Comscore Tracker

7 Fakta Unik Makanan Indonesia yang Belum Pernah Kamu Tahu 

Kamu paling relate dengan nomor berapa?

Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan sejarah dan tradisi, termasuk soal makanan. Bahkan tradisi, cerita, dan budaya dituangkan ke dalam setiap resep makanan.

Dari asal-usul hingga praktiknya, makanan Indonesia memiliki ciri khas atau daya tarik tersendiri. Dilansir dari The Culture Trip, berikut tujuh fakta unik makanan Indonesia yang gak pernah kamu tahu!

1. Makanan Indonesia sangat beragam

7 Fakta Unik Makanan Indonesia yang Belum Pernah Kamu Tahu Ilustrasi sate (unsplash.com/nitanggraeni)

Di Indonesia, satu hidangan bisa memiliki puluhan versi di berbagai daerah. Salah satunya seperti sate yang memiliki beberapa jenis, seperti sate madura, sate lilit bali, dan sate padang.

2. Gak makan kalau tanpa nasi

7 Fakta Unik Makanan Indonesia yang Belum Pernah Kamu Tahu Ilustrasi masakan Indonesia (unsplash.com/brianfath)

Kebanyakan orang Indonesia menganggap roti, sereal, atau pizza hanya sebagai camilan, karena gak dikonsumsi dengan nasi. Bahkan, mengolah nasi sebagai dessert, salah satunya puding nasi.

3. Makanan Indonesia dipengaruhi makanan China

7 Fakta Unik Makanan Indonesia yang Belum Pernah Kamu Tahu Ilustrasi bakmi (unsplash.com/wherda)

Beberapa makanan Indonesia dipengaruhi kuliner China. Bahkan, nasi goreng diadopsi dari tradisi China yang menggoreng sisa nasi. Selain itu, jajanan seperti siomay, bakmi, dan bakso pun mendapatkan pengaruh dari China.

4. Indonesia didominasi makanan halal

7 Fakta Unik Makanan Indonesia yang Belum Pernah Kamu Tahu Ilustrasi makanan halal di Indonesia (unsplash.com/fikri_nyzar)

Indonesia menjadi rumah bagi populasi Muslim terbesar di dunia. Sejak kedatangan Islam di Nusantara, banyak resep tradisional yang dimodifikasi untuk memenuhi prinsip kehalalan, seperti mengganti daging babi dengan daging lainnya.

Baca Juga: [QUIZ] Seberapa Kenal Kamu dengan Makanan Khas Indonesia?

5. Terasa lebih enak dengan sambal dan kerupuk

7 Fakta Unik Makanan Indonesia yang Belum Pernah Kamu Tahu Ilustrasi sambal (unsplash.com/fahr_saugi)

Masyarakat Indonesia gak bisa lepas dari sambal. Begitu pula dengan kerupuk. Sambal dan kerupuk menjadi pelengkap makanan favorit orang Indonesia.

Bahkan, kamu bisa menemukan keduanya di meja restoran. Uniknya, makanan sederhana bisa terasa lebih spesial kalau ada sambal dan kerupuk.

6. Orang Indonesia mencintai rempah-rempah

7 Fakta Unik Makanan Indonesia yang Belum Pernah Kamu Tahu Ilustrasi makanan Indonesia (unsplash.com/uyk)

Indonesia disebut rumah bagi kepulauan Maluku, yang terkenal sebagai Kepulauan Rempah-rempah. Bahkan Indonesia menjadi salah satu produsen rempah-rempah top dunia. 

7. Orang Indonesia senang makan bersama

7 Fakta Unik Makanan Indonesia yang Belum Pernah Kamu Tahu Ilustrasi nasi liwet (instagram.com/tan.feila)

Banyak makanan Indonesia yang awalnya dibuat sebagai hidangan untuk disantap bersama. Misalnya seperti orang Sunda dengan tradisi ngaliwet.

Nasi liwet dengan lauk pauk diletakkan di atas daun pisang besar. Kebersamaan ini merupakan bagian penting dari pengalaman bersantap lokal.

Itulah beberapa fakta unik makanan Indonesia yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya. Menurut kamu, mana yang paling unik? Hampir semuanya relate dengan kita, kan? 

Baca Juga: 10 Makanan Khas Indonesia Berbahan Dasar Sayuran, Sehat dan Nikmat!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya