrasi uang fisik (unsplash.com/ahsanjaya)

Para pemilik restoran merasa uang itu nyata jika dalam bentuk fisik. Saat uang langsung berada di tangan, mereka pun bisa langsung mengalokasikan untuk kebutuhan lainnya. 

5. Melindungi pendapatan dari pajak

Ini Lho 5 Alasan Restoran China Hanya Menerima Pembayaran Tunai!Ilustarsi makan di restoran China (unsplash.com/wansan_99)

Jika hanya memiliki uang tunai, hal ini mudah bagi mereka untuk 'memanipulasi' jumlah pendapatan. Mereka bisa melaporkan jumlah tertentu saja, biar lebih sedikit kena pajak.

Itulah beberapa alasan restoran China hanya menerima pembayaran tunai. Ternyata alasannya sangat masuk akal, ya? Kalau menurut kamu gimana? 

Baca Juga: 13 Makanan Khas China Paling Populer di Indonesia, Sudah Cobain Semua?

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya