Comscore Tracker

5 Buah dan Sayuran yang Bisa Dimakan dengan Kulitnya, Enak Lho!

Enggak ada salahnya coba makan kulit buah demi kesehatan

Kalau biasanya kita mengonsumsi buah atau sayuran hanya dagingnya saja, bagaimana dengan kulit buahnya? Sebagian besar orang akan langsung mengupa dan membuangnya.

Padahal ada beberapa buah yang bisa dimakan bersama kulitnya. Bahkan, beberapa di antaranya mengandung gizi yang tinggi. Berikut daftarnya, seperti dilansir dari Food Network.

1. Kulit jeruk

5 Buah dan Sayuran yang Bisa Dimakan dengan Kulitnya, Enak Lho!spiceography.com

Kulit jeruk gak cuma memiliki aroma yang harum, tapi juga mengandung minyak esensial yang baik. Nah, minyak tersebut yang membuat aromanya harum dan bisa membangkitkan mood.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi kulit jeruk dengan menambahkannya pada minuman, koktail, saus, bumbu dapur, oatmeal, dan yoghurt. Jadi makin segar!

2. Kulit pisang

5 Buah dan Sayuran yang Bisa Dimakan dengan Kulitnya, Enak Lho!thehooksite.com

Warna kultinya yang kuning cerah ini sebenarnya bisa dimakan atau dimasak. Sebab, kulit pisang mengandung banyak serat dan kalium.

Walaupun kulitnya cenderung pahit dan sedikit keras, kamu bisa mengolahnya menjadi smoothie sebagai cara enak untuk mengonsumsi kulit pisang. 

3. Kulit mangga

5 Buah dan Sayuran yang Bisa Dimakan dengan Kulitnya, Enak Lho!healthbenefitstimes.com

Gak hanya daging buahnya yang bergizi, kulit mangga juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan serat. Warnanya bervariasi sesuai jenis antioksidannya.

Mengiris mangga dengan kulitnya bisa membantu menjaga dagingnya tetap lembut dan utuh. Kamu juga bisa menggunakannya untuk hiasan pada minuman. 

Baca Juga: 10 Buah Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang dari Indonesia Lho!

4. Kulit kiwi

5 Buah dan Sayuran yang Bisa Dimakan dengan Kulitnya, Enak Lho!finedininglovers.com

Faktanya, kulit kiwi yang berwarna hijau ini bisa dimakan, lho! Karena kulit kiwi mengandung tiga kali lipat jumlah serat dibanding daging. 

5. Kulit kentang

5 Buah dan Sayuran yang Bisa Dimakan dengan Kulitnya, Enak Lho!heyrecipe.co

Kalau lagi pengin makan kentang, coba deh makan bersama kulitnya. Ternyata kulit kentang mengandung 50 persen serat dan beberapa kalium. 

Itulah beberapa jenis buah dan sayur yang bisa dimakan kulitnya. Tapi ingat, hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengonsumsinya adalah cuci hingga bersih ya. Karena umumnya, bagian kulit produk-produk tersebut cenderung kotor. 

Baca Juga: 10 Kombinasi Buah yang Bikin Salad Buah Jadi Makin Nikmat dan Segar

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya