Comscore Tracker

Mengenal Sistem Peternakan Ayam McDonald’s Indonesia, Intip Yuk!

Menjaga keamanan hingga kualitas makanan

McDonald's Indonesia menyadari bahwa masyarakat kini cenderung memperhatikan mutu makanan yang dikonsumsi. Alhasil, salah satu restoran cepat saji ini berinisiatif untuk mengajak masyarakat mengetahui lebih lanjut proses menjaga kualitas bahan makanan.

McDonald’s Indonesia mengajak masyarakat melihat lebih dekat sistem peternakan ayam untuk menunjukan komitmen dalam memberikan kualitas makanan terbaik. Selain itu, ingin memperkenalkan variasi menu ayam terbarunya. 

IDN Times berkesempatan melihat peternakan pemasok ayam McDonald’s Indonesia, pada acara virtual tour. Acara bertema Mengenal Sistem Peternakan Ayam McDonald’s Indonesia ini digelar kemarin, Rabu, 18 Mei 2022.

Kami diajak melihat lokasi, kondisi kandangan ayam, hingga proses pengiriman ke tempat pemotongan. Lantas, seperti apa sih sistem peternakan ayam McDonald’s Indonesia? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Peternakan pemasok ayam McDonald’s Indonesia

Mengenal Sistem Peternakan Ayam McDonald’s Indonesia, Intip Yuk!Peternakan pemasok ayam McDonald’s Indonesia, Cianjur, Jawa Barat (Dok. IDN Times)

Dalam satu bulan, McDonald's Indonesia membutuhkan sekitar 900 ekor ayam. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, mereka memasok dari peternakan ayam yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat. Peternakan McDonald's Indonesia dikelola PT QL Trimitra.

Memiliki luas peternakan sebesar 14 hektare, ada 20 kandang ayam di dalamnya. Satu kandang ayam bisa menampung hingga 35.000 ekor ayam. 

QA Manager McDonald’s Indonesia, Imam Gazali, mengatakan, “Sebagai salah satu menu yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, tentunya menjadi komitmen kami untuk dapat menjaga kualitas ayam yang disajikan."

Semua prosedur dan sistem yang diterapkan dalam kandang ayam sesuai kebijakan dan prosedur yang ditetapkan pemerintah Indonesia. Hal ini menjadi penting, karena kenyamanan ayam berperan penting untuk memastikan daging ayam yang disajikan berkualitas terbaik.

2. Prinsip kesehatan dan kesejahteraan hewan

Mengenal Sistem Peternakan Ayam McDonald’s Indonesia, Intip Yuk!Prinsip kesehatan dan kesejahteraan hewan di peternakan ayam McDonald's Indonesia (Dok. IDN Times)

Untuk menghasilkan kualitas daging ayam terbaik, McDonald’s Indonesia menerapkan prinsip kesehatan dan kesejahteraan hewan. Meliputi proses pengecekan kesehatan secara berkala, serta memberikan kenyamanan maksimal.

Mulai dari penggunaan sistem ventilasi khusus untuk menjaga suhu ruangan, supaya tetap sejuk, memberikan ruang gerak yang cukup, melakukan kontrol kualitas dan kuantitas pakan ternak, hingga menciptakan lingkungan, dan tempat berjalan yang menyerupai habitat alami ayam. 

3. Menerapkan prosedur biosecurity

Mengenal Sistem Peternakan Ayam McDonald’s Indonesia, Intip Yuk!Ayam di peternakan PT. QL Trimitra, Cianjur, Jawa Barat (Dok. IDN Times)

Selain itu, untuk menjaga keamanan, McDonald’s Indonesia juga menerapkan prosedur keamanan hayati atau biosecurity. Prosedur ini meliputi sanitasi yang menjaga kebersihan semua elemen, baik dari para pekerja hingga ekosistem kandang.

Proses isolasi pun dilakukan saat hewan sakit atau untuk mencegah kontak di antara hewan pada suatu area. Tindakan yang paling penting dalam pengendalian penyakit ini meminimalkan pergerakan hewan dan kontak dengan hewan yang baru datang. 

Baca Juga: 10 Gerai Fast Food Paling Favorit di Dunia, yang Mana Kesukaanmu?

4. Proses pengiriman ayam ke tempat pemotongan

Mengenal Sistem Peternakan Ayam McDonald’s Indonesia, Intip Yuk!Ilustrasi proses pengiriman ayam ke tempat pemotongan (Dok. IDN Times)

Proses pengiriman ini menerapkan tiga prinsip. Di antaranya menggunakan keranjang khusus agar ayam bisa bergerak bebas saat di perjalanan, dilakukan pada malam hari untuk mencegah ayam stres, dan jarak pemotongan tak jauh dari kandang. 

Pada saat ayam datang dari peternakan, pengecekan dilakukan tim quality control dan diawasi dokter hewan. Daging ayam diproses sesuai prosedur halal, mulai dari pemotongan, pemrosesan, hingga pengemasan. 

Selain itu, daging ayam yang diproduksi akan dikirim pada hari yang sama ke semua restoran McDonald’s Indonesia. 

5. Hadirkan menu dengan cita rasa baru

Mengenal Sistem Peternakan Ayam McDonald’s Indonesia, Intip Yuk!Menu baru McDonald's Indonesia, smoky bbq wings (Dok. IDN Times)

Selain menyoroti kualitas ayam yang digunakan, McDonald’s Indonesia juga mengenalkan  satu menu baru, yakni smoky bbq wings.

Terinspirasi dari menu dengan cita rasa smoke atau asap yang saat ini tengah populer di kalangan pencinta kuliner. Smoky bbq wings menjadi menu ayam spesial khas McDonald’s berbalut tepung dengan cita rasa smokey dan barbecue yang krispi.

Menu ini hanya bisa dibeli dalam paket PaNas HeBat smoky bbq wings. Terdiri dari dua potong sayap ayam, scrambled egg, nasi, dan minuman fruit tea lemon. Menu ini hadir sejak 16 Mei-21 Agustus 2022 dengan harga Rp26.818 sebelum pajak.

Kamu dapat memesan secara langsung di McDonald’s cabang terdekat melalui drive thru, McDelivery, maupun aplikasi ojek online.

Itulah informasi mengenai sistem peternakan McDonald’s Indonesia. Semoga informasi ini bisa menghilangkan keraguan kamu tentang kualitas makanan dari McDonald’s Indonesia, ya. 

Baca Juga: 10 Tips Masak Kentang Goreng yang Renyah dan Gurih ala Resto Fast Food

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya